Senin, 18 Januari 2021
Senin, 18 Januari 2021
 
 

Bupati Ciamis Kunjungi BNPB Perjuangkan Bantuan Korban Gempa 2017

Berita Ciamis, galuh.id – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya melakukan kunjungan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) guna membahas penanganan Covid-19 dan bantuan korban gempa 2017.

Kedatangan Bupati Ciamis yang didampingi Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) diterima langsung oleh Kepala BNPB Doni Monardo di ruang kerjanya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Herdiat menyampaikan progres penanganan COVID-19 di Kabupaten Ciamis dan menyampaikan kebutuhan penanganan COVID-19 di level Kabupaten.

Herdiat mengatakan, kondisi COVID-19 di Ciamis saat ini mengalami kenaikan. Keterbatasan alat PCR untuk mengetahui status positif atau negatifnya seseorang menjadi terkendala waktu.

”Kita pun membutuhkan peralatan taktis lainnya untuk membantu penanganan dan pencegahan COVID-19 di Ciamis,” ujar Herdiat.

Selain membahas penanganan Covid-19, Bupati Herdiat juga menyampaikan aspirasi masyarakat Ciamis. Hal itu terkait kejelasan bantuan korban gempa tahun 2017 yang belum cair sampai saat ini.

“Selain penanganan COVID-19, kita juga ingin mengonfirmasi terkait bantuan gempa 2017 yang sampai saat ini belum cair dan diterima oleh masyarakat,” ujarnya.

Terkait bantuan gempa 2017, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Mandoro menyarankan pemerintah kabupaten melengkapi usulan. Selain itu juga, pernyataan bencana untuk pengurusan pencairan bantuan.

Tindak Lanjut BNPB Untuk Bantuan Korban Gempa 2017

Doni mengatakan bahwa pihaknya menunggu data kelengkapan administrasi yang harus ditempuh oleh pemerintah kabupaten untuk menindaklanjuti permasalahan itu.

“Kita akan segera SPO dan diurus selanjutnya oleh Deputi III BNPB. Hal itu dalam penyelesaian terkait bantuan gempa yang dikonsulkan,” kata Doni Munardo.

Sebelumnya diberitakan, warga masyarakat Pamarican yang tergabung dalam Forum Peduli Gempa Pamarican (FPG-P) mempertanyakan dana bantuan bagi korban gempa tahun 2017.

FPG-P yang didampingi APDESI kemudian melakukan pertemuan dengan Wakil Bupati Ciamis di Kantor Setda Ciamis guna membahas hal tersebut.

Pasca pertemuan, Wabup Ciamis Yana D Putra mengatakan pemkab Ciamis akan berupaya dengan APBD-nya untuk memberikan bantuan sesuai dengan aturannya.

”Namun sebelum melakukannya, kita akan melihat sejauh mana kemampuan BNPB pusat untuk menyelesaikan terkait bantuan yang tak kunjung cair tersebut,” katanya.

Sementara perwakilan dari FPG-P Pujiono menegaskan bahwa pihaknya akan terus memperjuangkan. Tentunya agar hak korban korban gempa 2017 lalu mendapatkan bantuan. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Air Batu Sangkala Bolong Situs Ciluncat Ciamis Sembuhkan Penyakit

Berita Ciamis, galuh.id - Mata air Batu Sangkala Bolong yang berada di pesawahan lingkungan Situs Ciluncat Ciamis, punya khasiat menyembuhkan penyakit. Konon kabarnya, bermacam penyakit...

Peluang Ekonomi Ciamis Jadi Tuan Rumah Porprov Jabar 2022

Berita Ciamis, galuh.id - Penunjukan kabupaten Ciamis sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jabar 2022 menjadi peluang bagi masyarakat. Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan...

Forum Semua Bicara FKB Ciamis, Satukan Persepsi Demi Bangsa

Berita Ciamis, galuh.id - Forum Ketahanan Bangsa (FKB) Kabupaten Ciamis menggelar acara yang bertajuk Semua Bicara pada hari Kamis (14/1/2021). Kegiatan dalam forum tersebut dengan...

Temukan Kami

48,141FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya