Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020
 
 

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id – Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Dengan imun yang kuat, maka tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Di masa pandemi saat ini, daya tahan tubuh penting untuk dijaga.

Meski begitu, warga juga diimbau untuk memperhatikan protokol kesehatan saat berolahraga.

Adaptasi Kebiasaan Baru Rajin Berolahraga

Kabid Olahraga Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis Ayi Daud Akhiri, menjelaskan protokol kesehatan saat berolahraga di era Adaptasi Kebiasaan Baru, baik di ruang publik maupun individu.

Untuk kegiatan olahraga yang dilakukan individu, seperti jalan, lari, atau bersepeda, tetap wajib menerapkan protokol kesehatan. Harus menjaga jarak dan pakai masker.

”Dalam pelaksanaannya, masker boleh dibuka. Tapi sesampainya di tempat tujuan, masker harus dipakai,” ujar Ayi Daud, Sabtu (11/7/2020).

Sementara kegiatan olahraga kebugaran di ruang publik, seperti di sanggar senam dan tempat fitness, tak hanya pengunjung yang wajib menerapkan protokol kesehatan. Tetapi juga pihak pengelola.

”Kalau olahraga individu, menjadi kewajiban pribadi. Tapi kalau olahraga di ruang publik, kewajibannya ada dua. Yakni pengelola dan pengunjung,” jelasnya.

Pengelola Sarana Kebugaran Wajib Perhatikan Protokol Kesehatan

Pengelola sarana kebugaran punya kewajiban untuk memperhatikan protokol kesehatan. Diantaranya menyiapkan fasilitas cuci tangan dan menyemprot desinfektan di tempat olahraga.

Penyemprotan desinfektan minimal harus dilakukan satu kali sehari. Bisa dilakukan setiap pagi atau setelah sanggar kebugaran tutup. Jumlah pengunjung pun dibatasi. Maksimal setengahnya dari kapasitas.

Ayi Daud menyarankan, untuk kegiatan olahraga yang berkerumun di fasilitas umum lebih baik menggunakan perlengkapan pribadi. Misalnya senam yang membutuhkan alat peraga.

”Matras lebih baik bawa dari rumah. Kalau bawa alat peraga lebih baik memakai punya sendiri. Jangan sampai meminjam peralatan orang lain,” kata dia.

Di era Adaptasi Kebiasaan Baru ini, warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin berolahraga secara rutin setiap hari minimal 30 menit.

”Untuk mencegah dari tertularnya Covid-19 adalah tubuh yang sehat dan imun yang kuat. Salah satu cara menuju tubuh yang sehat adalah dengan berolahraga,” terang Ayi Daud.

Tak hanya warga, PNS atau Pegawai Negeri Sipil di lingkungan pemerintah daerah kabupaten Ciamis pun meluangkan waktunya setiap hari Jumat untuk berolahraga. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

FKR-4 Priangan Timur Gelar The Big Reunion di Tasikmalaya

Berita Tasikmalaya, galuh.id - FKR-4 Priangan Timur gelar acara silaturahmi akbar bertitel The Big Reunion bertempat di Saung Sambal Hejo Tasikmalaya, Sabtu...

Izin Legalitas Produk UMKM di Ciamis Harus Cepat, Mudah, dan Murah

Berita Ciamis, galuh.id – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meminta agar pengurusan atau izin legalitas produk UMKM bisa dikeluarkan bagi pelaku...

Temukan Kami

49,111FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Epic Games Gugat Google dan Apple, Game Fortnite Menghilang

Epic Games gugat Google dan juga Apple karena salah satu game besutan mereka di-remove. Anda bisa cek di Apps atau Play Store,...

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

Tempat Nongkrong di Tasikmalaya Untuk yang Mulai Bosan di Rumah Aja

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Tempat nongkrong di Tasikmalaya berada di lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh transportasi umum. Tempat nongkrong menjadi tujuan...

Hasil Liga Champions: PSG dan RB Leipzig ke Semifinal

Hasil Liga Champions pertandingan 8 besar pada Kamis (13/8/2020) antara Atalanta vs Paris Saint-Germain (PSG). Laga yang digelar di...

HP Xiaomi Redmi Note 7, Smartphone 2 Jutaan Spek Gahar

HP Xiaomi Redmi Note 7 masih menjadi salah satu smartphone terbaik di tahun 2020 ini terutama di masa New Normal. Ekonomi yang...