Jumat, 7 Mei 2021
Jumat, 7 Mei 2021
BJB

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

 
 

Berita Ciamis, galuh.id – Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Dengan imun yang kuat, maka tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Di masa pandemi saat ini, daya tahan tubuh penting untuk dijaga.

Meski begitu, warga juga diimbau untuk memperhatikan protokol kesehatan saat berolahraga.

Adaptasi Kebiasaan Baru Rajin Berolahraga

Kabid Olahraga Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis Ayi Daud Akhiri, menjelaskan protokol kesehatan saat berolahraga di era Adaptasi Kebiasaan Baru, baik di ruang publik maupun individu.

Untuk kegiatan olahraga yang dilakukan individu, seperti jalan, lari, atau bersepeda, tetap wajib menerapkan protokol kesehatan. Harus menjaga jarak dan pakai masker.

”Dalam pelaksanaannya, masker boleh dibuka. Tapi sesampainya di tempat tujuan, masker harus dipakai,” ujar Ayi Daud, Sabtu (11/7/2020).

Sementara kegiatan olahraga kebugaran di ruang publik, seperti di sanggar senam dan tempat fitness, tak hanya pengunjung yang wajib menerapkan protokol kesehatan. Tetapi juga pihak pengelola.

”Kalau olahraga individu, menjadi kewajiban pribadi. Tapi kalau olahraga di ruang publik, kewajibannya ada dua. Yakni pengelola dan pengunjung,” jelasnya.

Pengelola Sarana Kebugaran Wajib Perhatikan Protokol Kesehatan

Pengelola sarana kebugaran punya kewajiban untuk memperhatikan protokol kesehatan. Diantaranya menyiapkan fasilitas cuci tangan dan menyemprot desinfektan di tempat olahraga.

Penyemprotan desinfektan minimal harus dilakukan satu kali sehari. Bisa dilakukan setiap pagi atau setelah sanggar kebugaran tutup. Jumlah pengunjung pun dibatasi. Maksimal setengahnya dari kapasitas.

Ayi Daud menyarankan, untuk kegiatan olahraga yang berkerumun di fasilitas umum lebih baik menggunakan perlengkapan pribadi. Misalnya senam yang membutuhkan alat peraga.

”Matras lebih baik bawa dari rumah. Kalau bawa alat peraga lebih baik memakai punya sendiri. Jangan sampai meminjam peralatan orang lain,” kata dia.

Di era Adaptasi Kebiasaan Baru ini, warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin berolahraga secara rutin setiap hari minimal 30 menit.

”Untuk mencegah dari tertularnya Covid-19 adalah tubuh yang sehat dan imun yang kuat. Salah satu cara menuju tubuh yang sehat adalah dengan berolahraga,” terang Ayi Daud.

Tak hanya warga, PNS atau Pegawai Negeri Sipil di lingkungan pemerintah daerah kabupaten Ciamis pun meluangkan waktunya setiap hari Jumat untuk berolahraga. (GaluhID/Evi)

 
 
Loading...

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,649FansSuka
244PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya