Minggu, 26 September 2021
Minggu, 26 September 2021

Dukung Palestina, Ratusan Warga Ciamis Gelar Aksi

Berita Ciamis, galuh.id – Ratusan warga Tatar Galuh Ciamis turun ke jalan melakukan aksi sebagai dukungannya pada Palestina, Jumat (21/5/2021).

Massa aksi yang tergabung dalam Aliansi Peduli Palestina terdiri dari gabungan beberapa organisasi masyarakat, komunitas dan masyarakat Ciamis.

Menyuarakan dukungannya pada Palestina agar dapat terlepas dari penjajahan Israel yang terus menyerang Palestina.

Massa aksi sebelum melakukan orasi, terlebih dahulu long march mengelilingi pusat perkotaan Ciamis dan berakhir di Alun-alun Ciamis.

Dengan menggunakan mobil bak terbuka sebagai tempat orasi, para orator menyampaikan dukungannya pada Palestina.

Koordinator Aksi Bela Palestina, Dadan Darmawan mengatakan, aksi massa tersebut sebagai bentuk pernyataan sikap dan juga dukungan solidaritas.

“Aksi damai ini bentuk pernyataan sikap kita dan juga bentuk solidaritas, rasa cinta terhadap saudara muslim kita di Palestina,” jelasnya.

Dadan juga menambahkan paling tidak masyarakat Ciamis turut merasakan apa yang sedang terjadi pada rakyat Palestina saat ini.

Aksi Dukung Palestina di Ciamis

Gelaran aksi massa yang berlangsung damai tersebut juga menyuarakan agar membebaskan Palestina dari jajahan Israel.

Kemudian pada aksi yang juga tersebut juga terdapat aksi teatrikal yaitu dengan mengeluarkan roket bertuliskan Hamas.

Roket tersebut dibawa pada hadapan petugas dan mengeluarkan asap berwarna tetapi tidak meledak, hanya sebagai simbol saja.

Peserta aksi selain membawa berbagai atribut seperti bendera Palestina terdapat juga beberapa spanduk bertuliskan Bela Palestina.

Dalam orasinya beberapa orator menyampaikan tuntutannya agar Palestina dapat terbebas dari penjajahan selamanya, bukan hanya gencatan senjata.

Karena keterbatasan waktu aksi, beberapa orator urung tampil, hanya beberapa perwakilan saja yang tampil orasi mewakili organisasi.

Selain itu massa aksi meminta Pemerintah Indonesia untuk turut serta membantu rakyat Palestina.

Massa aksi juga melakukan doa bersama untuk keselamatan rakyat Palestina.

Dadan juga mengajak pada seluruh umat Islam agar ikut menyuarakan dukungan terhadap Palestina, terutama agar terbebas dari penjajahan Zionis.

Aksi yang berlangsung damai tersebut dalam pengawalan ketat Polres Ciamis juga dari Polisi Pamong Praja (PP).

Aksi pun berakhir jelang adzan Ashar dengan melakukan doa besama terlebih dahulu, sehingga massa aksi pun membubarkan dengan tertib.

“Alhamdulillah sangat apresiasi, masyarakat Ciamis saat ini turun ke jalan menyuarakan bela Palestina, meskipun jauh tapi kita ikut merasakan,” pungkasnya. (GaluhId/Ardianysah)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
275PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan