Jumat, 23 April 2021
Jumat, 23 April 2021
BJB

Dapat Bantuan 1 Unit PCR Portable, Bupati Ciamis: Tes Covid-19 Bisa Lebih Cepat

Berita Ciamis, galuh.id – Pemerintah daerah kabupaten Ciamis mendapatkan bantuan 1 unit PCR portabel atau swab test dari pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Pemberian alat PCR portable tersebut dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil secara daring.

“Alhamdulillah kabupaten Ciamis mendapatkan bantuan 1 unit PCR portable, sehingga bisa mempercepat pelaksanaan tes Covid-19,” kata Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, di ruang video conference Kantor Bupati Ciamis, Minggu (30/08/2020).

Untuk diketahui, kapasitas alat PCR prtable tersebut bisa memeriksa 100 orang atau spesimen per hari. Kemudian hasil dari pemeriksaannya sudah bisa diketahui dalam waktu kurang lebih 40 menit.

Dengan adanya bantuan satu unit alat PCR portable dari pemprov Jabar, Herdiat berharap alat tersebut dapat mempercepat proses uji spesimen warga yang sudah dilakukan swab test.

Selain itu, kapasitas alat PCR portable dengan jumlah spesimen banyak per hari dan hasil tes yang cepat, diharapkan bisa membantu Pemkab Ciamis untuk semakin masif melakukan test PCR.

Bantuan 1 Unit PCR Portable Akan Dimaksimalkan

Herdiat juga mengatakan pemerintah kabupaten Ciamis akan memaksimalkan bantuan alat PCR portable yang diberikan, sebagaimana yang telah diinstruksikan oleh Gubernur Jawa barat.

“Kami akan maksimalkan bantuan alat PCR portable. Alat ini merupakan sebuah titik terang untuk masyarakat Kabupaten Ciamis. Terutama dalam mempercepat penanganan Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan bahwa pemerintah provinsi Jawa Barat telah membeli sebanyak 29 unit alat PCR portable.

Penggunaannya, dua alat PCR portable untuk di provinsi Jawa Barat. Sedangkat 27 alat PCR portable lainnya dibagikan ke seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat.

Ridwan Kamil mengatakan, saat ini tren Covid-19 di Jawa Barat naik turun. Oleh karena itu, ia mengimbau kepada para kepala daerah agar memaksimalkan penggunaan alat PCR portable.

“Saat ini situasi Covid-19 naik turun di Jabar. Oleh karena itu para Bupati maupun Wali Kota harus memaksimalkan penggunaan PCR Portable. Terutama di Kabupaten dan Kota yang banyak sektor industrinya,” katanya. (GaluhID/Evi)

 
 
Loading...

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,715FansSuka
242PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya