Senin, 27 September 2021
Senin, 27 September 2021

2.217 Mahasiswa Ikuti BAMBA Mandiri Unigal Ciamis, 7 Orang dari Filipina

Berita Ciamis, galuh.id – Sebanyak 2.217 mahasiswa baru mengikuti Kegiatan Bimbingan Akademik Mahasiswa Baru (BAMBA) Mandiri Universistas Galuh (Unigal), Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Uniknya dari ribuan mahasiswa baru terdapat tujuh orang mahasiswa pertukaran pelajar dari Filipina.

BAMBA Mandiri merupakan acara pengenalan kampus Unigal secara daring selama dua hari. Mulai 2 September sampai 3 September.

Pada hari pertama BAMBA Mandiri digelar di tingkat universitas, baru pada hari kedua BAMBA Mandiri digelar di tingkat fakultas/prodi.

Ketua Panitia BAMBA Mandiri, Agus Nurulsyam Suparman, S.IP.,M.Si., mengatakan, jumlah mahasiswa baru Unigal Ciamis yang mengikuti kegiatan BAMBA Mandiri Tahun Akademik 2021/2022 sebanyak 2.217 orang. Sementara jumlah pendaftar sebanyak 2.503 orang.

“Dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Galuh menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, adaptif dan selaras dengan kebutuhan zaman, serta siap menjadi pemimpin di masa depan yang unggul dan berkepribadian,” katanya, Kamis (2/9/2021).

Sementara Rektor Unigal, Dr. H. Yat Rospia Brata, Drs., M.Si, menyampaikan, kepercayaan masyarakat terhadap Universitas Galuh terus meningkat.

“Alhamdulillah kepercayaan terhadap Universitas Galuh ini dari tahun ke tahun terus meningkat. Tentunya kepercayaan ini merupakan hal yang perlu kita pelihara bersama oleh civitas akademika untuk meningkatkan pelayanan yang lebih prima terhadap mahasiswa,” katanya.

Yat menuturkan, merujuk pada PKKMB, BAMBA Mandiri Unigal Ciamis Tahun 2021 kembali dilaksanakan secara daring. 

Menurutnya, mahasiswa baru Universitas Galuh Tahun 2021 melaksanakan BAMBA secara mandiri dengan menggunakan fasilitas teknologi informasi yang tersedia di Universitas Galuh.

Lebih lanjut, Yat mengungkapkan, perjalanan akademik atau proses pembelajaran bagi mahasiswa baru ini dipandu dan disupervisi langsung oleh para dosen dan tenaga kependidikan.

Menurut Yat, tujuan dari perjalanan akademik tersebut tentunya bukan sebatas untuk mendapatkan gelar akademik. 

“Yang tidak kalah pentingnya adalah tercapainya kompetensi akademik, yang mencakup aspek pengetahuan kognitif, keterampilan, sikap dan kepribadian,” katanya.

Baca Juga: Pesan Rektor Unigal untuk Bupati dan Wakil Bupati Ciamis

Proses pembelajaran tersebut akan mahasiswa baru tempuh melalui kurikulum akademik dan sistem pembelajaran di program studi. 

Selain proses formal tersebut, kata Yat, untuk mengoptimalkan capaian pembelajaran, penting juga bagi mahasiswa baru untuk menjalin interaksi. 

Baik dengan sesama mahasiswa, dengan para dosen, dan pihak-pihak lain di luar kampus yang relevan dengan karir.   

“Interaksi-interaksi tersebut akan memperluas dan memperkaya proses pembelajaran bagi mahasiswa baru,” katanya. 

Pada kesempatan itu, Yat juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada tujuh orang mahasiswa asing asal Filipina. Menurutnya, ketujuh mahasiswa tersebut sedang mengikuti program pertukaran mahasiswa. 

Yat juga mengaku bangga, karena enam orang mahasiswa Unigal berhasil mengikuti program serupa dan akan menempuh pendidikan di beberapa perguruan tinggi di luar negeri.

“Keenam mahasiswa Unigal ini mendapatkan beasiswa dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Tepatnya dalam program International Credit Transfer 2021, di Unniversiti Tunn Hussein Onn Malaysia (UTHM) dan STI West Negros University (STI College),” katanya.

Mahasiswa Terpilih

Selanjutnya, Ketua Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis, dr. H. Pupung Oprianti, M.Kes. Pupung mengucapkan selamat bergabung kepada mahasiswa baru.

“Saudara-saudara harus bersyukur dan bangga bisa menjadi mahasiswa Universitas Galuh.  Karena tidak semua yang melamar atau mendaftar ke Universitas Galuh bisa duduk di kampus Ungu ini,” katanya.

Pada kesempatan ini, Pupung juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada orang tua mahasiswa yang telah memilih Universitas Galuh sebagai tempat melanjutkan pendidikan anak-anaknya.

“Kami berharap saudara-saudara (mahasiswa baru) dapat segera menyesuaikan diri dan mampu berkarya secara baik dengan modal suasana akademik yang ada di kampus ini,” pungkasnya. (GaluhID)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
276PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan