Jumat, 25 Juni 2021
Jumat, 25 Juni 2021
BJB

Bahagia Bersama di Kampung KB Mawar Ciamis dengan Melupakan Gadget

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Bahagia bersama nampak terjadi di Kampung KB Mawar Ciamis di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis, Sabtu (5/9/2020).

Kebahagiaan nampak terlihat pada seluruh warga yang berada di sekitar Saung Sawala. Pasalnya di tempat tersebut digelar kaulinan barudak baheula.

Dari mulai anak-anak, remaja hingga orang tua nampak menikmati permainan yang biasa dilakukan pada jaman dahulu.

Kampung KB Mawar Ciamis

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Kampung KB Mawar, Hernawan menyampaikan kegiatan tersebut salah satunya untuk menghindari kecanduan permainan gadget.

“Ini merupakan salah satu bagian program kami, dan juga sebagai upaya untuk melawan kecanduan game online dari hp pintar,” jelas Hernawan.

Hernawan yang juga sebagai Kepala Dusun Nagrog menambahkan, Saung Sawala Kampung KB nantinya akan digunakan sebagai pusat berbagai kegiatan.

Lahan miliknya yang semula tidak terawat diubah menjadi tempat yang nyaman serta membuat siapa pun betah.

Terlebih saat kedatangan tamu dari Kampung Cibunar pusat digelarnya kaulinan barudak baheula dari Sadananya Ciamis.

Hanyut Pada Masa Lalu

Deny Weje seorang penggiat kaulinan barudak baheula menyampaikan kegiatan yang dilakukan di tempatnya Kampung Cibunar yang bisa membuat bahagia bersama.

The Power Of Ngariung menjadi slogan yang realitanya memang memiliki kekuatan yang luar biasa jika diarahkan pada hal yang bermanfaat.

“Luar biasa melihat antusian masyarakat Dusun Nagrog, kami harus banyak belajar dari masyarakat di sini,” jelas Deny.

Pada kunjungan tersebut Deny membawa serta rekan pemandu untuk menggelar permainan-permainan yang dilakukan pada jaman dahulu.

Sehingga membuat para orang tua kembali mengingat masa lalu dan gelaran yang dilaksanakan sederhana tersebut turut mengenang kenangan saat remaja.

Nampak beberapa orang tua turut larut dan bernyanyi bersama saat vokalis melantunkan lagu-lagu permainan masa lalu.

Suasana semakin meriah ketika pemandu mulai mengarahkan permainan-permainan yang sering dilakukan pada jaman dahulu yang kini sudah tidak dimainkan.

Meskipun beberapa permainan tampak kaku karena sudah mulai lupa, namun pemandu mengarahkan dan mengingatkan cara permainannya.

Untu orang tua yang telah mengalami tidak terlalu kesulitan, hanya saja untuk anak-anak karena belum pernah memainkan pemandu harus mencontohkan.

Kurang lebih 2 jam bahagia bersama dirasakan pada seluruh yang hadir di Saung Sawala Kampung KB Mawar Ciamis. (GaluhID/Ardiansyah)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

Temukan Kami

47,551FansSuka
256PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan