oleh

Disnakkan Imbau Bungkus Daging Kurban di Ciamis Tidak Pakai Plastik

 
 

Ciamis, galuh.id – Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, mengimbau agar seluruh panitia Idul Adha tidak menggunakan kantong Plastik Sekali Pakai (PSP) untuk membungkus daging kurban di Caimis. Apalagi menggunakan kantong plastik kresek hitam pada saat membagikan daging kurban.

“Kami imbau agar panitia kurban menggunakan wadah yang ramah lingkungan,” ujar Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis Otong Bustomi, Jum’at (2/8/019).

Otong menyarankan, untuk mengganti kantong plastik bisa mengunakn daun pisang, besek bambu, atau bahan ramah lingkungan lainnya yang mudah ditemui. Sebab, kantong plastik itu akan menjadi sampah dan membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai secara alamiah.

“Kalau nanti daging kurban wadahnya pakai daun pisang, atau besek bambu. Sebab kantong plastik mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan,” paparnya.

Ditambahkannya, meski imbauan tidak menggunakan kantong plastik belum ada Peraturan Daerah (Perda), lebih baik ada sadar terlebih dahulu tentang bahaya penggunaan kantong plastik tersebut.

“Meski di Ciamis belum ada Perdanya, lebih baik kita mencegah. Idul Adha masih beberapa hari ke depan, masih ada waktu yang cukup bagi panitia untuk mempersiapkannya dengan baik. Agar lebih thoyib ibadah kurbannya,” tambahnya. (Galuh.id/Dede)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA