Rabu, 27 Januari 2021
Rabu, 27 Januari 2021
 
 

Cara Merawat Rambut Bercabang agar Lembut dan Halus

Cara merawat rambut bercabang bisa dilakukan dengan alami dan sederhana. Kondisi rambut bercabang ditandai dengan bagian ujung yang terbelah dua atau lebih. Rambut bercabang cenderung mudah kusut dan kasar.

Seringkali masalah rambut bercabang dibarengi dengan masalah lain, seperti kekeringan, patah, dan mudah rontok. Sebagian orang ada juga yang mengalami kulit kepala berminyak dan ujung rambut bercabang sekaligus.

Baca Juga: Rambut Bercabang? Begini Cara Mengatasinya!

Cara Merawat Rambut Bercabang dengan Alami dan Aman

Langkah paling cepat merawat rambut bercabang adalah dengan memotong ujung rambut secara rutin. Misalnya potong 1 inchi setiap sebulan sekali, atau 6 bulan sekali. Dengan memotong ujung rambut secara berkala, rambut bisa tumbuh lebih kuat.

Jika Anda tak bisa memotongnya sendiri, mintalah bantuan orang rumah atau pergi ke salon. Professional hair stylist biasanya merekomendasikan model rambut terbaru yang sedang tren, jadi Anda bisa mencoba berbagai gaya rambut sembari membuang bagian ujung yang sudah rusak.

Setelah memotong bagian ujung rambut, pastikan Anda merawat rambut dengan benar! Karena jika tidak dirawat dengan baik, masalah rambut bercabang akan kembali terulang.

Gunakan Sampo Organik atau Tradisional

Cara merawat rambut bercabang selanjutnya beralih ke shampo organik atau natural shampoo. Shampoo adalah produk pencuci rambut yang bisa membuat kulit kepala lebih bersih, sehat, dan nyaman

Namun, sampo yang beredar di pasaran menggunakan surfaktan yang terlalu kuat dan membuat rambut kehilangan minyak alami. Kondisi ini menyebabkan rambut cenderung mudah kusut. Itulah sebabnya mengapa kita butuh conditioner.

Keunggulan shampo organik ini menggunakan surfaktan ringan agar tidak menghilangkan minyak alami rambut. Sehingga rambut tidak akan mudah kusut, otomatis kita pun tidak memerlukan conditioner lagi beserta dengan botol plastiknya yang menambah sampah.

Cara merawat rambut bercabang dengan shampo organik dikemas dalam bentuk batangan. Seiring perkembangan zaman, banyak produsen yang mengemas sampo organik dalam bentuk cairan. Sulit membedakan shampo organik dengan sampo biasa selain dari harganya yang lebih mahal.

Beberapa brand yang memproduksi sampo organik diantaranya: Sensatia Botanicals Balancing Shampoo, Petal Fresh Hair Resq Thickening Shampoo Oil Control, dan The Body Shop Rainforest Moisture Shampoo. Untuk harga berkisar 80.000 hingga 300.000 rupiah per botol.

Hati-Hati dalam Menyisir Rambut

Saat rambut sedang basah, sebaiknya tidak buru-buru menyisir rambut. Biasanya orang suka menggosok-gosokkan handuk pada rambut basah dengan tujuan cepat kering, padahal cara ini bisa memicu rambut rontok dan bercabang.

Cara merawat rambut bercabang harus menggunakan sisir yang kuat namun berbahan halus. Jika sisir yang Anda miliki sudah patah-patah sebagian atau memiliki ujung yang bisa menyakiti kulit kepala, sebaiknya jangan digunakan.

Waktu paling tepat untuk menyisir rambut adalah ketika setengah kering. Karena jika sudah benar-benar, nanti rambut sudah terlanjur kusut dan lebih sulit ditata. Sisir rambut dengan hati-hati, jangan menggunakan terlalu banyak tenaga.

Saat rambut berada dalam kondisi setengah kering, akan lebih mudah bagi Anda dalam menata rambut. Meskipun nantinya berantakan lagi, minimal sudah ditata rapi dengan cara merawat rambut bercabang.

Melindungi Rambut dari Sinar Matahari

Tak hanya kulit yang perlu dilindungi dari sinar matahari, rambut juga perlu. Paparan sinar matahari langsung dapat membuat rambut kering dan rusak. Disarankan menutupi rambut dengan topi atau hijab.

Menggunakan minyak rambut sebelum terkena sinar matahari juga bisa jadi salah satu cara merawat rambut bercabang. Minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak kastor merupakan jenis minyak rambut yang -paling umum digunakan.

Baca Juga: Penyebab Rambut Bercabang, Hindari Kebiasaan Ini

Minyak rambut bisa melindungi rambut dari bahaya sinar matahari atau dari panas yang diakibatkan oleh pengering rambut dan catokan. Pastikan Anda menggunakan pengering dengan cara yang benar, agar tidak terjadi kerontokan.

Menggunakan catok atau hair styling sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, yaitu saat hendak menghadiri acara istimewa saja. Karena jika terlalu sering bisa memperparah kerusakan rambut.

Cara merawat rambut bercabang dengan bahan alami sebenarnya tidak terlalu sulit. Tetapi, memang sampo organik dan minyak rambut hanya bisa dibeli secara online. Manfaatkan teknologi untuk membeli kebutuhan. (GaluhID/Elsa)

Loading...

Artikel Terkait

Obat Herbal Untuk Mengatasi Asam Lambung, Mudah Anda Dapatkan

Obat herbal untuk mengatasi asam lambung cukup menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Pasalnya penyakit tersebut pun merupakan penyakit yang sering masyrakat Indonesia temukan. Tingkat keasaman pada...

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan, Baik untuk Pencernaan dan Menetralisir Racun

Manfaat air kelapa muda, ternyata tak hanya menghilangkan dahaga dan memberi kesegaran pada tubuh. Rasanya memang menyegarkan. Maka bukan hal aneh jika banyak orang...

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami, Aman Tanpa Bahan Kimia

Cara mengobati gusi bengkak bisa Anda lakukan dengan bahan-bahan alami. Tentu saja cara ini aman karena tanpa melibatkan bahan kimia. Gusi sendiri merupakan penopang akan...

Temukan Kami

48,102FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya