Sabtu, 11 Juli 2020
Sabtu, 11 Juli 2020
 
 

Disbudpora Ciamis Sosialisasikan Potensi Cagar Budaya

Ciamis, galuh.id – Dinas Kebudayaan dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis menggelar sosialisasi potensi cagar budaya yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis, Kamis (27/6/2019) bertempat di Aula Kantor Disbudpora.

Narasumber yang hadir pada sosialisasi tersebut diantaranya, Dr. Cecep Eka Permana dan Dr. Andri Purnomo, dosen Universitas Indonesia sekaligus peneliti yang mewakili Badan Arkeologi Bandung. Beberapa budayawan Ciamis juga hadir dalam sosialisasi cagar budaya ini.

‘Kegiatan sosialisasi ini untuk menginformasikan kepada tokoh budayawan Ciamis agar semuanya mengetahui bahwa Ciamis memiliki peninggalan dari zaman pra sejarah,” ujar Dr. Cecep Eka Permana dalam sambutannya di Aula Disbudpora Ciamis, Kamis (27/6/2019).

Dr. Cecep mengatakan, Kabupaten Ciamis satu-satunya di Jawa Barat yang memiliki warisan budaya zaman pra sejarah di Tambaksari. Menurutnya, ini merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat Ciamis yang dikaruniai dengan sejarah zaman purba oleh sang pencipta. Hal ini, kata dia, akan menjadi daya tarik wisata sejarah.

“Fosil yang ditemukan di Tambaksasi Ini menjadi kebanggaan dan karunia dari Allah SWT, di Jawa Barat hanya di Tambaksari yang komplit temuan fosilnya, saat ini baru ditemukan 170 fosil,” paparnya.

Cecep mengaku prihatin dengan jauhnya museum yang ada di Kabupaten Ciamis dari kawasan ditemukannya benda-benda fosil zaman pra sejarah. Selain jauh, kondisi museum tersebut juga dinilai memprihatinkan.

“Mudah-mudahan museum tempat penyimpanan fosil-fosil hasil temuan di Tambaksari bisa segera diperbaharui oleh pemerintah Ciamis, karena museum tersebut bisa menjadi tempat belajar sejarah, pengetahuan dan bisa menjadi tempat rekreasi bagi generasi penerus bangsa , bisa memperkaya pengetahuan sejarah Ciamis,” tuturnya.

Tambaksari memang belum terkenal seperti halnya Sangiran yang sudah sejak lama mengembangkan wisata sejarah fosil zaman purba. Namun, kata Cecep, Tambaksari memiliki potensi sejarah kehidupan zaman purba yang lebih lengkap.

“Diakui memang Tambaksari tidak setenar Sangiran dengan penemuan fosil zaman manusia purba, namun Tambaksari sangat potensial karena memiliki sejarah zaman manusia purba yang lengkap dan masih perlu upaya kerja keras untuk dikembangkan,” tandasnya.

Sementara pada pemberitaan sebelumnya, penelitian terhadap fosil zaman pra sejarah di Tambaksari dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Indonesia mewakili Balai Arkeologi Bandung. Kepala Bidang Kebudayaan Drs. Dede Hermawan, MM, Dinas Disbudpora Kabupaten Ciamis, mengapresiasi penelitian tersebut.

Dede berharap dengan adanya penelitian itu, masyarakat akan lebih sadar potensi Kabupaten Ciamis selain, dari sejarah Kerajaan Galuh, ada pula sejarah manusia purba zaman pra sejarah.

“Dengan adanya hal tersebut masyarakat bisa tahu temuan-temuan fosil zaman pra sejarah di Kabupaten Ciamis,” tuturnya.

Ke depannya, kata Dede, Disbudpora Ciamis akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat lebih luas dan pihaknya akan berusaha mengajukan untuk merenovasi bangunan museum di Tambaksari yang cukup memprihatinkan.

“Kami berharap apabila menemukan benda fosil laporkan ke Dinas agar nantinya diteliti dulu, lalu akan disimpan di tempat yang aman dan selain itu akan berusaha untuk mengajukan untuk renovasi bangunan museum di Tambaksari yang cukup memprihatinkan” pungkasnya. (galuh.id/Arul)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,381FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Jelang Pilpres, GMBI Ciamis Ajak Anggotanya Tak Percaya Hoaks

Ciamis, galuh.id - Robi Tamzil ketua LSM GMBI Ciamis mengatakan jangan terlalu percaya berita-berita yang saat ini marak di media sosial. Pasalnya, berita-berita tersebut...

THR Sudah Cair, Apa Kabar Gaji PNS ke-13?

Berita Nasional, galuh.id - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemnkeu) Indonesia telah menyalurkan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Negeri Sipil (ASN) atau...

Foto Oplas Challenge, Begini Cara Membuatnya dengan Aplikasi FaceApp

Foto Oplas Challenge dengan Faceapp menjadi trending topik belakangan ini. Menurut netizen, mengikuti challenge edit foto dengan hasil seperti melakukan oplas atau...

Warga Rajadesa Ciamis Meninggal Gantung Diri

Berita Ciamis, galuh.id - Warga Rajadesa Ciamis meninggal dunia dengan kondisi gantung diri. Berita ditemukannya mayat berjenis kelamin laki-laki...

Yusuf Asal Ciamis Pasarkan Keripik Beledag Hingga Mancanegara

Ciamis, Galuh.ID - Membanggakan! Yusuf Ramdani (24) pemuda asal Desa Citeureup, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis meraih penghargaan Smesco Award 2018 yang diselenggarakan Kementerian Koperasi...