Minggu, 24 Oktober 2021 | 13:45
Minggu, 24 Oktober 2021
More
    BJB

    Cryptic Pregnancy, Fenomena Ibu Hamil 1 Jam di Tasikmalaya

    Berita Tasikmalaya, galuh.id – Cryptic Pregnancy menjadi salah satu hal yang diperbincangkan karena viralnya berita hamil 1 jam di Kabupaten Tasikmalaya. Para Dokter sendiri memiliki pendapat bahwa hal itu tidak mungkin terjadi pada wanita normal.

    Ibu hamil hanya satu jam di Tasikmalaya menurut para dokter itu mungkin adalah sebuah kejadian langka yang disebut Cryptic Pregnancy. 

    Apa itu Cryptic Pregnancy

    Kehamilan samar atau cryptic pregnancy menurut medis adalah wanita tidak merasakan bahwa dirinya sedang mengandung seorang anak.

    Baca Juga: Viral Hamil 1 Jam di Tasikmalaya, Ini Penjelasannya

    Peristiwa ini adalah peristiwa yang langka bisa dibilang perbandingannya 1:470 artinya hanya sekitar 0.2% wanita saja yang mengalaminya. Sebenarnya peristiwa viral ibu hamil 1 jam tersebut terjadi  menurut medis memanglah tidak mungkin.

    Penjelasan Ahli Medis


    dr. Asep Taslim  SPOG seorang dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan  mengungkapkan bahwa kehamilan itu perlu proses. Mulai dari pembuahan, penggumpalan darah, menjadi daging, kemunculan detak jantung hingga berbentuk bayi dan melahirkan.
    Tentunya hal itu tidak mungkin terjadi hanya dalam waktu satu jam saja jika dilihat dari segi medisnya.

    dr Asep sendiri menambahkan bahwa tidak ada kehamilan yang langsung besar harus ada proses didalamnya. Mulai dari pertemuan sperma telur jadi segumpal darah menjadi segumpal daging sampai ada detak itu butuhkan waktu beberapa.lama.

    Dokter yang praktek di Rumah Sakit Jasa Kartini ini juga pernah menemui kasus pasien yang tiba-tiba melahirkan.

    Ia menerangkan ada saat praktek pernah ada pasien yang tidak merasa hamil, namun ternyata sudah sembilan bulan dan sudah mau lahiran.

    Masih dengan dokter asal kota Tasikmalaya  ini yang mendapatkan kasus serupa yaitu pasien secara tiba-tiba bergerak dan langsung terus lahiran. Dokter Asep juga menegaskan bahwa itu adalah kejadian yang disebut dengan bahasa medisnya adalah cryptic pregnancy.

    Bisa dibilang kejadian yang terjadi di Desa Mandalasari, Kabupaten Tasikmalaya ini merupakan salah satu kasus cryptic Pregnancy. Dimana si ibu yang bernama Heni padahal sudah hamil namun tidak merasakan gejala kehamilan.

    Viral Hamil 1 Jam Di Tasikmalaya

    Desa Mandalasari, Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya digegerkan dengan viralnya hamil 1 jam di daerahnya. Diketahui Heni salah satu warga desa tersebut tiba-tiba melahirkan seorang bayi laki-laki yang sehat.

    Kejadian ini bermula ketika Heni Ibu dari bayi ajaib yang lahir itu tiba-tiba merasakan pusing dan badannya lemah. Ayah Heni bernama Mudin yang berada di sana juga menyangka mungkin ia masuk angin.

    Heni menerangkan kepada ayahnya bahwa ini tidak seperti masuk angin biasa, Ia mengungkapkan bahwa kondisinya seperti akan melahirkan. Hal itu sontak membuat kaget Mudin dan langsung memanggil bidan yang ada di Desa penghasil Manggis tersebut.

    Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 16 Juli 2020 sekitar pukul 7 malam. Benar saja bahwa Heni pada saat itu memang akan melahirkan seorang anak.

    Bidan yang dipanggil ayahnya langsung membantu persalinan Heni dan melahirkan seorang bayi laki-laki yang sehat. Bayi tersebut memiliki berat 2,7KG dan panjang 51 Cm, proses kelahirannya pun tidak mendapatkan kendala apa-apa.

    Kepala Desa Ikut Angkat Bicara


    Terkait peristiwa yang membuat viral Desa Mandalasari itu Kepala Desa langsung mengkonfirmasi kejadian tersebut. Cuncun Khaerudin mengungkapkan bahwa kejadian hamil satu jam itu adalah benar terjadi di wilayahnya.

    Dengan pakaian biasa ketika diwawancara beliau pun mengungkapkan bahwa ini adalah salah satu kekuasaan dari Allah Swt.

    Warga setempat mendoakan yang terbaik untuk kelahiran anak tersebut dan semoga membawa berkah bagi desa mereka.

    Tentunya dengan kejadian ini ada juga yang memberikan pendapat sinis dengan menyatakan pertanda apakah ini. Namun mayoritas masyarakat setuju dengan ucapan kepala desa bahwa ini adalah kuasa dari Allah SWT.

    Viralnya hamil 1 jam di Tasikmalaya tentunya harus ditanggapi secara positif agar kehidupan kita menjadi lebih baik.

    Penjelasan medis pun sudah menerangkan bahwa kemungkinan besar yang terjadi dari kejadian ini adalah Cryptic Pregnancy. Penjelasan dari seorang dokter tentunya akan sangat membantu menjelaskan apa yang terjadi pada Heni di desa Mandalasari. (GaluhID/Putra)

    Loading...

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    292PengikutMengikuti
    5,000PelangganBerlangganan