Sabtu, 19 Juni 2021
Sabtu, 19 Juni 2021
BJB

DPRKPLH Ciamis Terima Apresiasi Bank Sampah Induk Tingkat Jabar

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – DPRKPLH Kabupaten Ciamis menerima apresiasi program bank sampah induk dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Penyerahan apresiasi bertempat di Gedung Sate Kota Bandung, Rabu (5/5/2021) dalam acara Kelola Sampah Berbasis Digital Menuju Jabar Juara.

Kepala DPRKPLH Ciamis Taufik Gumelar menerima langsung apresiasi mewakili 7 kabupaten/kota yang mendapatkan program bank sampah induk.

Sementara Bank Sampah Al Huda Situmandala Rancah Ciamis berkesempatan melakukan audiensi dengan Gubernur Jabar secara virtual.

Kades Situmandala beserta jajaran pengurus Bank Sampah Al Huda turut menyaksikan audiensi.

Penunjukkan Ciamis menjadi wakil 7 kabupaten/kota karena pengelolaaan sampahnya dinilai mengalami peningkatan signifikan.

Kepala DPRKPLH Ciamis Taufik Gumelar pun menyampaikan terima kasih atas apresiasi program bank sampah induk yang pihaknya terima.

Ia berharap apresiasi tersebut dapat bermanfaat untuk pengembangan potensi ini dalam pengelolaan sampah.

“Gubernur Jabar dengan misinya menuju Jabar Juara sangat konsen dengan pengelolaan sampah di kabupaten/kota,” ucap Taufik, didampingi Kabid Kebersihan Giyatno.

Oleh sebab itu, ia mengajak masyarakat untuk mengelola dan memilah sampah mulai dari rumah.

Kemudian menabung sampah di bank sampah unit dan pengelolaan induknya di tingkat Kecamatan.

Dengan memilah dan memilih sampah kata Taufik, masyarakat bisa mendapat penghasilan sekaligus menyelamatkan lingkungan.

Selain membuat lingkungan sehat, bersih dan bernilai, nabung sampah juga menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan penghasilan.

“Apalagi saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Dengan menabung sampah bisa membantu meringankan kebutuhan sehari-hari,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, pemprov Jabar juga meluncurkan aplikasi digital Octopus yang dapat memberikan keuntungan bagi pelestari lingkungan.

Aplikasi ini untuk meningkatkan masyarakat agar berkontribusi lebih baik lagi dalam pengelolaan sampah rumah tangga ataupun sampah lainnya. (GaluhID/Evi)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
253PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan