Sabtu, 19 Juni 2021
Sabtu, 19 Juni 2021
BJB

Antisipasi Musim Kemarau, PDAM Tirta Galuh Ciamis Lakukan Ini

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Antisipasi musim kemarau, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Galuh Ciamis melakukan cara agar pelanggan tidak kekurangan air.

Humas PDAM Tirta Galuh Ciamis, Dadan Firdaus menyampaikan pihaknya akan berupaya melakukan antisipasi agar pelanggannya tidak kekurangan air saat kemarau.

“Pelanggan yang berada pada ketinggian tertentu saat musim kemarau air tidak sampai, harus tetap mendapatkan air,” jelas Dadan, Senin (10/8/2020).

Dadan menyampaikan jika debit air menurun drastis, otomatis air tidak sampai pada beberapa pelanggan di dataran tinggi.

Karena tambah Dadan, pada proses pendistribusian air melalui pipa jika musim kemarau tekanan air dalam pipa ke dataran tinggi akan lemah, sehingga debit air menurun tidak akan naik.

“Penyaluran air melalui pipa akan terhambat karena tekanan air ke dataran tinggi lemah, sehingga saat kemarau dan debit menurun, air tidak akan kuat mengalir,” jelas Dadan.

Sehingga untuk pelanggan pada ketinggian tertentu tidak akan mendapatkan air yang disalurkan melalui pipa karena air tidak kuat mengalir.

“Tapi untuk saat ini kondisinya masih aman dan pendistribusian air kepada semua pelanggan lancar. Namun antisipasi jika debit air menurun signifikan kami akan melakukan beberapa antisipasi,” katanya.

Antisipasi Musim Kemarau, Penampungan Menjadi Alternatif

PDAM Tirta Galuh Ciamis melakukan antisipasi untuk pelanggan pada ketinggian tertentu yang tidak mendapatkan aliran air.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, PDAM Tirta Galuh akan menggunakan penampungan atau torn dan airnya akan didistribusikan dengan mobil tangki.

“Pelanggan di dataran tinggi yang airnya tidak mengalir akan dibantu pendistribusiannya menggunakan tangki dan disimpan pada penampungan,” jelas Dadan

Untuk biaya, pelanggan tidak dikenakan biaya apapun saat mengambil dari torn atau penampungan air yang disimpan pada titik rawan.

Sehingga pendistribusian air pada pelanggan yang awalnya menggunakan pipa, karena kemarau baralih dengan menggunakan tangki.

“Upaya tersebut dilakukan agar pelanggan tidak kekurangan air karena kondisi kemarau, meskipun kini menggunakan penampungan,” jelas Dadan.

Selain untuk pelanggan, pihak PDAM Tirta Galuh Ciamis juga melayani pendistribusian air pada masyarakat yang kekurangan air.

Hanya saja terlebih dahulu harus laporan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, kemudian akan diteruskan pada pihak PDAM.

Antisipasi musim kemarau PDAM Tirta Galuh Ciamis bukan ditujukan untuk pelanggan saja, tetapi juga untuk masyarakat yang kekurangan air bersih. (GaluhID/Ardiansyah)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

Temukan Kami

47,551FansSuka
253PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan