Kamis, 9 Juli 2020
Kamis, 9 Juli 2020
 
 

Aksi Warga Cigayam Ciamis Tuntut Transparansi Dana Desa dan Bantuan Covid-19

Berita Ciamis, galuh.id – Puluhan warga Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis Jawa Barat mendatangi kantor desa, Jum’at (26/5/2020).

Kedatangan mereka untuk melakukan audensi, karena adanya dugaan Pemerintahan Desa Cigayam selama ini tidak transparan dalam pengelolaan Dana Desa.

Ada beberapa tuntutan warga yang diajukan kepada Pemdes antara lain, terkait penyertaan modal Bumdes yang bersumber dari Dana Desa (DD) mulai dari tahun 2016 sampai 2020.

Warga juga meminta penjelasan secara terbuka terkait laporan pertanggungjawaban anggaran DD TA 2016 sampai 2020.

Termasuk juga tuntutan transparansi anggaran penanggulangan Covid-19 dan masalah sewa kantor Desa Cigayam yang disewakan menjadi kantor Kecamatan Banjaranyar.

Koordinator aksi Saepurohman mengatakan, aksi warga Desa Cigayam ini lantaran selama ini Pemerintahan Desa Cigayam tidak transparan dalam pengelolaan Dana Desa (DD).

“Aksi ini dilatarbelakangi karena Pemerintah Desa tidak terbuka dalam pengelolaan DD mulai dari tahun 2016 hingga 2020, terutama pengelolaan Dana Bumdes,” ujarnya.

Pihaknya menilai, sejak berdirinya Bumdes pada tahun 2016 Pemerintah Desa selalu menutup-nutupi pengelolaan Dana Bumdes.

“Jadi kami datang ke sini ingin mengetahui secara jelas sudah sejauh mana pengelolaan anggaran yang digunakan, soalnya hingga saat ini belum ada keterbukaan terhadap warga,” ucapnya.

Koordinator aksi tersebut juga mengatakan aksi serupa bakal terus digelar hingga Pemerintah Desa terbuka kepada warga.

“Apabila belum terbuka kepada warga, aksi seperti ini akan digelar hingga Pemdes terbuka,” katanya.

Sementara itu Sekdes Cigayam, Entis Sutisna mempersilakan aksi yang digelar oleh warganya.

“Silakan saja kami tidak keberatan adanya aksi tersebut, sejauh masih dalam prosedur yang berlaku,” kata Entis.

Sementara terkait Bumdes, Pemerintah Desa hanya sebagai Komisaris saja. Jadi untuk lebih detailnya masalah penggunaan anggarannya, warga dipersilakan menanyakan kepada lembaga Bumdesnya.

Pantauan Galuh ID pada Jum’at siang, aksi warga Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar ini dikawal ketat aparat Kepolisian dan TNI. (GaluhID/Uus)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Peminat Membludak, SMAN 1 Ciamis Terima 408 Siswa Baru

Berita Ciamis, galuh.id - Pendaftar untuk menjadi siswa di SMAN 1 Ciamis membludak, namun SMAN 1 Ciamis terima 408 siswa baru.

TNI/Polri Panen Raya Ikan Gurame di Purwadadi Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Dandim 0613/Ciamis dan Kapolres Ciamis bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti panen raya ikan gurame, Selasa (7/7/2020).

Diduga Terjatuh dari Pohon Pinang, Warga Pamarican Ciamis Meninggal di Area Pemakaman

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang warga dari Dusun Angsara RT 28, RW 7, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, ditemukan meninggal di...

Temukan Kami

49,405FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Aturan The New Normal, Era Normal Baru yang Harus Diterapkan Masyarakat

Berita Nasional, galuh.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta masyarakat untuk menghadapi era normal baru atau disebut ‘Aturan The New Normal’....

Pentas Seni di SMKN 1 Ciamis Bernuansa Batik

Ciamis, galuh.id - Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, SMKN 1 Ciamis menggelar pentas seni antar kelas, yang diselenggarakan di gedung olahraga,...

One Way Dicabut, Warga Cibitung Sujud Syukur di Tengah Jalan

Ciamis, galuh.id - Puluhan warga Cibitung, Ciamis melakukan sujud syukur di Jalan Murod Idrus, Kamis (31/01/2019) setelah peraturan One Way dicabut oleh Dinas Perhubungan...

Kedapatan Buka di Bulan Ramadhan, Warung Nasi di Ciamis Ditegur Polisi

Berita Ciamis, galuh.id - Petugas gabungan dari Polres Ciamis dan Satpol PP Kabupaten Ciamis melakukan razia warung nasi. Razia...

Gugus Tugas Covid-19 Pusat Sebut Tak Lockdown Adalah Pilihan Terbaik

Berita Nasional, galuh.id - Semenjak masifnya penyebaran virus Corona di berbagai negara, kebijakan Lockdown kembali dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 semakin besar.