Rabu, 30 September 2020
Rabu, 30 September 2020
 
 

Cara Menebalkan Rambut dengan Bahan Alami, Shampoo, dan Produk Lainnya

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara menebalkan rambut, simak artikel ini hingga tuntas, ya!

Pada dasarnya, untuk membuat rambut panjang dan lebat bisa digunakan dengan banyak cara. Baik itu secara alami dengan memanfaatkan bahan-bahan tradisional, atau memilih shampoo dan perawatan yang tepat.

Rambut tebal terlihat lebih sehat dan indah. Oleh karena itu, banyak orang terutama wanita ingin membuat rambutnya menjadi tebal. Masalahnya tidak semua orang terlahir dengan rambut tebal. Sebagian ada yang berambut tipis dan cenderung mudah lepek.

Bagaimana jika rambut lepek, bisakah rambut dibuat menjadi tebal? Tentu bisa, dengan mengikuti kiat-kiat di bawah ini!

Hal pertama yang harus Anda lakukan terlebih dulu, adalah mengenali jenis rambut.

Belah rambut menjadi dua bagian, perhatikan akar-akar rambut. Jika kulit kepala hampir tertutupi oleh helaian-helaian rambut, maka Anda memiliki rambut yang tergolong tebal. Sedangkan jika kulit kepala terlihat, maka rambut Anda tergolong tipis.

Cara Menebalkan Rambut

Ada banyak alasan kenapa orang ingin menebalkan rambut. Sebelum membahas bagaimana caranya, ada baiknya mengetahui alasan perlunya rambut tebal. Berikut penjelasannya:

  • Rambut tebal terlihat lebih mengembang, bergelombang, dan menarik.
  • Masalah kerontokan yang membuat rambut semakin tipis, sehingga orang cenderung ingin rambut jadi lebih tebal.
  • Rambut tebal merupakan salah satu ciri kulit kepala yang sehat.
  • Rambut tebal memberikan hasil mengagumkan ketika ditata dalam berbagai sanggul, karena sanggul adalah simbol wanita Indonesia.

Untuk yang memiliki rambut tipis secara genetik, bukan berarti rambut tidak bagus. Hanya saja rambut tebal diinginkan oleh sebagian orang. Maka dari itu kami kemukakan tips agar rambut menjadi lebih tebal.

Sama seperti tutorial memutihkan kulit, bukan berarti cantik itu harus selalu berkulit putih. Cantik juga bisa dikatakan untuk kulit coklat sawo matang. Namun, sebagian orang lebih suka kulit putih sehingga mencari kiat-kiat di internet.

Setelah mengetahui jenis rambut, tahap selanjutnya Anda perlu memahami kondisi rambut. Silakan skip bagian ini jika Anda sudah mengetahui masalah rambut dan ingin langsung ke cara menebalkan rambut.

Masalah-masalah Pada Rambut

Ada banyak masalah pada rambut yang sangat mengganggu, Anda pasti pernah mengalaminya.

Kerontokan

Hampir setiap orang pernah mengalami masalah kerontokan pada rambut. Umumnya disebabkan oleh genetik, stress, atau makanan tertentu. Jika rambut sedang mengalami kerontokan, Anda perlu memilih hati-hati dalam menebalkan rambut supaya kerontokan tidak bertambah parah.

Ketombe

Ini biasanya terjadi pada kulit kepala yang cenderung mudah berminyak. Anda yang sering berkeringat juga rentan mengalami gatal akibat ketombe. Oleh karena itu saat memilih bahan atau produk untuk menebalkan rambut, pastikan produk tersebut bisa mencegah kelebihan minyak di kulit kepala.

Rapuh dan Bercabang

Kondisi rambut yang rapuh dan bercabang dialami oleh orang yang sering melakukan penataan. Penggunaan hair dryer, catokan, dan mewarnai dapat merusak rambut jika tidak dilakukan dengan cara tepat. Jika ingin menebalkan rambut, disarankan rawat terlebih dulu sampai kembali ke kondisi normal.

Kering dan Kusam

Rambut kering dan kusam merupakan salah satu masalah yang disebabkan oleh kurangnya nutrisi pada rambut.

langkah terbaik untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa produk atau bahan alami yang dikhususkan untuk menjaga kelembaban pada folikel rambut supaya rambut tidak kekeringan dan kusam.

Untuk menjaga kelembaban rambut kamu bisa menggunakan minyak almond, minyak kelapa atau jojoba yang kaya vitamin E dan antioksidan sehingga kelembaban setiap helai rmbut terjaga sepanjang waktu.

Cara Menebalkan Rambut Menggunakan Bahan Alami yang Mudah Didapat

Sejak jaman dulu telah tersedia bahan-bahan tradisional yang bisa digunakan pada rambut. Beberapa di antaranya memiliki khasiat membuat rambut lebih tebal dan subur. Pemilihan bahan-bahan yang tepat tak hanya menambah volume tapi juga sekaligus mengatasi masalah tertentu.

Lidah Buaya

Lidah buaya atau juga disebut aloe vera ini mudah ditemukan. Tanaman ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit, sehingga Anda bisa menanam sendiri.

Aloe vera mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan zinc yang bisa merangsang pertumbuhan rambut. Dengan mengoleskan aloe vera gel secara rutin ke kulit kepala, aliran darah menjadi lebih lancar dan pertumbuhan rambut terangsang.

Cara membuat aloe vera gel untuk perawatan rambut:

  • Potong lidah buaya di pangkal, buang kulitnya.
  • Kumpulkan gel menggunakan sendok.
  • Simpan di dalam toples, agar bertahan lebih lama, masukkan ke dalam lemari es.
  • Anda bisa mengoleskan lidah buaya seperti biaya ke kulit kepala hingga ujung rambut.
  • Lakukan setiap sebelum keramas.

Manfaat lain dari lidah buaya bisa menghilangkan gatal-gatal akibat ketombe. Sehingga Anda yang punya masalah dengan ketombe, tak ada salahnya mencoba cara ini. Mengingat lidah buaya tergolong murah dan ada dimana-mana.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau olive oil merupakan solusi tepat untuk menebalkan rambut, selain mudah didapat harganya pun cukup terjangkau.

Minyak zaitun berkisar dari harga 15.000 hingga 100 ribuan, cukup setara dengan manfaatnya yang banyak. Selain menebalkan rambut minyak zaitun juga mampu mengatasi rambut kusam, bercabang hingga rambut rontok.

Cara membuat minyak zaitun:

  • Siapkan buah zaitun yang sudah dicuci bersih, sebaiknya gunakan buah zaitun yang sudah matang. Sehingga hasil akhirnya minyak zaitun berwarna kuning keemasan.
  • Hancurkan buah zaitun hingga berbentuk pasta
  • Tambahkan air dengan perbandingan 2-3 sendok makan air panas pada setiap 250ml pasta zaitun
  • Blender pasta zaitun dengan air tersebut hingga menghasilkan minyak ke permukaan
  • Aduk beberapa menit menggunakan sendok
  • Tutup wadah berisi campuran minyak zaitun dan air tersebut menggunakan tisu dan diamkan selama 5-10 menit
  • Balut campuran bahan tersebut menggunakan kain mesh agar minyak zaitun tersaring
  • Letakkan pemberat diatas balutan extrak zaitun tadi, tekan dengan tangan setiap 5 menit sekali agar proses extrak lebih cepat
  • Sedot minyak dari hasil extrak buah zaitun menggunakan pipet atau suntikan
  • Simpan minyak zaitun pada botol, minyak zaitun siap digunakan untuk rambut.

Buah zaitun memang cukup sulit didapatkan, kamu bisa mencarinya ke pasar bahan makanan organik. Atau bisa membelinya secara online, gunakan buah zaitun segar dalam proses ini jika memungkinkan gunakan buah zaitun yang baru dipanen.

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang baik untuk membantu menebalkan rambut, menjaga kesehatan kulit kepala serta membuat rambut lebih berkilau. Buah alpukat sangat mudah didapatkan, sehingga kamu tidak perlu susah mencarinya.

Caranya pun lebih mudah yaitu dengan memblender alpukat dan aplikasikan pada rambut sebagai conditioner alami, kamu juga bisa mencampurnya dengan bahan lain agar hasilnya lebih bagus.

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menebalkan rambut dengan alpukat:

  • Campur 1 buah alpukat dengan 1 buah pisang
  • Lumat atau blender kedua bahan tersebut
  • Tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun
  • Pijatkan pada kulit kepala dan diamkan selama kurang lebih 30 menit Bilas hingga bersih

Alpukat mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk memelihara kesehatan rambut, terutama vitamin E yang dapat menyehatkan setiap batang helai rambut.

Castor Oil (Minyak jarak)

Sudah tak asing lagi bahwa minyak kastor sangat baik untuk memelihara kesehatan rambut terutama untuk menebalkan rambut. Cara membuat minyak kastor atau minyak jarak ini pun lebih mudah dibanding membuat minyak zaitun, 3 kilo biji jarak bisa menghasilkan 1 liter minyak jarak

Berikut cara membuat minyak kastor:

  • Jemur biji jarak selama kurang lebih 2 hari
  • Pisahkan biji jarak dari kulitnya
  • Giling biji jarak dan peras hingga menghasilkan minyak jarak

Untuk penggunaannya Anda bisa panaskan minyak kastor dan minyak kelapa dengan perbandingan sama, supaya tidak terlalu kental. Oleskan dan pijat pada kulit kepala dan setiap helai rambut, bungkus rambut dengan handuk yang sudah di uap air panas tunggu sekitar 1 jam dan cuci rambut seperti biasa.

Anda bisa melakukan hal tersebut seminggu sekali untuk hasil yang bagus pada rambut. Cara menebalkan rambut dengan bahan-bahan alami membutuhkan kesediaan untuk mengolah. Jika Anda menginginkan produk yang sudah jadi, kami merekomendasikan produk-produk berikut.

Cara Menebalkan Rambut dengan Shampo

Shampo adalah produk yang kita butuhkan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Beberapa merk shampo juga bisa memberi manfaat tambahan menebalkan rambut. Berikut ini adalah merk shampo yang kami sarankan.

Dove Thickening Ritual Shampoo

Shampoo dari Dove ini dapat menebalkan rambut dari akar sampai ke ujung, sehingga rambut jadi lebih mengembang. Kandungan utamanya adalah perpaduan lavender dan rosemary yang terinspirasi dari wanita Prancis. Dengan menggunakan Dove Thickening Ritual Shampoo, rambut menjadi lebih ternutrisi.

Selain itu juga tersedia Dove Growth Ritual Shampoo untuk memperbaiki kerusakan pada rambut. Rambut yang rusak seperti rapuh, kering, dan bercabang bisa menggunakan varian ini agar lebih tebal dan panjang.

Clear Hijab Pure Anti Ketombe + Anti Lepek

Bagi Anda yang sering menggunakan hijab, pasti masalah ketombe dan lepek sering ditemui. Formula Anti Dandruff Technology menghilangkan ketombe, dilengkapi gabungan pure mint dan micellar water agar rambut tidak lepek.

Bagi Anda yang selalu mengalami rambut lepek, maka Clear Hijab Pure Anti Ketombe + Anti Lepek adalah solusinya. Kenyamanan kulit kepala saat berhijab menjadi pertimbangan utama. Maka dari itu, shampo ini terjamin 100% halal bebas alkohol.

Sariayu Shampo Lidah Buaya

Bagi Anda yang memiliki alergi pada getah dari tanaman lidah buaya, maka Anda bisa menggunakan produk ini sebagai alternatif. Sariayu Shampo Lidah Buaya terbuat dari ekstrak lidah buaya asli, sehingga lebih praktis.

Mengandung Aloin, Karoten, dan vitamin C yang dapat menutrisi rambut. Aman digunakan setiap hari. Untuk mendapatkan hasil lebih memuaskan, gunakan bersama Mayang Sari Pelembut Rambut.

Makarizo Hair Energy Conditioning Shampo

Untuk Anda yang menginginkan rambut tebal dan lembut, maka Anda perlu mencoba Makarizo Hair Energy Conditioning Shampo. Extract Royal Jelly yang terkandung di dalamnya dapat memperbaiki rambut rusak.

Shampo dari Makarizo ini sangat dianjurkan untuk rambut yang diwarnai. Karena rambut yang diwarnai cenderung mudah kering dan kusut. Keunggulan shampo ini sudah mengandung conditioner sehingga bisa dibilang 2 in 1.

Cara Menebalkan Rambut dengan Perawatan Tambahan

Tips yang terakhir ini adalah pelengkap yang bersifat opsional. Jika setelah mencoba cara-cara di atas rambut masih saja lepek, maka tandanya perlu menambah produk perawatan di bawah ini.

Hair Tonic

Hair Tonic dibutuhkan ketika masalah pada rambut tidak kunjung selesai. Terutama untuk rambut yang menggunakan hair dryer dan catokan terlalu sering, akan cenderung mudah patah dan rontok.

Penggunaan hair tonic digunakan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat perlahan agar kandungan nutrisinya menyerap. Dengan menggunakan hair tonic, pertumbuhan rambut dapat terangsang.

Rekomendasi hair tonic terbaik yang bisa menebalkan rambut adalah Johnny Andrean. Produk hair tonic dari profesional hair stylist ini dapat membuat rambut tipis menjadi tebal dan subur.

Hair Vitamin

Dibanding hair tonic, produk hair vitamin umumnya memiliki tekstur lebih kental. Namun, penggunaan hair vitamin lebih difokuskan pada batang rambut. Produk hair vitamin terbaik yang kami rekomendasikan adalah L’Oreal Elvive Xtraordinary Oil.

Dengan menggunakan hair vitamin, rambut dapat tumbuh panjang dan berkilau. L’Oreal Elvive Xtraordinary Oil mengandung ekstrak bunga langka yaitu lotus, camomile, mawar, tiare, linseed dan kacang kedelai. Membantu menutrisi rambut secara intensif.

Hair Mask

Tak hanya wajah yang memerlukan masker, ternyata rambut juga. Penggunaan hair mask dapat dilakukan sendiri di rumah atau pergi salon jika Anda punya banyak waktu. Untuk harga pun bervariatif, tersedia kemasan sachet berkisar 5.000 hingga 15.000 tergantung merk.

Hair mask digunakan pada rambut setelah keramas. Utamakan dalam kondisi rambut setengah kering. Teksturnya hampir menyerupai cream tetapi lebih encer. Anda bisa memulai dari kulit kepala, kemudian lanjut ke seluruh rambut hingga ujung. Didiamkan selama 5 menit dan bilas hingga bersih.

Rekomendasi terbaik yang bisa Anda coba adalah Rudy Hadisuwarno Hair Loss Defense Hair Mask. Kandungan utamanya adalah ekstrak ginseng yang mengatasi kerontokan. Tak hanya itu, hair mask ini dapat membuat rambut jadi lebih panjang dan tebal.

Tips yang Perlu Dilakukan untuk Merawat Rambut Tebal

Agar rambut tidak mudah rusak, rambut tebal harus diperlakukan dengan benar. Beberapa tips sederhana ini bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan rambut tebal dalam rutinitas sehari-hari.

Hati-hati dalam memilih perawatan rambut.

Baik perawatan alami maupun produk kemasan, keduanya membutuhkan pertimbangan yang matang. Sesuaikan dengan kebutuhan rambut agar mendapat hasil yang cepat.

Memilih shampo dan conditioner yang tepat bisa menebalkan rambut sekaligus menyehatkannya.

Keringkan rambut dengan cara yang benar!

Seringkali kita menggosok-gosokkan handuk ke rambut setelah keramas, Padahal, cara ini justru tidak baik bagi rambut karena memicu kerusakan. Sebaiknya gunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk perlahan, agar air pada rambut dapat terserap.

Batasi penggunaan hair tool.

Hair dryer dan catokan terkadang dianggap sebagai musuh bagi rambut. Padahal, jika digunakan dengan benar kerusakan pada rambut bisa diminimalisir.

Gunakan hair dryer dengan panas minimum ke arah akar hingga setengah kering. Sisanya biarkan kering secara alami.

Jika Anda ingin menggunakan catokan rambut, pastikan Anda sudah menggunakan hair vitamin terlebih dulu! Penggunaan hair vitamin berfungsi melindungi rambut dari efek panas catokan.

Pilih sisir bergigi jarang.

Rambut tebal tidak cocok menggunakan sisir bergigi rapat. Oleh karena itu, rambut tebal harus memakai sisir bergigi jarang agar lebih nyaman. Pastikan sisir yang Anda pilih juga berbahan kokoh agar tidak mudah patah saat menyisir rambut.

Setelah mengetahui cara menebalkan rambut dengan bahan alami, shampo dan produk perawatan lainnya, manakah yang paling cocok untuk Anda? Silahkan disesuaikan dengan budget Anda. Karena rambut adalah mahkota bagi setiap wanita, tak ada salahnya menyisihkan budget lebih untuk hasil sempurna. (GaluhID/Elsa)

Loading...

Artikel Terkait

Rahasia Cantik Chelsea Islan, Perawatannya Pakai Bahan Ini!

Rahasia Cantik Chelsea Islan tentunya menjadi pertanyaan banyak kaum hawa. Mungkin beberapa persepsi lain memiliki pandangan bahwa dia memang sudah cantik dari...

Manfaat Toner Air Mawar, Wajah Cantik dan Terawat

Manfaat toner air mawar bagi wajah cukup banyak dan harganya terjangkau. Produk kecantikan yang terbuat dari sari-sari kelopak bunga mawar asli ini...

Menjaga Mata Tetap Sehat, Konsumsi Makanan Ini

Menjaga mata tetap sehat perlu dilakukan agar penglihatan terhindar dari rabun jauh dan rabun dekat. Jika mata menjadi rabun, maka Anda perlu...

Temukan Kami

48,723FansSuka
189PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Pemkab Ciamis Menata Pelembagaan dan SOTK Perangkat Daerah

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Ciamis menggelar kegiatan penataan pelembagaan dan Struktur Organisasi dan Tata Kerja atau SOTK Perangkat Daerah...

Liga 1 dan Liga 2 Ditunda Sampai November 2020

Berita Olahraga, galuh.id - PSSI telah mengumumkan kalau kompetisi Liga 1 dan Liga 2 ditunda hingga bulan November 2020. Hal ini dikarenakan...

Update Level Kewaspadaan Covid-19, 5 Daerah di Jabar Masuk Zona Merah

Berita Jabar, galuh.id – Sebanyak 5 daerah di Jabar masuk zona merah. Hal itu disampaikan Gubernur Jabar sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan...

Tanaman Janda Bolong Termahal, Bagaimana Cara Merawatnya?

Tanaman Janda Bolong termahal ini sedang dibicarakan oleh banyak orang. Pada media sosial, sejumlah netizen tak henti membagikan foto Janda Bolong melalui...

Kepesertaan Prakerja Dicabut, Masih Bolehkah Daftar?

Jika kepesertaan Prakerja dicabut, masih bolehkah mendaftar lagi? Ini menjadi pertanyaan banyak orang. Apalagi Manajemen Kartu Prakerja menyatakan gelombang...