Senin, 19 April 2021
Senin, 19 April 2021
BJB

2 Titik Exit Tol di Ciamis Peluang Bagi Investor Olah Potensi

Berita Ciamis, galuh.id – Kepala Bapedda Ciamis, Aep Saepulloh mengatakan exit tol (pintu tol) di wilayah Kabupaten Ciamis lokasinya di Linggasari dan Pamarican.

Exit tol Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis merupakan akses ke Ciamis kota. Sementara pintu tol Pamarican menjadi akses ke Kota Banjar.

“Exit tol di Ciamis itu ada 2. Yaitu di Linggasari dan di Pamarican,” ujar Aep, Kamis (25/3/2021).

Pembebasan lahan sebagai tindak lanjut pembangunan proyek nasional ini dilaksanakan pada tahun 2022 dan baru sampai ke Kota Tasik (Cigatas).

Menurut Aep, Kementerian PUPR berdasarkan dari hasil feasibility study (FS) sudah menentukan untuk titik-titik exit tol tersebut.

Terkait exit tol di Ciamis nantinya akan ada verifikasi lagi ke lapangan. Namun yang pasti kata Aep, harus ada persetujuan kembali dari pemkab Ciamis.

Untuk pembuatan akses jalan tol Cileunyi sampai Tasik rencananya tahun 2022. Tahun ini rencana pembebasan lahan sampai Tasik.

“Tapi karena memang sekarang ada refocusing. Tidak tahu anggaran pemerintah pusat seperti apa. Kita sampai saat ini belum menerima informasi lagi,” jelas Aep.

Pemkab Ciamis pun menyiapkan berbagai potensi yang ada supaya menjadi daya tarik, termasuk untuk infrastruktur jalan.

Optimalkan Infrastruktur 2 Titik Exit Tol di Ciamis

Aep menjelaskan, infrastruktur jalan salah satu pendukung terhadap pengembangan wilayah. Terutama kaitan dengan peningkatkan ekonomi masyarakat.

Dengan tersedianya infrastruktur, aksesibilitas untuk kegiatan perekonomian masyarakat pun bisa lancar.

Di sisi lain potensi-potensi di Ciamis juga sangat luar biasa. Menurutnya tanggung jawab Pemda untuk lebih memanfaatkan infrastruktur tersebut.

Salah satunya bagaimana agar mampu mengoptimalkan utamanya di sektor pertanian, pariwisata serta UMKM sehingga nantinya akan menjadi daya tarik.

“Ketika sudah membangun jalan tol Cileunyi sampai Cigatas, kalau Ciamis tidak punya magnet yang bisa membuat orang tertarik ya pasti dilewati,” jelasnya.

Pembangunan akses jalan tol oleh pemerintah pusat ini menurutnya merupakan sebuah peluang.

Akan memudahkan investor untuk menanamkan sahamnya di Ciamis dengan mengolah potensi-potensi yang ada di Ciamis.

Ciamis mempunyai potensi yang luar biasa seperti kopi, ternak unggas, ikan, dan komoditi lainnya.

“Kalau kita tidak mampu mengolah sampai kapan pun Ciamis tidak akan berubah,” ucapnya.

Sebenarnya Ciamis memiiki potensi, kreativitas dan inovasi. Tinggal bagaimana imbuh Aep, semua bersama-sama berani mengembangkan itu. (GaluhID/Evi)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,721FansSuka
242PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya