Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

BPJS Utang ke RSUD Ciamis, Rumah Sakit Disarankan Pinjam ke Bank

Ciamis, galuh.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan masih punya tunggakan pembayaran premi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciamis. Hal ini membuat pelayanan di rumah sakit plat merah itu hampir lumpuh.

Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kota Banjar Jayadi mengaku, BPJS Kesehatan mempunyai utang ke RSUD Ciamis. BPJS sudah menganjurkan agar RSUD Ciamis meminjam uang ke bank.

“Kita dari BPJS Kesehatan Kota Banjar sudah memberikan solusi kepada pihak RSUD Ciamis untuk menggunakan Supply Chain Financing (SCF) atau pinjaman ke Bank. Adapun untuk bunga pinjamannya, nanti pihak BPJS yang akan membayar,” kata Jayadi di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kota Banjar, Jumat (8/11/2019).

Dia mengatakan, rumah sakit yang lain sudah melakukan pinjaman atau menggunakan bantuan SCF lebih dahulu ketimbang RSUD Ciamis. Menurutnya, SCF merupakan jalan alternatif untuk menutupi masalah RSUD Ciamis akibat tunggakan BPJS Kesehatan. 

“Terkait dengan masalah tunggakan BPJS, pihak rumah sakit lain pun sudah menggunakan bantuan dari SCF sebagai jalan alternatif untuk menutupi masalah tunggakan tersebut, namun sejauh ini hanya rumah sakit Ciamis yang belum menggunakan jalan alternatif tersebut,” ujar Jayadi.

Dia mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan Direktur RSUD Ciamis, dr. Yoyo. Jayadi mendorong agar RSUD Ciamis segera membuat kebijakan menggunakan dana dari SCF.

“Kita sudah ketemu dengan Direktur RSUD Ciamis, supaya pihak RSUD Ciamis segera menggunakan dana dari SCF, dan sekarang program bantuan dana dari SCF itu lagi proses,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Ciamis Syarif Sutiarsa menyayangkan sikap BPJS Kesehatan yang telah menunggak utang ke RSUD Ciamis.

Syarif menegaskan, seharusnya yang melakukan pinjaman ke bank adalah BPJS Kesehatan untuk membayar utangnya ke RSUD Ciamis.

“Kan seharusnya yang punya utang pinjam dulu ke pihak lain untuk membayar utangnya. Bukan yang punya utang menyuruh yang diutanginya untuk meminjam uang, untuk menutupi kerugian yang dideritanya,” ujarnya.

Menurutnya, tunggakan BPJS Kesehatan ke RSUD Ciamis sekitar Rp 30 miliyar. Akibatnya, RSUD Ciamis hampir kolep. Pelayanan kepada masyarakat pun terhambat.

Dia berharap ada solusi yang lebih baik agar tidak memberatkan pihak RSUD Ciamis dan Pemerintah Daerah Ciamis.

“Kami ingin ada jalan yang terbaik untuk RSUD Ciamis. Jangan sampai kita dibebani terus utang,” kata Syarif. (GaluhID/Taz)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,360FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.