Senin, 19 April 2021
Senin, 19 April 2021
BJB

Arti Kartu Prakerja Sedang Dievaluasi Pada Dashboard

Arti Kartu Prakerja sedang dievaluasi, status ini mendadak membingungkan para calon peserta Prakerja karena terus muncul di halaman dashboard mereka.

Status tersebut banyak warganet pertanyakan melalui kolom komentar di akun Instagram @prakerja.go.id dan menjadi sebuah topik yang menarik banyak pengguna internet lainnya.

Seperti yang masyarakat tahu, jika program Kartu Prakerja sudah pemerintah buka secara resmi pada Selasa 23, Februari 2021 lalu.

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Sedang Dievaluasi, Apakah Lolos?

Adapun kuota yang tersedia sebanyak 600.000 peserta dari 2,7 juta kuota yang pemerintah targetkan hingga bulan Maret mendatang.

Setelah mendaftar akun, para calon peserta bisa masuk ke gelombang 12 dan menunggu pengumuman hasil seleksi.

Namun tiba-tiba, terdapat status bertuliskan sedang dievaluasi. Tulisan ini pun terus muncul bahkan sebelum calon peserta mendaftarkan diri dalam gelombang yang ada.

Lantas apakah arti dari tulisan tersebut?

Arti Kartu Prakerja Sedang Dievaluasi

Untuk menanggapi pertanyaan masyarakat, Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu akhirnya ikut bicara terkait hal tersebut.

Louisa menjelaskan, jika arti Kartu Prakerja sedang dievaluasi ini merupakan status yang muncul sejak  peserta pertama bergabung dalam seleksi hingga proses seleksi berakhir.

Ia melanjutkan, jika tulisan ini akan tetap muncul hingga proses seleksi yang dilakukan oleh sistem telah selesai sesuai dengan jadwal penutup gelombang.

“Proses seleksi dilakukan oleh sistem setelah penutupan gelombang, bukan dilakukan oleh manusia,” ucap Louisa.

Louisa melanjutkan jika proses ini tidak akan memakan waktu yang lama, mengingat semua proses dilakukan melalui sistem.

Ia menjelaskan, jika sistem akan melakukan pemeriksaan dengan data dari Dukcapil baik untuk verifikasi NIK maupun KK.

Kemudian sistem melanjutkan pemeriksaan dengan pihak Kemsos untuk memastikan orang tersebut belum pernah menerima bansos lainnya.

Selanjutnya, sistem baru mengubungi Kemdiknas dan memastikan orang yang mendaftar pada gelombang 12 tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Bagi yang belum tahu, terdapat tiga syarat utama bagi masyarakat yang ingin bergabung dalam program Kartu Prakerja, seperti :


1. Calon peserta adalah Warga Negara Indonesia (WNI)
2. Memiliki usia minimal 18 tahun
3. Tidak dalam atau sedang mengikuti pendidikan formal

Status Evaluasi Muncul Setelah Pendaftaran Akun

Setelah tahu arti Kartu Prakerja sedang dievaluasi, warganet pun bertanya kapan status ini muncul dalam Dashboard akun mereka.

Jika dilihat secara teliti status Evaluasi ini sudah ada sejak calon peserta selesai mendaftarkan akun.

Akun Kartu Prakerja sendiri bisa mereka dapatkan setelah mengkonfirmasikan pembuatan akun lewat email, mengisi data pribadi dan melakukan tes yang ada.

Untuk membuat akun Prakerja juga tergolong mudah, yaitu :

Pertama, calon peserta masuk ke situs www.prakerja.go.id dan memilih menu ‘Daftar’. Kemudian isi nama lengkap, alamat, email, dan kata sandi.

Kedua, calon peserta tinggal memeriksa pesan email yang masuk untuk mengkonfirmasi pembuatan akun Kartu Prakerja.

Ketiga, calon peserta masuk kembali ke situs Kartu Prakerja dan login menggunakan akun yang telah dibuat.

Selanjutnya, situs Kartu Prakerja akan meminta calon peserta intuk mengisi berbagai data pribadi seperti NIK, KK, alamat, pendidikan dan lain sebagainya.

Setelah semua data terisi dengan benar, langkah terakhir adalah memasukkan nomor telepon yang masih aktif.

Kemudian, isi kode OTP yang pihak Kartu Prakerja kirimkan melalui SMS. Setelah itu, calon peserta baru mengikuti tes yang ada.

Tes yang muncul seperti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar dan biasanya berlangsung selama 15 menit.

Setelah semua langkah pengisian data akun selesai, calon peserta bisa mendaftarkan diri ke gelombang pendaftaran yang sedang dibuka.

Dalam proses ini, nantinya tulisan “sedang dievaluasi” akan terus muncul hingga proses seleksi peserta selesai.

Sebagai catatan, program Kartu Prakeja hanya berlaku bagi dua anggota keluarga dalam satu Kartu Keluarga (KK).

Meski begitu peserta yang lolos dapat menerima dana insentif sebesar Rp 2,7 juta yang akan terbagi dalam empat bulan atau Rp 600.000 per bulan.

Tidak hanya itu, peserta bisa mendapatkan dana tambahan berubah insentif survei kartu Prakerja sebesar Rp 50.000 yang akan berlangsung sebanyak tiga kali.

Seluruh dana bantuan ini bisa peserta dapatkan setelah selesai melaksanakan pelatihan selama satu bulan. Jika tidak maka dana bantuan akan ditarik kembali.

Arti Kartu Prakerja sedang dievaluasi ini nantinya akan hilang setelah pendaftaran gelombang yang terbuka sudah selesai. Jadi calon peserta tidak perlu khawatir dengan status tersebut. (Hega/GaluhID)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,721FansSuka
242PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya