Rabu, 28 Juli 2021
Rabu, 28 Juli 2021
BJB

Europa League, Dua Wakil Inggris Melaju ke Perempat-Final

spot_img

Berita Olahraga, galuh.id – Europa League musim 2019/2020 yang kembali berlanjut pasca diberhentikan akibat mewabahnya Covid-19, klub asal Inggris mendominasi konsisten perempat-final.

Saat ini dari delapan kontestan dua diantaranya merupakan klub asal Inggris. Mereka adalah Manchester United dan Wolverhampton Wanderers.

Manchester United lolos ke 8-besar setelah menghajar LASK Linz dalam leg kedua babak 16 besar Liga Eropa di Old Trafford, Manchester, Inggris, Kamis (6/8/2020) dini hari WIB

Pada laga tersebut Manchester United menang 2-1 dan lolos ke babak selanjutnya dengan agregat 7-1, setelah pertemuan pertama United menang 5-0.

Sementara itu, Wolverhampton Wanderers unggul agregat atas wakil asal Yunani, Olympiakos setelah dua leg perdelapan final berakhir 2-1.

Europa League 2020, Laju Man United Mulus

Manchester United mulus melewati hadangan kecil klub asal Austria, LASK Linz menuju perempat final Europa League setelah menang 2-1 di leg kedua babak 16 besar.

Kendati menyimpan sebagian besar pemain utamanya, United yang dalam laga tersebut sempat tertinggal terlebih dahulu kemudian bisa membalas dua gol.

Skuad asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu berhasil membalikkan ketertinggalan akibat gol Philipp Wiesinger menjadi kemenangan dari gol-gol Jesse Lingard serta Anthony Martial.

Dari starting eleven United, hanya kapten Harry Maguire yang bisa dianggap sebagai pemain utama dan hal itu sebetulnya bisa dimanfaatkan oleh tim tamu.

Sayang LASK masih gagal mencetak gol hingga babak pertama berakhir. Baru setelah babak kedua berlangsung 10 menit, mereka mampu unggul 1-0.

Lewat tembakan cantik dari Wiesinger dari luar kotak penalti yang tak mampu diantisipasi oleh kiper United yang dijaga oleh Sergio Romero.

LASK hampir menambah keunggulan, andai tendangan spekulasi Wiesinger berikutnya tidak melenceng dari sasaran.

Namun, justru United berhasil menyamakan kedudukan lewat situasi serangan balik cepat yang dapat dieksekusi Lingard dengan memperdaya kiper Alexander Schlager.

Tumpulnya lini depan United membuat Solskjaer memasukan Martial pada menit ke-84 menggantikan Daniel James.

Pergantian pemain ini berhasil, baru empat menit merumput penyerang Prancis itu berhasil membawa Setan Merah berbalik memimpin.

Gol tersebut sekaligus membuat Martial top skor United di semua ajang kompetisi musim ini dengan torehan 23 gol, dari Europa League hingga kompetisi domestik.

Skor 2-1 bertahan hingga bubaran dan United pada laga perempat final Europa League kini dijadwalkan menghadapi Copenhagen.

Wolves Susul Man United

Wolves sukses menyusul Man United sebagai wakil Inggris di perempat final Europa Leagueeague 2019/20.

Kepastian tersebut usai armada Nuno Espirito Santo mengalahkan Olympiakos 1-0 (agregat 2-1), Jumat (7/8) dini hari WIB.

Sebetulnya, Wolves cuma butuh hasil imbang dalam laga leg kedua babak 16 besar Europa League di Stadion Molineux itu untuk bisa lolos.

Namun, gol tunggal yang disumbangkan oleh pemain andalannya, Raul Jimenez menegaskan kemenangan mereka.

´╗┐Pada laga tersebut, Wolves diuntungkan dengan produktivitas gol tandang dalam skor agregat 1-1. Meski begitu, mereka ogah santai-santai.

Jimenez dkk mengambil inisiatif serangan. Hasilnya, pergerakan mereka memaksa Alain melakukan pelanggaran di kotak penalti Olympiakos.

Jimenez yang jadi eksekutor sukses menunaikan tugasnya. Wolves unggul 1-0 sejak menit ke-8.

Bagi penyerang berkebangsaan Meksiko itu, gol tersebut menjadi gol ke-10-nya di kompetisi Europa League musim ini (sudah termasuk 3 gol di babak kualifikasi).

Setelah gol tersebut, Olympiacos berinisiatif untuk mengejar ketertinggalannya, bahkan hingga menit 21, mereka mampu memegang penguasaan bola hingga 63%.

Serangan Olympiacos membuahkan hasil pada menit ke-28. Sepakan kaki kanan Camara sukses menjebol gawang Patricio. Namun, dianulir wasit.

Wasit beranggapan Camara offside usai menengok VAR. Gol itu tak sah, skor tetap 1-0 hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, situasi tak banyak berubah. Olympiakos tetap memegang kendali permainan dan masih memegang penguasaan bola hingga 65% lebih.

Walau kalah penguasaan bola, bukan berarti Wolves tanpa peluang sama sekali. Mereka bisa melepas tembakan sama banyaknya dengan Olympiacos, yakni masing-masing dua tembakan.

Hingga peluit panjang dibunyikan, skor tak berubah. Olympiakos boleh unggul dalam jumlah penguasaan bola (65% lebih), tetapi kalah unggul di papan skor.

Skor agregat akhirnya sendiri adalah 2-1. Wolves akan menantang Sevilla di perempat final Europa League, sepekan kemudian. (GaluhID/Dhi)

Artikel Lainnya

Loading...

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan