Sabtu, Mei 18, 2024

Dinas PUPRP Ciamis Akan Bangun Kembali TPT yang Ambruk Akibat Longsor

Baca Juga
- Advertisement -

Berita Ciamis, galuh.id – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Ciamis Jawa Barat akan segera membangun kembali Tembok Penahan Tebing (TPT) yang ambruk di Dusun Cibungkul, Desa Cisadap, Kecamatan Ciamis.

Ambruknya tembok penahan tebing mengakibatkan rumah milik warga mengalami kerusakan lantaran terjangan material tanah longsor.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis melalui Dinas PUPRP pun akan menindaklanjuti dengan membangun kembali TPT yang ambruk tersebut.

- Advertisement -

Kepala Dinas PUPRP Ciamis, Andang Firman, mengatakan dalam beberapa waktu terakhir ini pihaknya telah menerima informasi atau laporan ada sejumlah TPT ambruk.

Ambruknya tembok penahan tebing mengakibatkan kerugian untuk masyarakat karena ada rumah yang rusak lantaran diterjang material longsor.

Tak hanya itu, material longsor tersebut juga menimpa jalan raya sehingga mengganggu akses lalu lintas warga.

“Untuk penanganannya, TPT yang ambruk itu akan segera kami bangun kembali dengan perencanaan yang matang,” ujar Andang, Jumat (24/2/2023).

Selain membangun kembali TPT, pihaknya juga akan memperkuat lagi bangunan tembok penahan tebing di titik-titik rawan bencana tanah longsor.

“Di sejumlah titik rawan longsor, Tembok Penahan Tebing akan kita perkokoh untuk menjaga hal yang tidak diinginkan akibat ambruknya TPT itu,” jelas Andang.

Andang pun berharap, rencana tersebut bisa secepatnya terealisasi pada anggaran tahun 2023 ini. Karena memang banyak TPT ambruk yang perlu perbaikan atau pembangunan kembali.

“Mudah-mudahan saja pekerjaan itu akan secepatnya terealisasi,” imbuhnya.

Sementara itu menurut informasi dari Tagana Ciamis, akibat ambruknya TPT di wilayah Dusun Cibungkul Desa Cisadap, satu rumah warga dan satu pabrik kerupuk rusak diterjang material longsoran.

“Iya kemarin ada kejadian tembok penahan tebing ambruk. Akibatnya material longsoran menimpa rumah dan pabrik kerupuk di Desa Cisadap,” ungkap Ketua Tagana Ciamis, Ade Waluya. (GaluhID/Evi)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Study Tour Sekolah Tidak Dilarang, Disdik Ciamis Ingatkan Asas Keamanan

Berita Ciamis, galuh.id - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Ciamis Jawa Barat, Erwan Darmawan menyatakan bahwa pihaknya tidak akan melarang...

Artikel Terkait