oleh

Dewan Kebudayaan Ciamis Berharap Miliki Gedung Kebudayaan Sendiri

 
 

Ciamis, galuh.id – Dr. H. Yat Rospia Brata, Drs, Msi Ketua Dewan Kebudayaan Ciamis, berharap pihaknya miliki sekertariat dan gedung kebudayaan yang representatif.

Ia memohon kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk senantiasa memfasilitasi, sehingga terwujud gedung kebudayaan sebagai tempat atau sarana pagelaran budaya di Kabupaten Ciamis.

“Mohon di fasilitasi untuk adanya gedung kebudayaan, sehingga kalau kami kumpul untuk kegiatan kan jelas sudah pasti ada kantor sekertariatnya kalau ada gedung kebudayaan,” ujar pada Kamis (12/12/19), dikutip dari nolduanews dot com.

Hal ini dikarenakan selama ini dewan Kebudayaan Kabupaten Ciamis kesulitan dalam melakukan aktivitas yang bersifat teknis atau acara kebudayaan.

Keterbatasan ini terasa ketika Dewan Kebudayaan ingin menggelar rapat kordinasi, terpaksa harus menumpang di Dinas Kebudayaan ataupun Universitas Galuh (Unigal). Apalagi hingga sekarang juga Dewan Kebudayaan Ciamis belum memiliki kantor sekretariat yang jelas.

“Kalau rapat paling di Aula Dinas Kebudayaan dan rumah saya, kadang juga di Kantor saya di Unigal, nah kalau sudah ada gedung kan keberadaan kami jelas, karena dalam gedung nantinya juga sudah pasti ada sekertariat untuk kami berkumpul,” kata Yat yang kini juga menjabat sebagai Rektor Universitas Galuh Ciamis.

Yat memaparkan, bila nantinya terwujud gedung kebudayaan yang representatif, tentunya bisa dipakai untuk menggelar parade kesenian dan lain sebagainya.

“Keseniannya juga kan masuk dalam kebudayaan, jadi nanti bisa memakai gedung tersebut jika ada kegiatan,” katanya.

Yat membandingkan pengelolaan dan pengembangan sektor budaya di Ciamis dengan daerah lain ternyata sangat berbeda. Daerah lain nampaknya lebih serius dalam mengembangkan sektor budaya dengan dibuktikan adanya gedung dan sekertariat Dewan Kebudayaan.

“Kami juga serius dalam pengembangan budaya Galuh di Ciamis, maka dari itu kami memohon kepada Pemkab agar bisa memberikan kami gedung sekaligus sekertariat, yang gunannya untuk menampung budayawan-budayawan di Tatar Galuh Ciamis,” tegasnya.

Yat berharap, tahun depan dewan kebudayaan untuk lebih diperhatikan lagi, terutama berkaitan dengan fasilitasi gedung dan sekertariat. Semua itu bertujuan untuk mewadahi tempat dan sarana budayawan Tatar Galuh Ciamis dalam berkarya.

“Mudah-mudahan tahun depan Pemkab Ciamis mendengarkan keluhan kami untuk membuat gedung kebudayaan di Kabupaten Ciamis,” pungkasnya. (GaluhID/Waskito)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA