Senin, 19 April 2021
Senin, 19 April 2021
BJB

Cara Cek Lolos Kartu Prakerja Gelombang 13, Perhatikan Ini!

Cara cek lolos Kartu Prakerja gelombang 13 bisa Anda lakukan dengan mudah lewat SMS atau website www.prakerja.go.id.

Pendaftaran untuk Kartu Prakerja gelombang 13 sendiri telah resmi ditutup pada Minggu, 7 Maret 2021 pukul 12.00 WIB.

Head of Communication Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu menyampaikan hasil seleksi baru akan diumumkan pada tanggal 10 Maret 2021.

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Sedang Dievaluasi, Apakah Lolos?

Luisa menegaskan jika sistem seleksi yang digunakan dalam Kartu Prakerja gelombang 13 ini bukanlah siapa yang paling cepat mendaftar yang akan lolos.

Akan tetapi, peserta yang lolos seleksi merupakan hasil pemilihan dari sistem pasca penutupan gelombang pendaftaran.

“Proses seleksi Kartu Prakerja oleh sistem setelah penutupan gelombang, jadi tidak berdasarkan siapa cepat dia dapat” ucap Louisa.

Cara Cek Lolos Kartu Prakerja Gelombang 13

Pengumuman penutupan pendaftaran gelombang 13 juga tersampaikan langsung oleh pihak Prakerja melalui akun Instagram @prakerja.go.id.

Melalui akun tersebut, mereka menyampaikan jika para peserta yang lolos tinggal menunggu pemberitahuan dari pihak manajemen melalui SMS.

Untuk itu, pastikan nomor yang terdaftar pada akun Prakerja merupakan nomor yang masih Anda pakai atau aktif.

Pihak Prakerja juga menghimbau kepada para calon peserta untuk tidak mengganti nomor HP dalam periode seperti ini.

Nantinya SMS tersebut akan berisi ucapan selamat kepada peserta karena telah lolos dalam program Kartu Prakerja gelombang 13.

Sedangkan bagi para calon peserta yang tidak lolos tentu tidak akan mendapatkan SMS pemberitahuan dari pihak manjemen.

Meski begitu, cara cek lolos Kartu Prakerja gelombang 13 juga bisa calon peserta lakukan melalui laman website www.prakerja.go.id.

Nantinya, Anda tinggal login menggunakan akun Kartu Prakerja dan cek pada dashboard akun. Apabila lolos seleksi nantinya akan muncul nomor Kartu Prakerja, status saldo, serta nomor e-wallet.

Sebaliknya, bagi yang tidak lolos akan mendapatkan pemberitahuan pada dashboard akun Kartu Prakerja berupa tulisan “Kamu Belum Berhasil”.

Bagi yang tidak lolos tidak perlu khawatir karena masih bisa mendaftar pada gelombang berikutnya atau Kartu Prakerja gelombang 14.

Hal yang Bisa Peserta Lakukan Setelah Lolos Kartu Prakerja Gelombang 13

Setelah Anda lolos dalam hasil seleksi pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13, ada beberapa rangkaian kegiatan yang harus Anda lalui sebelum mendapatkan bantuan.

Pertama, para peserta akan mendapatkan dana insentif pelatihan senilai Rp 1 juta. Dana ini tidak bisa cair dan harus anda gunakan untuk membeli pelatihan yang tersedia.

Adapun beberapa platform yang pemerintah sediakan seperti Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pijar, Majir, Sekolahmu, Sisnaker, dan Tokopedia.

Dana ini wajib Anda gunakan untuk membeli pelatihan dalam batas waktu hingga 30 hari. Jika tidak status kepesertaan akan tercabut secara otomatis oleh sistem.

Kedua, Anda tinggal mengikuti pelatihan selama 30 hari dan menjawab berbagai tes yang muncul setelah pelatihan usai.

Setelah melaksanakan pelatihan, sistem akan memberikan sertifikat sebagai bukti jika sudah menyelesaikan tahap pelatihan.

Ketiga, usai pelatihan Anda akan mendapatkan dana insentif bulanan senilai Rp 2,4 juta yang akan terbagi dalam empat bulan atau sebesar Rp 600 ribu per bulannya.

Dana ini bisa Anda cairkan melalui rekening bank atau e-wallet yang terdaftar dalam akun Kartu Prakerja.

Tidak hanya itu, nantinya terdapat juga dana insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50.000. Anda hanya perlu mengisi survei dengan jujur dan nantinya dana akan masuk kedalam saldo Kartu Prakerja.

Sebagai informasi, survei ini akan berlangsung selama tiga kali sehingga para peserta bisa mendapatkan dana tambahan sebesar Rp 150.000.

Meski begitu, Anda perlu memastikan terlebih dahulu apakah sudah lolos dalam seleksi Kartu Prakerja gelombang 13 atau belum.

Mengingat saat ini Pihak Prakerja hanya membatasi maksimal 2 anggota keluarga dalam satu Kartu Keluarga yang bisa mengikuti Program Kartu Prakerja.

Demikian cara cek lolos Kartu Prakerja gelombang 13 yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat. (GaluhID/Hega)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,721FansSuka
242PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya