Selasa, 11 Mei 2021
Selasa, 11 Mei 2021
BJB

Kapan BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 4 Cair, Ini Jadwalnya

spot_img

Untuk tahap 1 Kemenaker telah menyalurkan bantuan pada penerima sebanyak 2,5 juta pekerja yang lolos check list kelengkapan data.

Tahap 2 penerima bantuan bertambah menjadi 3,5 juta dari penerima yang telah diterima dan dicek kelengkapan datanya.

Sedangkan untuk bantuan tahap 3 Kemenaker menerima data dari BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 3 juta data penerima.

Sementara itu Ketua Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (Satgas PEN) Budi Gunadi menyampaikan target dan besarnya jumlah bantuan.

Menurut Budi, bantuan subsidi gaji akan disalurkan maksimal pada akhir September tahun ini, yang besarnya mencapai Rp. 8,8 triliun.

“Program bantuan subsidi gaji sekitar Rp8,8 triliun akan kita coba dorong agar bisa disalurkan di akhir September,” jelas Budi.

Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang diajukan oleh BPJS Ketenagakerjaan pada Tahun 2020 akan diberikan kepada 15.725.232 pekerja.

Belum Cair? Cek Persyaratannya

Jika masih ada yang belum menerima BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap 4, bisa jadi salah satunya karena tidak memenuhi syarat.

Selain itu, penerima bantuan untuk subsidi upah tersebut untuk Tahun 2020 dibatasi yaitu sebanyak 15.725.232 pekerja.

Bantuan ini tidak hanya diberikan pada pekerja swasta yang memenuhi persyaratan, namun diberikan juga pada guru honorer.

Selain guru honorer, bantuan ini diberikan pada tenaga sejenis pada sector pendidikan yang sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Berdasarkan informasi dari Kemenaker, untuk mendapatkan bantuan tersebut harus memenuhi persyatatan, diantaranya adalah Warga Negara Indonesia (WNI).

Kewarganegaraan tersebut dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan berstatus sebagai pekerja atau penerima upah/gaji.

Jika memang benar penerima adalah pekerja, dipastikan sebagai peserta aktif program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.

Pekerja tersebut data di BPJS Ketenagakerjaan sampai Juni 2020 menerima gaji atau upah kurang dari Rp. 5 juta.

Jadi bagi pekerja yang belum menerima BLT BPJS Ketenagakerjaan, salah satunya bisa cek persyaratan yang berlaku tersebut. (GaluhID/Ardiansyah)

 
 
Loading...

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,629FansSuka
244PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya