Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Demontrasi Protes Taman Raflesia Ciamis: Pembangunan Tidak Transparan dan Beraroma Busuk

Ciamis, galuh.id – Sejumlah Warga dan mahasiswa yang menamakan diri Forum Peduli Infrastruktur Ciamis melakukan demonstrasi di tugu Taman Raflesia Ciamis pada Senin (18/2/2019).

Mereka menilai pembangunan kembali Taman Raflesia Ciamis tersebut tidak transparan. Apalagi dengan anggaran 2,3 Miliar Rupiah dinilai warga terlalu berlebihan.

Peserta aksi demonstrasi memanjat tugu bunga raflesia di tengah alun-alun Ciamis. Mereka memasang kain berwarna putih di tugu tersebut yang ditulisi dengan tuntutan untuk mengaudit pembangunan penataan Taman Raflesia.

“Kami menuntut transparansi pembangunan taman alun-alun ini yang katanya menghabiskan Rp 2,3 miliar. Jangan membuat kegaduhan dan ketidakpercayaan masyarakat terhadap anggaran yang terserap oleh pemerintah,” ujar Koordinator Aksi, Andi Ali Fikri.

Andi menilai anggaran 2,3 M yang terserap untuk paving block di Taman Raflesia dinilai belum sesuai dengan kenyataan. Apalagi masih banyak titik yang belum tertutupi dengan paving block.

“Kami rasa ada yang tidak beres. Kami akan mengumpulkan data. Setelah menemukan fakta ada kerugian negara, akan masuk ke Kejaksaan. Kalau dibiarkan bahaya, Alun-alun itu wajah Ciamis jadi harus ada yang peduli,” kata Andi Ali.

Selain itu, Andi juga meminta tugu Taman Raflesia yang berada di tengah taman untuk diganti, karena menurutnya, tugu raflesia mempunyai filosofi dan aroma busuk.

“Siloka ini harus dibuang, diganti dengan yang lebih baik tidak ada citra busuk. Hadirkan budayawan, akademisi, harus dirapatkan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Ciamis, Oman Rohman mengatakan pembangunan taman raflesia sudah sesuai dengan Detail Enginering Design (DED).

“Sejak Jumat kemarin sedang proses audit, dalam pengawasan BPK. Pembangunan itu semua ada dalam DED,” jelas Oman.

Terkait tugu bunga raflesia, sudah ada rencana mengganti tugu tersebut. Namun, terkendala anggaran yang tidak cukup.

“Usulan dari masyarakat terkait penggantian tugu terus berdatangan. Sehingga ini bisa menjadi kesempatan untuk menentukan tugu yang cocok bagi ikon Ciamis,” kata Oman.

Pembangunan tugu Taman Raflesia, kata Oman bisa disayembarakan atau dilelang, sehingga banyak ide dan masukan. “Jadi masih terbuka untuk menampung ide dari masyarakat menentukan tugu yang pas,” pungkasnya.

(Arul)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,360FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.