Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Ada Bonsai Berbuah di Festival Bonsai Ciamis

Ciamis, galuh.id – Festival Bonsai Ciamis di Taman Lokasana Kabupaten Ciamis digelar mulai tanggal 18 sampai dengan tanggal 24 Desember 2018. Festival bonsai yang pertama kali digelar di Kabupaten Ciamis ini diikuti oleh 500 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Dengan mengusung nama Pesona Galuh Bonsai Festival 2018, pameran bonsai ini dibuka langsung oleh Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin di Taman Lokasana Kabupaten Ciamis pada Jum’at (21/12/2018).

Salah satu bonsai yang menarik minat pengunjung adalah pohon bonsai yang berbuah, Bupati Ciamis Iing Syam Arifin pun tampak lebih menyukai bonsai yang berbuah dan terlihat asyik melihat bonsai tersebut. Pohon bonsai yang berbuah ini berasal dari pohon Mustam dan Delima Batu yang ditenggarai asli pohon lokal dari Indonesia.

Masyarakat Ciamis terlihat cukup antusias dengan pameran bonsai ini, contohnya Ayu, salah seorang pengunjung yang mengaku baru pertama kali mengunjungi pameran bonsai.

“Belum pernah melihat pameran bonsai di Ciamis, jadi ketika tahu ada pameran bonsai langsung datang dan melihat, ternyata memang bagus dan unik pohon bonsainya,” kata Ayu.

Hary Kucrit salah seorang juri dari Boyolali Jawa Tengah menyampaikan ketertarikannya pada bonsai yang berbuah, “saya beberapa kali menjadi juri, pengunjung lebih tertarik pohon bonsai yang berbuah dibanding bonsai yang hanya keindahan ranting dan yang lainnya,” jelasnya.

Hary memaparkan dalam penilaian pohon bonsai ada beberapa kriteria diantaranya yang diperhatikan yaitu, tata letak pot, penampilan, keserasian, kematangan batang dan karakter pohon bonsai tersebut.

Warga Ciamis menurut Hary sangat antusias melihat ada Festival Bonsai Ciamis ini terbukti banyaknya pengunjung yang hadir di pameran bonsai ini.

Asep, selaku panitia menuturkan tujuan dari Pesona Galuh Bonsai Festival untuk memperkenalkan pohon bonsai ke masyarakat Tatar Galuh Ciamis, “mudah mudahan-mudahan ke depan warga Ciamis makin banyak yang suka terhadap bonsai dan memiliki bonsai sendiri,” ujarnya.

“Tidak menutup kemungkinan apabila bonsai sudah ramai di Ciamis otomatis menciptakan lapangan pekerjaan yang baru,” kata Asep.

Menurut Asep pada Festival Bonsai Ciamis terdapat sekitar 20 jenis bonsai dengan harga yang cukup mahal terutama bonsai berbuah yang dibandrol sekitar Rp. 20 juta sampai dengan Rp. 25 juta.

(Arul)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,360FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.