Minggu, 26 Juni 2022
Minggu, 26 Juni 2022
More

    Antisipasi Pelanggaran Hukum, Ini Pesan Ketua DPRD Ciamis Untuk APDESI

    Berita Ciamis, galuh.id – Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana menyampaikan pesannya pada pengurus baru Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Ciamis periode 2020-2025.

    Nanang berharap kepengurusan baru APDESI Ciamis ini dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi dan membawa Apdesi bisa lebih maju.

    Iklan

    ”Dengan adanya pengurus baru ini saya berharap Apdesi Ciamis bisa maju,” kata Nanang, Senin (26/10/2020).

    Selain itu, Ketua DPRD Ciamis ini juga mengharapkan agar pemerintahan desa (pemdes) bisa bersama-sama dengan rakyat desa untuk membangun kesejahteraan bersama.

    Iklan

    Kemudian, pengurus APDESI diharapkan senantiasa berwasiat antar para kepala desa (Kades) untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk adanya pelanggaran hukum.

    ”Saya harap APDESI senantiasa berwasiat antar kades. Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Saya yakin pengurus APDESI Ciamis yang sekarang bisa menjalankannya,” ujarnya.

    Iklan

    Lebih lanjut Nanang menerangkan, ada beberapa hal yang harus dilakukan pengurus baru APDESI Kabupaten Ciamis untuk mengantisipasi atau mencegah adanya pelanggaran.

    Langkah Untuk Antisipasi Pelanggaran Hukum

    Langkah pertama kata Nanang, APDESI Ciamis sebaiknya berkomunikasi dengan LBH (Lembaga bantuan Hukum). Meminta bimbingan LBH agar tidak terjadi pelanggaran.

    ”APDESI harus senantiasan komunikasi dengan LBH. Meminta bimbingan agar tidak terjadi pelanggaran hukum,” ucapnya.

    Kemudian yang kedua, untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan termasuk pelanggaran hukum, Nanang berharap APDESI Ciamis memiliki tim hukum atau Lawyer (pengacara).

    Kalaupun harus terjadi pelanggaran hukum, kata Nanang, karena memang manusia itu kadang-kadang ada khilaf. Hal ini diharapkan APDESI Ciamis itu punya tim hukum atau lawyer.

    ”Lawyer itu dari APDESI. Jadi kalau ada apa-apa. Misalnya terjadi pelanggaran hukum oleh kepala desa. Apdesi nantinya yang menyediakan lawyer,” jelas politisi PDI Perjuangan ini.

    Sebelumnya diberitakan, Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Ciamis melaksanakan pelantikan pengurus baru periode 2020-2025.

    Pelantikan yang digelar di gedung Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana. (GaluhID/Evi)

    Iklan
    Loading...

    ARTIKEL TERKAIT

    Iklan

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    spot_img

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    365PengikutMengikuti
    5,000PelangganBerlangganan