Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Budayawan Banjar: Pernyataan Babe Saidi Membahayakan Generasi Muda

Berita Banjar, galuh.id – Budayawan Banjar, Ki Demang Wangsayfudin mengungkapkan ada upaya pembelokan sejarah Galuh yang dianggap akan membahayakan bagi para generasi muda.

“Kedah diguar sejarah Galuh. Margi pernyataan Babe Saidi pibahayaeun kangge nonoman kiwari. Harus ada pengungkapan sejarah Galuh. Karena pernyataan Ridwan Saidi itu bahaya bagi para generasi sekarang,” kata dia, Rabu (12/02/2020).

Menurut Ki Demang, pemerintah melalui Dinas Kebudayaan harus peka terhadap pernyataan tersebut. Pemahaman kesejarahan Galuh harus disampaikan melalui pendidikan sejarah di sekolah. Sehingga perlu adanya revitalisasi pendidikan sejarah Galuh yang disampaikan oleh guru pada muridnya.

“Dinas terkait harus mengundang seluruh guru se-Kota Banjar. Karena apabila bukan dinas yang mengundang peserta tidak maksimal, karena sasaran utama sejarah Galuh ini adalah siswa,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan penggiat budaya Kota Banjar, Syarif Hidayat. Menurut dia, statement Babe Saidi harus berdasarkan fakta sosial, juga fakta akademik. Jangan sampai pernyataan itu menjadi gaduh bagi warga tatar Galuh.

“Ini harus berdasarkan fakta akademik, bagaimana sejarah kerajaan Galuh itu disampaikan. Karena, ini menyangkut dari psikologi warga yang memang sudah merasa memiliki Galuh hingga ini menjadi spirit dalam tatanan struktur sosial,” ucap dia.

Syarif menegaskan dirinya mengundang secara terbuka kepada Babe Saidi untuk bisa datang ke tatar Galuh dan menjelaskan pernyataan bahwa kerajaan Galuh itu tidak ada.

“Mari kita duduk bersama, para pakar sejarah Galuh untuk bisa bertabayun meluruskan fakta sejarah berdasarkan akademik. Dan kami warga tatar Galuh mengundang kepada Babe Saidi untuk bisa datang dan menjelaskan statement yang disampaikan bahwa kerajaan Galuh itu tidak ada,” terang Syarif penggiat budayawan banjar. (GaluhID/Arul)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,361FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.

Harga HP Xiaomi Redmi Note 9, The Legend Continous

Harga HP Xiaomi Redmi Note 9 tentunya akan menjadi pertanyaan Anda yang ingin menggunakan smartphone ini.  Pihak Xiaomi juga bersiap untuk event...