Selasa, 2 Maret 2021
Selasa, 2 Maret 2021
 
 

Air Batu Sangkala Bolong Situs Ciluncat Ciamis Sembuhkan Penyakit

Berita Ciamis, galuh.id – Mata air Batu Sangkala Bolong yang berada di pesawahan lingkungan Situs Ciluncat Ciamis, punya khasiat menyembuhkan penyakit.

Konon kabarnya, bermacam penyakit terutama batuk dan sesak napas, dapat sembuh oleh air yang berada dalam batu tersebut.

Mata air ini tepatnya berada di Dusun Ciparay, Desa Ciparigi, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis.

Juru Kunci Situs Ciluncat, Kasto (69), mengatakan banyak warga dari luar daerah yang mendatangi mata air tersebut. Hal ini bertujuan untuk menyembuhkan berbagai keluhan penyakit.

“Banyak warga yang datang ke sini. Dari luar kota juga ada yang datang untuk mengambil air dari Batu Sangkala Bolong,” katanya, Minggu (17/1/2021).

Bukti air tersebut bisa menyembuhkan penyakit, lanjut Kasto, karena ada orang dari luar daerah Ciparigi datang sampai 2 kali mengambil air dari mata air itu.

Menurutnya, kalau memang air dalam batu itu tidak memiliki tuah menyembuhkan penyakit, tidak mungkin orang dari luar Kota itu sampai dua kali datang ke sini.

Selain khasiat menyembuhkan berbagai penyakit, air dari dalam Batu itu juga bisa menjadi pertanda keberadaan air di wilayah Ciparigi.

“Jadi pertanda. Bahwa air untuk kebutuhan hidup warga Ciparigi masih cukup tersedia,” ucapnya.

Anehnya lagi, saat musim kemarau mata air Batu Sangkala Bolong tidak pernah surut. Begitu pun saat musim hujan tidak pernah luber, padahal air itu berada dalam batu.

“Yang saya tahu dan menurut cerita orang tua terdahulu, mata air dari Batu Sangkala Bolong tidak pernah surut,” pungkas Kasto. (GaluhID/Evi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Puluhan Pegawai PT PILN di Ciamis Mengadu ke Disnaker, Tak Digaji 6 Bulan

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 44 pegawai PT PILN (Pemeriksa Instalasi Listrik Nasional) mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Ciamis, Senin (1/3/2021). Kedatangan mereka bermaksud...

Tersapu Angin Kencang, Puluhan Rumah di Pamarican Ciamis Rusak

Berita Ciamis, galuhi.id - Hujan deras serta angin kencang dan petir di Pamarican Ciamis pada Sabtu (27/2/2021) sore mengakibatkan puluhan rumah rusak. FK Tagana Ciamis...

Di Puncak Jalumarat Ciamis, Pejuang Indonesia Intai Tentara Belanda

Berita Ciamis, galuh.id - Puncak Jalumarat di Ciamis menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia saat perang kemerdekan melawan penjajah Belanda. Berada di atas ketinggian Dusun...

Temukan Kami

47,923FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya