oleh

BPJS Utang ke RSUD Ciamis, Rumah Sakit Disarankan Pinjam ke Bank

 
 

Ciamis, galuh.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan masih punya tunggakan pembayaran premi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciamis. Hal ini membuat pelayanan di rumah sakit plat merah itu hampir lumpuh.

Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kota Banjar Jayadi mengaku, BPJS Kesehatan mempunyai utang ke RSUD Ciamis. BPJS sudah menganjurkan agar RSUD Ciamis meminjam uang ke bank.

“Kita dari BPJS Kesehatan Kota Banjar sudah memberikan solusi kepada pihak RSUD Ciamis untuk menggunakan Supply Chain Financing (SCF) atau pinjaman ke Bank. Adapun untuk bunga pinjamannya, nanti pihak BPJS yang akan membayar,” kata Jayadi di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kota Banjar, Jumat (8/11/2019).

Dia mengatakan, rumah sakit yang lain sudah melakukan pinjaman atau menggunakan bantuan SCF lebih dahulu ketimbang RSUD Ciamis. Menurutnya, SCF merupakan jalan alternatif untuk menutupi masalah RSUD Ciamis akibat tunggakan BPJS Kesehatan. 

“Terkait dengan masalah tunggakan BPJS, pihak rumah sakit lain pun sudah menggunakan bantuan dari SCF sebagai jalan alternatif untuk menutupi masalah tunggakan tersebut, namun sejauh ini hanya rumah sakit Ciamis yang belum menggunakan jalan alternatif tersebut,” ujar Jayadi.

Dia mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan Direktur RSUD Ciamis, dr. Yoyo. Jayadi mendorong agar RSUD Ciamis segera membuat kebijakan menggunakan dana dari SCF.

“Kita sudah ketemu dengan Direktur RSUD Ciamis, supaya pihak RSUD Ciamis segera menggunakan dana dari SCF, dan sekarang program bantuan dana dari SCF itu lagi proses,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Ciamis Syarif Sutiarsa menyayangkan sikap BPJS Kesehatan yang telah menunggak utang ke RSUD Ciamis.

Syarif menegaskan, seharusnya yang melakukan pinjaman ke bank adalah BPJS Kesehatan untuk membayar utangnya ke RSUD Ciamis.

“Kan seharusnya yang punya utang pinjam dulu ke pihak lain untuk membayar utangnya. Bukan yang punya utang menyuruh yang diutanginya untuk meminjam uang, untuk menutupi kerugian yang dideritanya,” ujarnya.

Menurutnya, tunggakan BPJS Kesehatan ke RSUD Ciamis sekitar Rp 30 miliyar. Akibatnya, RSUD Ciamis hampir kolep. Pelayanan kepada masyarakat pun terhambat.

Dia berharap ada solusi yang lebih baik agar tidak memberatkan pihak RSUD Ciamis dan Pemerintah Daerah Ciamis.

“Kami ingin ada jalan yang terbaik untuk RSUD Ciamis. Jangan sampai kita dibebani terus utang,” kata Syarif. (GaluhID/Taz)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA