Selasa, 26 Januari 2021
Selasa, 26 Januari 2021
 
 

Aksi Warga Cigayam Ciamis Tuntut Transparansi Dana Desa dan Bantuan Covid-19

Berita Ciamis, galuh.id – Puluhan warga Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis Jawa Barat mendatangi kantor desa, Jum’at (26/5/2020).

Kedatangan mereka untuk melakukan audensi, karena adanya dugaan Pemerintahan Desa Cigayam selama ini tidak transparan dalam pengelolaan Dana Desa.

Ada beberapa tuntutan warga yang diajukan kepada Pemdes antara lain, terkait penyertaan modal Bumdes yang bersumber dari Dana Desa (DD) mulai dari tahun 2016 sampai 2020.

Warga juga meminta penjelasan secara terbuka terkait laporan pertanggungjawaban anggaran DD TA 2016 sampai 2020.

Termasuk juga tuntutan transparansi anggaran penanggulangan Covid-19 dan masalah sewa kantor Desa Cigayam yang disewakan menjadi kantor Kecamatan Banjaranyar.

Koordinator aksi Saepurohman mengatakan, aksi warga Desa Cigayam ini lantaran selama ini Pemerintahan Desa Cigayam tidak transparan dalam pengelolaan Dana Desa (DD).

“Aksi ini dilatarbelakangi karena Pemerintah Desa tidak terbuka dalam pengelolaan DD mulai dari tahun 2016 hingga 2020, terutama pengelolaan Dana Bumdes,” ujarnya.

Pihaknya menilai, sejak berdirinya Bumdes pada tahun 2016 Pemerintah Desa selalu menutup-nutupi pengelolaan Dana Bumdes.

“Jadi kami datang ke sini ingin mengetahui secara jelas sudah sejauh mana pengelolaan anggaran yang digunakan, soalnya hingga saat ini belum ada keterbukaan terhadap warga,” ucapnya.

Koordinator aksi tersebut juga mengatakan aksi serupa bakal terus digelar hingga Pemerintah Desa terbuka kepada warga.

“Apabila belum terbuka kepada warga, aksi seperti ini akan digelar hingga Pemdes terbuka,” katanya.

Sementara itu Sekdes Cigayam, Entis Sutisna mempersilakan aksi yang digelar oleh warganya.

“Silakan saja kami tidak keberatan adanya aksi tersebut, sejauh masih dalam prosedur yang berlaku,” kata Entis.

Sementara terkait Bumdes, Pemerintah Desa hanya sebagai Komisaris saja. Jadi untuk lebih detailnya masalah penggunaan anggarannya, warga dipersilakan menanyakan kepada lembaga Bumdesnya.

Pantauan Galuh ID pada Jum’at siang, aksi warga Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar ini dikawal ketat aparat Kepolisian dan TNI. (GaluhID/Uus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Petani Padi di Banjarsari Ciamis Pusing, Sawah Diserang Burung Pipit

Berita Ciamis, galuh.id - Petani padi di Banjarsari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dipusingkan dengan adanya serangan burung pipit terhadap tanaman padinya. Adanya serangan burung pipit...

Warga Ciamis Meninggal Karena Covid-19 Dapat Santunan 15 Juta

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis melalui Dinas Sosial akan memberikan santunan sebesar Rp 15 juta bagi warga yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19. "Bantuan...

Satgas Covid-19 di Ciamis Menyebutkan Disiplin Memakai Masker Meningkat

Berita Ciamis, galuh.id - Satgas Covid-19 di Ciamis saat melakukan operasi protocol kesehatan menyebutkan terjadi peningkatan penggunaan masker, terbukti dengan menurunnya pelanggar. Kasi Dalops Polisi...

Temukan Kami

48,103FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya