Minggu, 11 April 2021
Minggu, 11 April 2021
BJB

Disnakkan Imbau Bungkus Daging Kurban di Ciamis Tidak Pakai Plastik

Ciamis, galuh.id – Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, mengimbau agar seluruh panitia Idul Adha tidak menggunakan kantong Plastik Sekali Pakai (PSP) untuk membungkus daging kurban di Caimis. Apalagi menggunakan kantong plastik kresek hitam pada saat membagikan daging kurban.

“Kami imbau agar panitia kurban menggunakan wadah yang ramah lingkungan,” ujar Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis Otong Bustomi, Jum’at (2/8/019).

Otong menyarankan, untuk mengganti kantong plastik bisa mengunakn daun pisang, besek bambu, atau bahan ramah lingkungan lainnya yang mudah ditemui. Sebab, kantong plastik itu akan menjadi sampah dan membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai secara alamiah.

“Kalau nanti daging kurban wadahnya pakai daun pisang, atau besek bambu. Sebab kantong plastik mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan,” paparnya.

Ditambahkannya, meski imbauan tidak menggunakan kantong plastik belum ada Peraturan Daerah (Perda), lebih baik ada sadar terlebih dahulu tentang bahaya penggunaan kantong plastik tersebut.

“Meski di Ciamis belum ada Perdanya, lebih baik kita mencegah. Idul Adha masih beberapa hari ke depan, masih ada waktu yang cukup bagi panitia untuk mempersiapkannya dengan baik. Agar lebih thoyib ibadah kurbannya,” tambahnya. (Galuh.id/Dede)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Warga Karyamukti Ciamis Olah Buah Aren Jadi Kolang Kaling

Berita Ciamis, galuh.id - Bagi warga masyarakat Desa Karyamukti, Banjaranyar Ciamis, bulan puasa atau ramadhan merupakan bulan berkah. Hal tersebut terlihat ketika mereka sibuk...

Air Minum Kemasan Galcia Asli Ciamis Diluncurkan

Berita Ciamis, galuh.id - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meluncurkan produk air minum kemasan Galcia di Joglo Barat Pendopo Bupati Ciamis, Sabtu (10/4/2021). Air kemasan Galuh...

Mudik Lebaran 2021 Dilarang, Tukang Las Asal Ciamis Pasrah

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah pusat kembali memberi himbauan bahwa mudik Lebaran tahun 2021 atau 1442 Hijriah dilarang, demi mencegah lonjakan kasus positif Covid-19. Larangan...

Temukan Kami

47,747FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya