Rabu, 21 Oktober 2020
Rabu, 21 Oktober 2020
 
 

Ajukan Bantuan UMKM, Ratusan Warga Ciamis Serbu Dinas KUKMP

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Ratusan warga menyerbu Kantor Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Ciamis. Kedatangan mereka untuk ajukan bantuan UMKM dari pemerintah pusat.

Pendaftaran untuk bantuan UMKM ini sebelumnya telah ditutup. Namun karena dari kuota 12 juta, yang terpenuhi baru 9,1 juta.

Itu artinya, masih ada sisa kuota 2,9 juta lagi. Oleh karena itu, pemerintah pusat kembali menerima pendaftaran ajuan bantuan hingga akhir November 2020.

Sekretaris DKUKMP Ciamis Dadan Widadi menjelaskan, pendaftaran pengajuan bantuan UMKM untuk di Ciamis baru dibuka kembali sejak tiga hari lalu.

”Warga yang datang mengajukan bantuan sudah lebih dari 300 orang. Bahkan banyak warga datang dari desa dengan membawa sejumlah formulir titipan atau kolektif,” kata Dadan, Jumat (16/10/2020).

DKUKMP Ciamis sebelumnya telah mengimbau masyarakat yang akan mengajukan sebaiknya dilakukan secara kolektif. Tapi dalam pelaksanaannya masih saja ada yang datang sendiri.

Dalam penerimaan pengajuan, pihaknya menerapkan protokol kesehatan 3M. Mulai dari pintu masuk setiap orang wajib pakai masker. Lalu cek suhu, cuci tangan, dan jarak antrean dibatasi.

”Yang tidak pakai masker tidak akan kami layani,” ujar Dadan.

Syarat Ajukan Bantuan UMKM

Pada tahap sebelumnya, DKUKMP Ciamis telah menerima pendaftaran pengajuan sebanyak 73 ribu Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Untuk mengajukan bantuan UMKM ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Mulai dari WNI, NIK dan KTP, memiliki usaha mikro, bukan dari pejabat BUMD atau ASN.

Syarat selanjutnya, pemohon tidak sedang memiliki kredit perbankan dan KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Dengan adanya perpanjangan ini diharapkan para UMKM di Ciamis yang sebelumnya belum dapat bantuan, sekarang bisa mendapatkannya.

”Tapi setelah mendapat bantuan harap pergunakan sebaik-baiknya. Untuk menambah modal usaha,” ucap Dadan.

Sementara itu, pelaku UMKM warga Baregbeg, Evi Ervianti, sangat berharap bisa mendapat bantuan tersebut. Ia mengaku kesulitan ekonomi saat pandemi Covid-19 ini.

“Saya sudah daftar barusan. Semoga dapat bantuan UMKM untuk menambah modal usaha makanan ringan,” kata dia. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Anggota Dewan DPR RI Hadiri Sunatan Massal di Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Agun Gunandjar Sudarsa menghadiri sunatan massal di Ciamis, Rabu (21/10/2020).

Pelatihan Digitalisasi Koperasi di Ciamis Tingkatkan Kompetensi Berbasis Digital

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 25 orang pengelola koperasi di Kabupaten Ciamis mengikuti pelatihan digitalisasi koperasi di Aula Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu,...

Atap IGD RSUD Ciamis Ambruk Tak Kuat Menahan Beban Air Hujan

Berita Ciamis, galuh.id - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya beserta Wakil Bupati Yana D Putra, meninjau langsung bangunan IGD RSUD Ciamis yang ambruk...

Temukan Kami

48,648FansSuka
196PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Manga Boruto Chapter 51: Munculnya Mode Terakhir Kyuubi X Naruto

Manga Boruto chapter 51 sepertinya akan menjadi pembuka cerita, di mana Naruto akan menggunakan mode gabungan bersama Kyuubi untuk Isshiki.

Anggota Dewan DPR RI Hadiri Sunatan Massal di Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Agun Gunandjar Sudarsa menghadiri sunatan massal di Ciamis, Rabu (21/10/2020).

Line Up HP iPhone 12 Series, Kapan Diluncurkan?

HP iphone 12 menjadi salah satu ponsel yang dinantikan pada tahun 2020 oleh para pecinta brand Apple. Apple secara resmi memperkenalkan iphone...

HP Realme 7 Pro, Intip Spesifikasi dan Harganya

HP Realme 7 Pro resmi meluncur di Indonesia pada tanggal 14 Oktober 2020. Smartphone ini memiliki banyak keunggulan, apalagi didukung dengan spesifikasi...

Profil Jeon Jin Seo dan Perannya di Drama BTS Universe YOUTH

Aktor Jeon Jin Seo kini kembali menjadi sorotan para pecinta drama korea. Ia kembali terpilih menjadi salah satu aktor yang akan menjadi...