Rabu, 29 September 2021
Rabu, 29 September 2021

Bank Sampah Ciamis Juara 1 Astra Award Competition

Berita Ciamis, galuh.id – Bank Sampah Ciamis Juara 1 tingkat Nasional Astra Award Competition. Ratusan Bank Sampah seluruh Indonesia mengikuti Kompetisi ini.

Pengumuman Prestasi BSC tersebut pada saat acara Festival Lingkungan Astra 2020, Sabtu (28/11/2020).

Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis memiliki inovasi pengolaan sampah melalui bank sampah dan magot.

Selain mengelola persampahan, inovasi ini juga menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat saat masa pandemi Covid-19 saat ini.

Kepala DPRKPLH Ciamis, Taufik Gumelar, mengatakan bank sampah merupakan salah satu inovasi untuk menangani sampah seluruh wilayah Kabupaten Ciamis. Juga sebagai cara membangun Ciamis ke arah yang lebih baik.

”Bank sampah salah satu inovasi yang terus kita kembangkan untuk tangani persampahan. Serta sebagai cara membangun Ciamis lebih baik lagi,” katanya, didampingi Kabid Keberhasihan, Giyatno.

Selain itu, bank sampah juga sebagai solusi menciptakan lapangan kerja baru saat masa pandemi Covid-19 dan menjadi peluang bagi semua pihak untuk menambah penghasilan.

Indikator Kemenangan Bank Sampah Ciamis Juara 1

Layaknya program tabungan, sampah yang telah terkumpul dapat mengkonversikan menjadi rupiah ketika warga menyetorkannya ke bank sampah.

Lebih lanjut Taufik menuturkan, ada beberapa poin yang menjadi indikator kemenangan Bank Sampah Ciamis dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Astra ini.

”Diantaranya sistem manajemen, sampah yang terkelola, dan stakeholder yang mendukung,” jelasnya.

Ia pun menyampaikan terima kasih atas bimbingan, petunjuk dan kebijakan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, sehingga inovasi pengelolaan sampah ini bisa berprestasi tingkat nasional.

Ia juga berterima kasih atas doa dan dukungan berbagai pihak, warga masyarakat tatar galuh.

”Berkat doa dan dukungannya, Bank Sampah Ciamis bisa menjadi juara 1 tingkat nasional Astra Award Competition,” ucapnya.

Taufik pun mengajak seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dan alam, serta memanfaatkan inovasi pengelolaan sampah melalui bank sampah dan magot.

”Mari kita sama – sama jadikan Ciamis menjadi kabupaten yang bersih dan bernilai. Kita jaga alam, alam jaga kita,” pungkasnya. (GaluhID/Evi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
279PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan