Senin, Juli 22, 2024

DPRKPLH Ciamis Gandeng Sejumlah Unsur Bersih-bersih Sungai Cileueur

Baca Juga
- Advertisement -

Berita Ciamis, galuh.id – Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis, Jawa Barat, melaksanakan bersih-bersih Sungai Cileueur, Kamis (20/06/2024).

Kegiatan melalui bidang LH itu dengan menggandeng sejumlah unsur seperti DPUPRP, BPBD, Kecamatan Ciamis, Kelurahan Maleber dan Kelurahan Ciamis.

Kemudian selain itu, menggandeng juga instansi terkait KLHK RI yaitu BPSILHK, BKSDA, PERHUTANI, CDK WIL VII JABAR, BRIN.

- Advertisement -

Tidak hanya instansi, DPRKPLH Ciamis juga menggandeng komunitas yg tergabuñg dalam Komunitas Peduli Alam dan Sungai Khusus Kabupaten Ciamis.

Kepala DPRKPLH Ciamis, Okta Jabal mengatakan bahwa bersih-bersih sungai itu merupakan rangkaian dari Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

“Dalam kegiatan ini kita mengundang beberapa OPD serta komunitas peduli sungai dan air,” ucapnya.

Okta pun bersyukur semua unsur bisa menyambut baik agenda tersebut, dan dapat bekerja sama untuk menjaga lingkungan terutama sungai.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan berlokasi di Cileueur karena merupakan sungai yang lokus etalasenya perkotaan yang harus terjaga kebersihannya.

“Tempat yang dibangun dua tahun lalu ini harus kita jaga kenyamanannya dan bebas dari pencemaran, terutama dari para pelaku yang bisa mengotori lingkungan,” ungkapnya.

Jadi Contoh untuk Masyarakat

Okta berharap, kerja sama bersih-bersih sungai bisa memberikan contoh kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan.

Selain memberikan contoh pada masyarakat, bersih-bersih sungai itu dapat menciptakan lingkungan yang indah dan asri.

Minimal bisa menjauhkan masyarakat dari penyakit yang berasal dari sampah yang menumpuk di sungai.

“Saya juga berharap Dinas LH bisa terus mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan, terutama di lokasi ini, yang nantinya bisa menjadi tempat aktivitas RTP,” harapnya.

Sementara itu, Noer JM perwakilan dari komunitas Pedal Gas, mendukung kegiatan yang DPKPRLH laksanakan dan bisa menjadi contoh untuk warga sekitar.

“Tentunya saya sangat mendukung, bisa menjadi pacuan bagi masyarakat agar lebih bisa mencintai lingkungan,” ucapnya.

Lanjut Noer, kegiatan Bersih-bersih Sungai Cileueur merupakan bentuk kepedulian tentang pentingnya menjaga keasrian lingkungan dan tidak buang sampah ke sungai.

“Semoga masyarakat bisa lebih paham lagi agar tidak buang sampah sembarangan, sungai harus kita jaga, karena sungai juga sumber kehidupan bagi kita semua,” ujarnya. (GaluhID/Resa)

Editor : Evi

- Advertisement -
- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Strategi Parkir Bus Hadapi Timnas Indonesia U–19, Pelatih Kamboja Waspadai Ini!

Galuh.id- Pelatih Kamboja, Phea Sopheaktra memberikan pernyataan usai timnya mengalami kekalahan dari Timnas Indonesia U-19.  Pada laga kedua yang berlangsung...

Artikel Terkait