Ciamis, galuh.id – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya didampingi wakil bupati Yana D putra mendukung perubahan nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh.

Hal tersebut disampaikan di depan para seniman dan budayawan Ciamis dalam kegiatan silaturahmi dengan para seniman dan budayawan di Kantor Dinas Pariwisata, Kamis (18/7/2019).

Perubahan nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh juga didukung penuh oleh para seniman dan budayawan Ciamis.

Herdiat Sunarya mengatakan pihaknya akan melakukan pertemuan dengan para ulama dan para tokoh Ciamis untuk membahas terkait perubahan nama Ciamis menjadi Galuh.

“Setelah melakukan pertemuan dan didukung oleh para seniman dan budayawan, kita akan kembali melakukan pertemuan dengan para tokoh masyarakat dan ulama untuk kembali membahas terkait perubahan nama Ciamis menjadi Galuh,” ujar Bupati Herdiat.

Menurutnya, terkait perubahan nama Ciamis menjadi Galuh perlu proses kajian dan harus melalui mekanisme yang benar.

Dalam waktu dekat, kata Herdiat, para pejabat terkait dan akademisi akan melakukan pengkajian lebih lanjut.

“Kita akan melakukan pengkajian dengan pejabat terkait dan akademisi untuk merumuskan mekanisme serta cara untuk perubahan nama itu seperti apa,” ucapnya.

Herdiat sempat bercerita momen ketika bertemu dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Ciamis. Menurut Herdiat, Ridwan Kamil sangat mendukung perubahan nama Ciamis menjadi Galuh.

“Ketika saya bertemu dengan Pak Ridwan Kamil saat kunjungan kerjanya di Ciamis, sempat ngobrol terkait perubahan nama dari Ciamis menjadi Galuh beliau (Gubernur) sangat mendukung sekali,” katanya.

Lanjut Herdiat, kajian yang akan dilakukan pun bukan hanya pergantian nama Ciamis menjadi Galuh namun seperti jargon, nama alun-alun, nama jalan serta wisata budaya, sejarah maupun religi harus bernuansa Kegaluhan.

“Kajian ini akan dilakukan secara menyeluruh bukan hanya pergantian nama, namun seperti tempat-tempat wisata budaya, sejarah dan religi bahkan jalan pun harus bernuansa Galuh. Sehingga ketika berganti nama Ciamis ke Galuh, nuansa Kegaluhan itu akan muncul secara sendirinya,” pungkasnya. (galuh.id/Arul)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini