Rabu, 4 Agustus 2021
Rabu, 4 Agustus 2021
BJB

Anggaran ADD dan DD di Ciamis Bisa Digunakan untuk Tangani Covid-19

Berita Ciamis, galuh.id – Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya menegaskan, untuk anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) agar bisa digunakan untuk tangani Covid-19.

“Sesuai edaran Kemendes, bahwa desa bisa mengalokasikan anggaran ADD dan DD untuk penanganan Covid 19,” tegas Herdiat, dalam rapat pembahasan penyelenggaraan kegiatan jam sekolah dan jam kerja ASN, Jumat (27/3/2020) di Opp Room Setda Ciamis.

Menurutnya, kepala desa agar bisa memanfaatkan dana desa melalui APBD desa perubahan. Nantinya, harus ada pemberitahuan kepada Kabupaten bahwa Dana Desa digunakan untuk penanganan Covid-19.

“Kepala desa diwajibkan untuk menginvetarisir masyarakatnya yang pulang dari zona merah, melalui RT dan RW yang nantinya dilakukan pendataan,” tuturnya.

Dengan diliburkannya pabrik di kota besar, lanjut dia, maka banyak yang pulang kampung. Ini perlu perhatian terutama dari tim gugus tugas terkait upaya apa yang harus dilaksanakan dengan kondisi tersebut.

“Maka dari itu, pemerintah daerah maupun pemerintah desa harus tetap waspada dan siaga. Dan juga tetap menjaga dan pertahankan agar Ciamis tetap zero Covid-19,” katanya.

Sementara itu, Asda 1 Setda Kabupaten Ciamis, Ika Darmaiswara mengatakan, mengenai dana desa, sesuai edaran Kemendes, desa bisa mengalokasikan anggaran untuk tangani Covid-19.

“Nantinya juga, di desa dibentuk satuan tugas tingkat desa terkait penanganan Covid-19, agar alurnya jelas terpusat” pungkasnya. (GaluhID/Ramdani)

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan