Selasa, 1 Desember 2020
Selasa, 1 Desember 2020
 
 

Bantuan UMKM Diperpanjang, Pemohon NIB di Dinas DPMPTSP Ciamis Meningkat

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Adanya perpanjangan waktu pendataan program bantuan bagi UMKM berdampak pada pelayanan perijinan di DPMPTSP Ciamis, terutama pada jumlah pemohon NIB.

Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Ciamis, Hj. Tejaningsih SE MM, mengatakan jumlah permohonan NIB dari pelaku UKM meningkat.

Hal ini dikarenakan Nomor Induk Berusaha (NIB) tersebut merupakan salah satu persyaratan yang harus ditempuh pelaku usaha kecil untuk mendapatkan bantuan.

”Permohonan NIB yang dibuat melalui OSS meningkat. Karena NIB merupakan salah satu persyaratan untuk menempuh program bantuan,” katanya, Selasa (20/10/2020).

Sebagaimana diketahui, bantuan usaha bagi pelaku usaha mikro ini adalah salah satu bagian dari program pemerintah untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Para pelaku usaha kecil bisa mendapatkan BLT UMKM Rp 2,4 juta dari pemerintah pusat. Dana bantuan itu nantinya akan ditransfer melalui rekening pemilik usaha.

Untuk mendapatkan BLT atau Banpres Produktif Usaha Mikro ini, masyarakat dapat mendaftar melalui Dinas Koperasi dan UMKM daerah sesuai domisili.

Pemohon NIB di Ciamis Meningkat 150 Orang Per Hari

Syaratnya, pelaku usaha harus memiliki NIB dan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK). Bagi pelaku usaha yang belum punya, bisa membuatnya melalui Online Single Submission (OSS).

Tejaningsih menjelaskan, dalam seminggu ini DPMPTSP Kabupaten Ciamis telah melayani pemohon NIB dari pelaku UKM rata-rata mencapai 150 orang per hari.

Pelayanan dilakukan dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Antara lain wajib memakai masker, cuci tangan, cek suhu, dan jaga jarak.

”Dalam seminggu ini pemohon NIB rata-rata 150 orang per hari, pelayanan kita lakukan dengan tetap mengutamakan protokol pencegahan Covid-19,” jelasnya.

Tejaningsih berharap dengan banyaknya jumlah pemohon Nomor Induk Berusaha dari para pelaku usaha kecil ini dapat meningkatkan nilai investasi di kabupaten Ciamis.

Selain itu, adanya bantuan modal untuk UMKM diharapkan membangkitkan kembali pelaku usaha yang terdampak akibat Covid-19 sehingga usahanya bisa berjalan kembali.

”Banyaknya pemohon NIB di Ciamis diharapkan meningkatkan nilai investasi. Dan adanya bantuan UMKM membangkitkan kembali pelaku usaha yang terdampak Corona,” jelasnya. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

KLHK Dorong Pemda Bangun Pengelolaan Limbah Medis, Ini Respon DPRKPLH Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI mendorong pemda membangun tempat pengelolaan limbah medis atau Bahan Berbahaya dan...

DPMPTSP Ciamis Sosialisasikan Perizinan Melalui Sistem OSS

Berita Ciamis, galuh.id - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ciamis menggalakkan sosialisasi pelayanan perizinan melalui sistem OSS.

Bentuk Generasi Qurani, Bupati Ciamis Minta Peran MDTA Dioptimalkan

Berita Ciamis, galuh.id - Untuk membentuk generasi qurani dan rabbani, maka peran MDTA atau Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah harus terus dioptimalkan.

Temukan Kami

48,648FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

HP Samsung Galaxy A10s: Simak Spesifikasi, Harga, dan Kelebihannya

HP Samsung Galaxy A10s merupakan salah satu ponsel di jajaran galaxy A series dengan harga yang ekonomis. Bahkan juga dari situs resminya,...

Klasemen Liga Inggris: Tottenham Teratas, West Ham Naik Posisi Lima

Tottenham Hotspur mantap posisi puncak klasemen Liga Inggris, meski pada laga pekan ke-10 ini imbang Chelsea dengan skor 0-0.

Skutik Roda 3 Kymco Hadir dengan Fitur Serba Canggih

Skutik roda 3 Kymco hadir dengan tampilan yang unik dan berbeda dari produk- produk sebelumnya. Skutik roda 3 ini pun semakin menarik...

Kelebihan iPhone 12 Mini dengan Body Ramping, Ini Spesifikasinya!

Kelebihan iPhone 12 Mini menarik perhatian. iPhone 12 mini kini mulai unjuk gigi di pasaran tahun 2020. iPhone memang selalu menjadi trendsetter...

Profil Shoumaya Tazkiyyah, Pemain Sinetron Bawang Putih Berkulit Merah

Profil Shoumaya Tazkiyyah kini ramai jadi perbincangan. Ia adalah salah satu aktris yang berperan dalam sinetron berjudul Bawang Putih Berkulit Merah.