Minggu, 1 Agustus 2021
Minggu, 1 Agustus 2021
BJB

Asyiknya Rekreasi di Bendungan Manganti Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id – Bendungan Manganti merupakan bendungan sarana irigasi, juga pengendali banjir di wilayah kabupaten Ciamis. Bendungan yang selesai dibangun tahun 1987 ini, sangat bermanfaat, terutama pada musim kemarau.

Kebutuhan air di daerah irigasi Lakbok Selatan, Sidareja, dan Cihaur kerap merasakan manfaat dari bendungan ini.

Bendungan di bawah kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy tersebut, memenuhi kebutuhan air di daerah Lakbok bagian selatan, Sidareja, dan Cihaur. Bendungan tersebut dilengkapi pintu angkat kerangka, dengan sistem penggerak manual dan otomatis.

Bendungan Manganti Menjadi Tempat Rekreasi

Bendungan berlokasi di perbatasan kabupaten Cilacap dan kabupaten Ciamis tersebut, saat ini juga menjadi pilihan pilihan untuk tempat rekreasi.

Untuk warga Sidareja, Patimuan, Gandrungmangu, Kedungreja, Cipari, tempat ini tidak asing lagi. Masyarakat sekitar kerap menjadikan lokasi bendungan Manganti, sebagai lokasi untuk berakhir pekan.

Di lokasi sekitar bendungan, tersedia pedagang aneka kuliner, penjual mainan, asesoris. Dengan harga yang bervariatif dan terjangkau.

Pengunjung tidak dikhawatirkan dengan tarif masuk ke lokasi, pasalnya saat ini tempat wisata tersebut masih bebas untuk dikunjungi tanpa tarif masuk.

Area Selfie

Bendungan Manganti menjadi pilihan tepat bagi kawula muda, yang mempunyai hobi berfoto. Aliran air yang mengalir melalui bendungan tersebut, menyuguhkan keindahan bagi para pengunjung.

Beberapa taman di area bendungan, mempercantik tampilan hingga dapat menjadi objek sang fotografer.

Manganti Mulai Banyak Diminati

Saat ini lokasi bendungan Manganti, mampu menarik perhatian banyak masyarakat. Endah (22) warga kota Banjar, mengaku telah beberapa kali mengunjungi tempat tersebut.

Menurutnya tempat tersebut sangat nyaman untuk dikunjungi. Udaranya yang segar dan aliran air yang menyejukan, menjadi daya tarik tempat tersebut.

Endah berharap agar pemerintah setempat, dapat mengelola lokasi tersebut lebih baik lagi. Hingga tempat rekreasi tersebut dapat menyerap banyak tenaga kerja, dan menjadi tempat wisata yang menyerap pendapatan daerah.

Bendungan Manganti aman dikunjungi banyak orang, baik itu dewasa, remaja ataupun anak-anak. Pacsa hari raya Idul Fitri atau tahun baru, tempat ini menjadi tempat alternatif untuk liburan bareng keluarga. (GaluhID/Dodi)

Artikel Lainnya

Loading...

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan