Kamis, 9 Juli 2020
Kamis, 9 Juli 2020
 
 

Bupati Ciamis Serahkan Bantuan 500 Ribu Benih Ikan Untuk Perairan Umum

Berita Ciamis, galuh.id – Bupati Ciamis serahkan bantuan 500 ribu benih ikan untuk perairan umum, yang didapat dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Wilayah Selatan Provinsi Jabar.

Bantuan diberikan kepada UPTD Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis dan kelompok peternak ikan, di halaman Pendopo Ciamis, Kamis (25/6/2020).

Lima ratus ribu benih ikan ini berupa nila dan patin. Nantinya, akan digunakan untuk kegiatan restocking ikan di perairan umum.

”Tujuannya untuk meningkatkan ketahanan pangan dan peningkatan gizi masyarakat. Terutama yang berkaitan dengan konsumsi ikan,” kata Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya.

Hal itu sejalan dengan visi Ciamis. Yakni ”Mantapnya Kemandirian Ekonomi Sejahtera Untuk Semua”.

Herdiat juga menyampaikan terima kasih kepada Cabang DKP Wilayah Selatan Provinsi Jabar atas bantuan 500 ribu benih ikan yang diberikan.

“Sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi hasil tangkap ikan. Juga menjaga ekosistem ikan di perairan umum,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) kabupaten Ciamis Syarif Nurhidayat mengatakan, 500 ribu benih ikan akan ditebar di 24 perairan umum Ciamis.

Tujuannya, untuk menjadikan lumbung pangan hewani serta penambahan stok (restocking) dan ragam jenis ikan. Sehingga nantinya dapat dimanfaatkan masyarakat.

”Rencana lokasi restocking yakni di sungai, danau, waduk, cekdam rawa dan genangan air lainnya,” kata Syarif.

Untuk lokasi penebaran diantaranya, Cekdam Singapraya, Ciwaled, Situ Rancagede, Situ Cimonteng, Cekdam Jaha, Embung Werkit, Situ Lengkong, Situ Cimulya, Jati, Legokjeruk, Embung Desa Ciakar

Selain itu, di Cekdam Sukanagara, Cinangka, Situ Wangi, Situ Hiyang, Sungai Cilaku, Bantarasari, Ciawi, Rawa Pasung, Rawa Pasungsari, Situ Rancabungur, Ranca Bitu, Ciwahang dan Panyeuseuhan.

Pada kegiatan penyerahan benih ikan, juga dilakukan penyerahan paket hygeine dan sanitasi. Seperti wastafel portabel, sabun cuci tangan, desinfektan dan hand sanitizer.

Paket tersebut akan diserahkan kepada para pelaku usaha olahan, pedangan dan konsumen Pasar Manis serta pengelola pasar ternak Ciamis.

Penyerahan paket hygeine dan sanitasi itu bertujuan untuk pengendalian penyebaran virus Covid-19 di sektor usaha peternakan. (GaluhID/Evi/Riyan)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Peminat Membludak, SMAN 1 Ciamis Terima 408 Siswa Baru

Berita Ciamis, galuh.id - Pendaftar untuk menjadi siswa di SMAN 1 Ciamis membludak, namun SMAN 1 Ciamis terima 408 siswa baru.

TNI/Polri Panen Raya Ikan Gurame di Purwadadi Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Dandim 0613/Ciamis dan Kapolres Ciamis bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti panen raya ikan gurame, Selasa (7/7/2020).

Diduga Terjatuh dari Pohon Pinang, Warga Pamarican Ciamis Meninggal di Area Pemakaman

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang warga dari Dusun Angsara RT 28, RW 7, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, ditemukan meninggal di...

Temukan Kami

49,405FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

MTS Negeri 9 Ciamis Gelar Gebyar Olahraga Seni

Sindangkasih, galuh.id - MTS Negeri 9 Ciamis, menggelar acara Gebyar Olahraga Seni (GOS) yang dimulai sejak Selasa, 9 April 2019 dan berakhir...

Lingga Permana, TKI Asal Ciamis Jadi Pembalap Juara Dunia

Ciamis, galuh.id- Hidup adalah pilihan, dimana kita harus memilih salah satu keputusan. Seperti halnya yang dilakukan pria asal Lakbok Ciamis Jawa Barat...

Obyek Wisata di Pangandaran Dibuka Kembali 5 Juni 2020

Berita Pangandaran, galuh.id - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Pangandaran memutuskan akan kembali membuka obyek wisata di Pangandaran. Keputusan itu berdasarkan hasil kesepakatan pemkab...

Relawan Covid-19 Banjarsari Ciamis Gencar Berbagi dengan Warga

Berita Ciamis, galuh.id - Relawan Siaga Covid-19 Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis kian gencar memberikan berbagai bantuan kepada masyarakat dan pihak...

Dua Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN, Login www.pln.co.id atau WA 08122123123

Berita Nasional, galuh.id - Cara klaim token listrik gratis PLN bulan Juli 2020. Cara tersebut ada dua cara yang bisa pelanggan lakukan....