Senin, 30 November 2020
Senin, 30 November 2020
 
 

Air Sungai Meluap, Rumah Warga di Banjaranyar Ciamis Terancam Longsor

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Tingginya intensitas hujan dari malam hingga siang di wilayah Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, menyebabkan air sungai Ciputrahaji terus meningkat, Senin (19/10/2020).

Meningkatnya air sungai Ciputrahaji kerap menyebabkan abrasi. Akibatnya sekitar enam rumah warga yang dekat dengan bantaran sungai tersebut terancam longsor.

Sekretaris Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Sutrisna mengatakan, meningkatnya sungai Ciputrahaji kerap menyebabkan abrasi. Akibatnya rumah warga terancam longsor.

“Ada enam rumah warga yang terancam longsor yaitu di Dusun Purwasari RT 05, RW 04, Desa Cigayam,” kata Sutrisna.

Ia mengungkapkan, derasnya sungai Ciputrahaji ketika datang musim penghujan seperti sekarang, sering menyebabkan longsor. Saat ini antara rumah warga dengan bantaran sungai semakin dekat.

“Rumah warga antara bantaran sungai tinggal dua meteran lagi, ” ungkapnya.

Pihaknya berharap ada tindakan cepat dari Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis untuk mengatasi masalah ini.

“Kami berharap Pemda Ciamis melalui Instansi terkait, secepatnya menanggulangi hal ini. Kalau tidak segera dilakukan tindakan cepat tentunya akan membahayakan warga kami,” paparnya.

Dia menuturkan, Pemdes telah melaporkan kejadian tersebut kepada pihak BPBD Ciamis yang diketahui oleh Camat Banjaranyar, Polsek Banjarsari dan Koramil Banjarsari.

“Sudah dilaporkan ke BPBD Ciamis yang ditembuskan ke pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy guna percepatan penanganan,” ujarnya.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Ciamis, melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Ciamis baru memberikan beronjong kawat sebanyak 30 buah.

“Untuk menggunakan beronjong kawat itu kan harus pakai batu belah. Nah saat ini kendalanya ya pengadaan batu belahnya. Seharusnya ketika memberikan beronjong kawat itu harusnya dengan batunya,” jelasnya.

Sementara itu salah satu rumah yang terancam longsor, Ujang Heryadi mengatakan, dirinya kerap cemas ketika datang hujan. Pasalnya rumahnya saat ini semakin dekat dengan tebing sungai.

“Cemas lah, soalnya rumah saya dengan tebing sungai Ciputrahaji semakin dekat. Tinggal dua meteran lagi,” kata Ujang. (GaluhID/Uus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Pengurus Hamida Koordinator Wilayah 3 Ciamis Dilantik, Ini Pesan Wabup

Berita Ciamis, galuh.id - Tantangan dakwah di era perkembangan teknologi harus dilakukan dengan memanfaatkan potensi digitalisasi informasi untuk memperluas ekspansi dakwah. Demikian...

Bank Sampah Ciamis Juara 1 Astra Award Competition

Berita Ciamis, galuh.id - Bank Sampah Ciamis Juara 1 tingkat Nasional Astra Award Competition. Ratusan Bank Sampah seluruh Indonesia mengikuti Kompetisi ini....

Kasus Covid-19 Meningkat, ASN di Ciamis Dilarang ke Luar Daerah

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis berupaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 dengan mengeluarkan SK Bupati tentang larangan bagi para ASN yang hendak ke...

Temukan Kami

48,648FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Pengurus Hamida Koordinator Wilayah 3 Ciamis Dilantik, Ini Pesan Wabup

Berita Ciamis, galuh.id - Tantangan dakwah di era perkembangan teknologi harus dilakukan dengan memanfaatkan potensi digitalisasi informasi untuk memperluas ekspansi dakwah. Demikian...

Diduga Sopir Mengantuk, Mobil Avanza Seruduk Rumah Warga di Pamarican Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Sebuah mobil avanza berwarna silver menabrak pagar rumah milik warga hingga ambruk di Pamarican, Kabupaten Ciamis, Minggu (29/11/2020).

Bangkitkan Kepercayaan Politik, 4 DPC BMI di Jabar Resmi Dilantik

Berita Jabar, galuh.id - Bintang Muda Indonesia atau BMI di Jabar dilantik. Yakni Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, dan Kota Banjar.

Profil Diego Maradona, Legenda Sepak Bola Argentina

Profil Diego Maradona menggambarkan kesuksesan sepak bola Negara Argentina. Ia juga banyak mempersembahkan gelar prestisius untuk klub dan negaranya.

Harga HP Realme Narzo 20 Pro, Ketahui Beberapa Fitur Unggulannya!

Harga HP Realme Narzo 20 Pro sangat spesial karena terjangkau dan bersahabat bagi semua kalangan pada pasar Indonesia. Seperti...