Jumat, April 12, 2024

Cara Mudah Membuat NIB Online untuk Warga Ciamis, DPMPTSP: Bisa Dilakukan Mandiri

Baca Juga
- Advertisement -

Ciamis, galuh.id – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat memaparkan cara mudah membuat Nomor Induk Berusaha (NIB) secara online.

Kepala DPMPTSP Ciamis, Rudi SE mengatakan, warga Ciamis yang ingin membuat NIB bisa dilakukan secara online, tidak perlu datang ke kantor DPMPTSP.

“Sebenarnya membuat NIB itu bisa mandiri, bisa dilakukan secara online, tanpa perlu datang ke kantor DPMPTSP Ciamis,” katanya, Senin (26/2/2024).

- Advertisement -

Rudi menjelaskan, cara mudah membuat NIB online, pertama pelaku usaha bisa mengakses system Online Single Submission atau OSS.

“Pertama yang harus dilakukan pelaku usaha untuk membuat NIB itu akses ke sistem OSS. Kemudian tinggal klik daftar,” jelasnya.

Baca Juga: DPMPTSP Ciamis Akan Kembali Gelar Program NIB Keliling

Begini Cara Mudah Membuat NIB Online untuk Warga Ciamis

Saat mendaftar OSS, lanjut Rudi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sesuai panduan.

“Pertama itu perhatikan skala usaha. Ada UMK, yakni usaha dari perseorangan atau badan usaha milik WNI dengan modal maksimal Rp5 miliar. Ini tidak termasuk bangunan dan tanah ya,” katanya.

Kedua, kata Rudi, skala usaha Non UMK, yakni usaha orang perseorangan atau badan usaha yang modal awalnya lebih dari Rp5 miliar, belum termasuk tanah dan bangunan.

“Di Ciamis sendiri yang banyak itu UMK. Misalnya UMKM, itu banyak yang datang ke kantor DPMPTSP langsung. Ada juga yang datang ke gerai-gerai pelayanan perizinan,” katanya.

Cara mudah membuat NIB secara online selanjutnya, adalah melakukan verifikasi data.

“Nanti di sistem OSS ada pilihan usaha perorangan atau badan usaha, kita tinggal pilih satu, ceklis saja. Setelahnya isi NIK (Nomor Induk Kependudukan), dan isi nomor HP. Biasanya diminta nomor HP yang terhubung dengan WhatsApp, karena verifikasi akan dikirim melalui WhatsApp,” jelasnya.

“Selain menggunakan nomor WA, bisa juga menggunakan email, verifikasi nanti dikirim ke email,” tembahnya.

Baca Juga: DPMPTSP Ciamis Jemput Bola Layani Pembuatan NIB di Tambaksari

Proses selanjutnya adalah membuat kata sandi, dan terakhir pelaku usaha akan diminta mengisi profil usaha.

“Sebenarnya langkah tersebut cukup mudah. Tapi kami juga tahu, kalau di awal-awal pasti kesulitan, karena itu kami dari DPMTSP siap membantu jika ada pelaku usaha yang ingin membuat NIB, ada petugas yang bisa memandu untuk mendaftar di OSS,” katanya.

Rudi pun mempersilakan pelaku usaha yang masih kebingungan membuat NIB secara online untuk datang ke kantor DPMTSP di Jalan Ciptomangunkusumo No. 56, Ciamis.

“Selain datang ke kantor, kami pun sekarang melakukan jemput bola, dengan layanan pembuatan NIB keliling,” tandasnya. (GaluhID)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Mengintip Keindahan Jalur Gentong Tasikmalaya Saat Mudik Lebaran

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Mengintip keindahan Jalur Gentong Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, yang sering pemudik lintasi saat mudik. Meski rawan...

Artikel Terkait