Minggu, 26 September 2021
Minggu, 26 September 2021

Bersama Presiden Jokowi, Bupati Ciamis Peringati Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Berita Ciamis, galuh.id – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengikuti peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Upacara peringatan Harlah Pancasila berlangsung di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Selasa (1/6/2021).

Sedangkan pada waktu yang sama Bupati Ciamis melakukan upacara dengan Sekretaris Daerah, Tatang di Aula Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis.

Turut serta mendampingi Herdiat pada upacara peringatan Harlah Pancasila, unsur dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Ciamis.

Nampak pada upacara secara virtual tersebut inspektur upacara Presiden Republik Indonesia (RI) Jokowi mengenakan pakaian adat Kabupaten Tanah Bumbu.

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo memimpin langsung upacara secara virtual tersebut dari Istana Kepresidenan Bogor.

Dalam sambutannya Jokowi mengajak masyarakat menjadikan Pancasila sebagai pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeIndonesiaan.

“Saudara-saudara sebangsa dan seTanah Air menghadapi semua ini melakukan perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dengan cara-cara biasa,” jelasnya.

Jokowi juga menyampaikan memerlukan cara-cara baru yang luar biasa, dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4.0.

Tantangan Pancasila Tidak Semakin Ringan

Kemudian Jokowi juga mengingatkan, Pancasila dalam menghadapi tantangan pada era globalisasi saat ini tidak semakin ringan.

Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan antara warga negara.

Jokowi juga mengajak untuk mewaspadai meningkatnya rivalitas dan kompetisi, rivalitas nilai-nilai dan juga rivalitas antar ideology.

“kita harus waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antara nilai-nilai, dan rivalitas antar ideologi,” jelasnya.

Menurutnya, ideologi transnasional cenderung semakin meningkat, memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi.

Sehingga terjadinya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang juga mempengaruhi langkah kontestasi ideologi. Hal ini sehingga harus dapat beradaptasi dengan perkembangan tersebut.


Selain itu Jokowi juga mengingatkan tentang adanya kemudahan dalam berdialog dalam interaksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara.

“Ideologi-ideologi transnasional radikal akan menggunakan kemudahan-kemudahan tersebut untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia,” jelas Jokowi.

Mengakhiri sambutannya Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila.

“Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tutup Jokowi. (GaluhId/Ardiansyah)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
275PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan