Kamis, 24 Juni 2021
Kamis, 24 Juni 2021
BJB

Anggota DPRD Ciamis Komisi C Tinjau Lokasi Abrasi Anak Sungai Cikaso

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Anggota DPRD Ciamis Komisi C, Aang Mulyadi, bersama Kepala UPTD PUPR Banjarsari meninjau lokasi abrasi anak sungai Cikaso, Kamis (28/01/2021).

Lokasi anak sungai tersebut berada di Dusun Wanayasa RT 7 RW 2 Desa Cibadak Kecamatan Banjarsari.

Aang anggota DPRD Ciamis Komisi C pun sengaja datang bersama kepala UPTD PUPR Banjarsari untuk memastikan kebenaran informasi dari media online galuh.id terkait abrasinya anak sungai Cikaso.

Baca Juga: Abrasi Sungai Cikaso di Banjarsari Ciamis, Jalan Terancam Longsor

“Kami sengaja datang ke lokasi abrasi anak sungai Cikaso yang ada di Desa Cibadak Banjarsari, setelah mendapat informasi dari media online galuh.id,” ucapnya.

Setelah melihat secara langsung, lanjut Aang, ternyata memang benar anak sungai itu mengalami abrasi dan harus segera melakukan penanganan dan tindakan nyata.

Menurutnya, bila tidak segera melakukan penanganan, bisa berbahaya terhadap lingkungan setempat.

“Yang pertama terbawa imbasnya jalan lingkungan akan ambruk. Juga jembatan penghubung antara 2 Desa. Yakni Desa Cibadak dan Desa Banjarsari,” terangnya.

Oleh sebab itu, pihaknya pun meminta kepada Dinas PUPR melalui bidang PSDA agar segera melakukan penanganan serius dengan memberikan solusinya.

“Ini sifatnya urgent. Harus segera melakukan penanganan,” tutur Aang.

Di tempat yang sama, Kepala UPTD PUPR wilayah Banjarsari, Suparman, menyebut pihaknya akan segera melakukan penanganan sementara dengan memasang bronjong.

“Yang harus segera ditangani panjangnya 15 meter. Itu akan kita pasang bronjong terlebih dahulu,” katanya.

Ke depannya, seluruh tebing yang tergerus air anak sungai Cikaso akan pihaknya usulkan ke Dinas PU dengan membuat Tebing Penahan Tanah (TPT).

Sebelumnya, abrasi anak sungai Cikaso kembali terjadi pada Rabu (27/01/2021) kemarin sekitar pukul 04.30 WIB.

Adanya abrasi tersebut membuat jalan lingkungan dan jembatan penghubung dua desa di Banjarsari kabupaten Ciamis pun terancam longsor. (GaluhID/Uus)

Editor : Evi

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
256PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan