Kamis, 3 Desember 2020
Kamis, 3 Desember 2020
 
 

Cerita Lansia Pembuat Tusuk Sate di Ciamis

Hubungi Kami

Baregbeg, galuh.id – Tusuk sate tradisional yang terletak di Dusun Desa, Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, ternyata diproduksi oleh para Lansia.

Para lansia tersebut membuat tusuk sate ketika menjelang sore untuk mengisi waktu senggangnya, sebagai penghasil sampingan.

Seorang pengrajin mengatakan, sudah sejak belasan tahun memproduksi tusuk sate tradisional, terutama menjelang lebaran kurban.

“Jualnya mudah, kalau hari biasa yang membeli seminggu sekali. Tapi kalau sekarang mau kurban hampir setiap hari ada yang datang. Jadi lebih bersemangat karena banyak yang datang membeli,” kata Odah (55) saat ditemui di rumahnya.

Odah menjelaskan, hampir setiap rumah di kampungnya memproduksi tusuk sate dilakukan oleh para Lansia.

“Dari pada jenuh diam di rumah, ya membuat tusuk sate karena mudah dan lumayan menghasilkan. Jadi kalau ada waktu luang, ketika tidak ke sawah ya terus produksi,” jelasnya.

Sarkosih (80) Pengrajin tusuk sate lainnya menambahkan, pekerjaan tersebut ia tekuni sejak beberapa tahun lalu saat tubuhnya sudah tak kuat lagi melakukan pekerjaan berat.

“Setelah saya tidak kuat lagi bekerja yang berat-berat, saya mulai menekuni produksi tusuk sate ini,” tambahnya.

Keunggulan tusuk sate tradisional tersebut yaitu daging yang ditusuk tidak akan mudah merosot. Dibanding menggunakan tusuk sate mesin yang mengkilap, daging mudah merosot.

Proses pembuatannya pun masih secara manual atau sederhana, dari mulai memotong bambu dengan gergaji, kemudian meraut kecil-kecil menggunakan pisau, lalu dijemur selama 2 hari sampai mengering.

Setelah itu dibersihkan menggunakan ban dalam bekas, kemudian diikat sesuai hitungan dan siap dijual. (Galuh.id/Dede)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Kopinus Ciamis Ngopi Asik di Tengah Alam Hutan Pinus

Berita Ciamis, galuh.id - Bagi para penikmat kopi, tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Kopinus Ciamis. Tempat ngopi yang satu ini menyuguhkan...

Cara Minum Kopi yang Baik Bagi Kesehatan

Cara minum kopi yang baik perlu diketahui agar tak menyebabkan efek samping. Kopi merupakan minuman yang disukai semua orang, tetapi konsumsi kopi...

Cara Membuat Kue Klepon, Lumer di Dalam

Cara membuat kue klepon mudah dikerjakan di rumah. Anda bisa menjadikan kue klepon sebagai kudapan teman ngopi, atau ide untuk berjualan. Warna...

Temukan Kami

48,648FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Spotify Wrapped 2020, Ini Cara Membuat dan Membagikannya ke Media Sosial

Cara membuat Spotify Wrapped 2020 kini tengah ramai menjadi perhatian. Karena fitur tersebut selalu para pengguna tunggu-tunggu setiap akhir tahun.

Cara Buat Spotify Wrapped 2020 dan Bagikan Ke Sosial Media

Cara buat Spotify Wrapped 2020 bisa dilakukan melalui aplikasi Spotify baik via Smartphone, Tablet, atau PC. Spotify Wrapped 2020...

Bagaimana Jika Saldo Prakerja Tidak Habis? Ini Penjelasan Manajemen Prakerja

Bagaimana jika saldo Prakerja tidak habis? Kini pertanyaan tersebut tengah menjadi perbincangan. Pasalnya saat ini pada dhasboard Prakerja ada instruksi untuk menghabiskan...

BTS Kembali Puncaki Billboard Hot 100, Berikut Beberapa Prestasi Lagu Life Goes On

BTS kembali puncaki Billboard Hot 100 setelah sebelumnya juga sempat memajang nama BTS di tangga Billboard melalui lagu Dynamite.

Sinopsis Eagle Eye, Kisah Wanita Misterius yang Tahu Segalanya

Sinopsis Eagle Eye yang akan tayang kembali pada program Bioskop Trans TV pada malam ini pukul 21.30 WIB, Rabu (2/12/2020).