Kamis, 28 Januari 2021
Kamis, 28 Januari 2021
 
 

224 Ha Sawah di Banjarsari Ciamis Terancam Puso

Banjarsari, galuh.id – Musim kemarau panjang saat ini membuat sejumlah area Pesawahan di Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis mengalami kekeringan. Akibatnya ratusan hektar sawah terancam puso atau gagal panen.”Dari luas 2130 hektar area pesawahan yang ada di Kecamatan Banjarsari yang terdampak kekeringan hingga puso seluas 224 Ha, sementara 355 hektar lainnya diambang kekeringan kemungkinan juga ‘dipusokan’,” ucap Dedi Mulyana, Rabu (17/07/2019).

Untuk mengatasi masalah tersebut, pihaknya membentuk posko di Dusun Pangarengan, Desa Sindangasih, untuk menanggulangi kekeringan sesuai intruksi Bupati Ciamis melalui Dinas Pertanian.

“Sebelumnya kami pada hari Selasa (16/07/2019) lalu telah mengadakan koordinasi untuk penanggulangan kekeringan di Balai Penyuluhan  Pertanian,” kata dia.

Koordinasi di Balai Penyuluhan, jalan Pasir Jengkol Dusun Cibeureum, Desa Cibadak itu dilakukan dengan melibatkan Koramil, Polsek , UPTD PUPR, para kepala Desa, penyuluh pertanian dan KTNA.

“Kerugian akibat kekeringan, apabila diuangkan mencapai milyaran rupiah,” katanya.
Dedi berharap petani mengubah pola tanam. “Petani dapat menanam palawija, sayuran atau tanaman lainnya ketika sawahnya tidak bisa ditanami padi,” katanya.

Pantauan di lapangan, area pesawahan di desa Cibadak hanya mengandalkan tadah hujan untuk sumber air, hal ini karena bendungan yang ada di blok Kedungori mengalami kerusakan. Sampai saat ini bendungan tersebut belum juga diperbaiki. (galuh.id/Uus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Warga Lakbok Ciamis Ditemukan Meninggal di Sungai Apur

Berita Ciamis, galuh.id - Ali Musyafa (26) warga Dusun Padaemut RT 13 RW 08 Desa Kertajaya, Lakbok Kabupaten Ciamis ditemukan meninggal dunia di sungai...

Longsor di Imbanagara Ciamis, Atap Rumah Warga Hancur

Berita Ciamis, galuh.id - Longsor di Imbanagara Ciamis, Rumah milik Maman (34) warga Dusun Majalaya RT 02 RW 06 Desa Imbanagara Raya, Kecamatan/Kabupaten Ciamis,...

DPRD Ciamis Bentuk Pansus Program Sembako, Ini Alasannya

Berita Ciamis, galuh.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis membentuk panitia khusus (Pansus) Program Sembako sejak Jumat (22/1/2021). Lalu, apa tujuan pembentukan Pansus...

Temukan Kami

48,102FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya