Senin, 13 Juli 2020
Senin, 13 Juli 2020
 
 

Disnakkan Ciamis Sosialisasikan Penggunaan Antibiotik Ke Peternak Ayam Petelur

Ciamis, galuh.id – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Ciamis mengadakan sosialisasi tentang penggunaan antibiotik pada ayam petelur di Kantor Dinas Peternakan dan Perikanan, Jalan Yos Sudarso No.74, Ciamis, Kecamatan. Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (07/05/2019).

Sosialisasi ini dilakukan bersama para pengusaha ayam petelur dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kesadaran penggunaan antimikrobal yang bijak dan bertanggung jawab untuk pengendalian antimicrobal resistance (AMR).

Kegiatan tersebut dilaksanakan Disnakkan Ciamis bekerja sama dengan Food and Argiculture Organization of the united Nation (FAO). Wakil dari Organisasi PBB bidang makanan dan pertanian ini juga terlihat mengisi materi untuk para peserta sosialiasasi.

“Tujuan diadakannya sosialisasi ini tentang penggunaan antibiotik yang bijak sesuai aturan pada ternak dan dalam rangka menciptakan pangan hewani yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal),” ujar H. Otong Bustomi SPt. Mp saat diwawancara di kantornya, Selasa (07/05/2019).

Menurutnya, apabila para peternak tidak menggunakan antibiotik yang tidak sesuai ketentuan pada ayam ternak, apalagi dengan dosis yang tidak terukur, maka akan menjadikan mikroba atau bakteri di dalam tubuh ayam menjadi resisten atau tahan terhadap antibiotik.

“Kalau mikroba tahan di dalam tubuh ayam, maka produk ayamnya juga akan tercemar oleh mikroba tersebut, sehingga telur yang dihasilkan juga akan tercemar mikroba,” tuturnya.

Otong juga menyampaikan Kementerian Pertanian Republik Indonesia melalui Dinas Peternakan dan Perikanaan seluruh Indonesia saat ini terus aktif menyosialisasikan cara pemanfaatan antibiotik yang ramah pada ternak unggas, khususnya pada ternak ayam petelur atau ayam pedaging.

Peternak ayam petelur Ciamis mengikuti sosoialisasi penggunaan obat antibiotik di Kantor Dinas Peternakan dan Perikanan kabupaten Ciamis, Selasa (07/05/2019). Foto : Arul/GaluhID

“Kami selama 3 bulan sekali mengambil sampel telur atau daging untuk dicek di laboratorium, apakah mengandung mikroba atau tidak? Alhamdulilah kita tidak pernah menemukan daging atau telur di Kabupaten Ciamis yang tercemar mikroba,” paparnya.

Otong mengaku Kabupaten Ciamis diminta bantuan menyuplai kebutuhan telur ayam untuk Kabupaten Bandung.

“Di Ciamis sendiri persedian telur mengalami surplus, sehingga kemungkinan untuk menyuplai telur ke Kabupaten Bandung bisa dilakukan,” kata Otong.

Otong menambahkan sosialisasi tersebut merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan. Sebelumnya, sosialiasi dilaksanakan untuk peternak ayam pedaging. Sementaa saat ini dilakukan untuk peternak ayam petelur.

“Ke depan kita akan melakukan study banding ke kota Blitar yang notabene penghasil telur terbesar di Indonesia, nanti pengusaha ayam petelur Ciamis akan diajak ke Blitar, dalam hal ini kita bekerja sama dengan Bank Indonesia,” katanya.

Otong juga berharap peternak ayam petelur Kabupaten Ciamis bisa setara dengan peternak ayam petelur di Blitar.

“Blitar sudah dikenal peternak ayam petelurnya sudah lebih maju dan berkembang, sehingga kita bisa belajar ke sana,” pungkasnya. (galuh.id/Arul)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Related Articles

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,367FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Kakek Terjatuh dari Jembatan di Bojong Ciamis, Meninggal di Tempat

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang Kakek terjatuh dari jembatan di Bojong Cijeungjing Ciamis hingga menghembuskan nafas terakhirnya dengan tragis, Senin (13/7/2020).

Jadwal MotoGP 2020: Kembali Mengaspal 19 Juli

Berita Olahraga, galuh.id - Jadwal MotoGP 2020 telah dirilis, jutaan fan bisa menyaksikan para rider dunia kembali mengaspal di seri pembuka pada...

Pernah Jadi Pacar Lee Min Ho, Simak 3 Sosok Wanita yang Bikin Iri

Lee Min Ho adalah aktor Korea yang membintangi drama The King: Eternal Monarch. Selain tampan dan pandai berakting, Lee Min Ho juga...

3 Film Korea Terbaik Gong Yoo

Ada 3 film korea terbaik Gong Yoo yang bisa kita tonton. Pada tanggal 10 Juli lalu, Gong Yoo berumur 41 tahun (42...