Sabtu, 6 Maret 2021
Sabtu, 6 Maret 2021
 
 

Fitur Screen Sharing Facebook Messenger Hadir Menjadi Rival Zoom

Fitur screen sharing pada Rooms Facebook Messenger sekarang hadir seolah menjadi rival bagi primadona platform rapat daring yaitu Zoom.

Sejak diberlakukanya Work From Home karena pandemi, Zoom menjadi platform video konferensi yang begitu populer. Selain karena ketahanan kualitas video dan audionya, hal lain yang membuatnya banyak dipilih adalah karena salah satu fiturnya yaitu screen sharing.

Sekarang Facebook pun tidak mau ketinggalan,hal ini dibuktikan dengan meluncurkan produk messenger dengan fitur serupa.

Sederhananya, fitur ini berguna untuk berbagi tampilan layar, baik itu mobile ataupun desktop. Hal ini tentu sangat menguntungkan untuk digunakan kala harus dilakukan pertemuan daring yang bersifat presentasi atau monitoring.

Baca Juga: Aplikasi Meeting Online yang Memudahkan saat Work From Home

Sebenarnya apa sih yang membuat para pengguna pertemuan daring begitu membutuhkan fitur tersebut ?

Kelebihan fitur screen sharing untuk pertemuan daring

  • Ketika pertemuan daring berupa presentasi, maka konten presentasi dapat ditampilkan langsung kepada partisipannya.
  • Yang bertugas menjadi admin pun mampu dengan mudah untuk control penuh dalam penggunaan fitur ini.
  • Pembatasan partisipan yang dapat melihat sharing screen tentu bisa diatur.

Partisipan Facebook Mesenger :

Setiap aplikasi pertemuan daring tentu memiliki aturan mengenai batasan jumlah partisipan yang berbeda- beda. Adapun batasan jumlah partisipan ketika menggunakan Mesengger Room tergantung dengan perangkat yang digunakan partisipan untuk mengakses.

Bagi partisipan yang mengakses melalui mobile, tampilan layar dapat dibagikan kepada 8 partisipan pertemuan daring. Sedangkan untuk pengakses via desktop, screen sharing pada Rooms Facebook Messenger ini dapat dibagikan dengan jumlah 16 partisipan.

Perbedaan Zoom meeting dan “Rooms” facebook messenger

Perbedaan yang cukup unik dari kedua aplikasi konferensi daring ini yaitu terletak pada akun yag harus dimiliki oleh partisipan. Biasanya untuk mulai bergabung dalam pertemuan daring, pengguna harus memiliki akun terlebih dahulu dari platform tersebut.

Aturan bagi pengguna Zoom adalah partisipan harus memiliki akun untuk mulai mengakses pertemuan video konferensi daring. Terdapat hal yang cukup menarik ketika menggunakan Zoom meeting, pengundangan partisipan untuk bergabung dalam video konferensi dapat melalui via email atau via nomor telepon.

Pada Facebook Mesengger yang baru merilis fitur screen sharing ini, terdengar rencana yang telah diketahui oleh publik. Rencana tersebut berkaitan dengan akses untuk bergabung dalam pertemuan daring pada Rooms Facebook Messenger tidaklah perlu memiliki akun Facebook terlebih dahulu.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Facebook menjadi salah satu aplikasi pengguna terbanyak yang melebarkan sayapnya hingga memiliki integrasi dengan Whatsapp dan Instagram.

Sehingga, untuk bergabung dalam pertemuan daring di Rooms Facebook Mesengger bisa melalui Whatsapp, Instagram Direct, termasuk melaui platform Facebook sendiri.

Persamaan Zoom meeting dan “Rooms” facebook messenger

Perihal persamaan yang terdapat pada keduanya adalah sama- sama aplikasi video konferensi. Fitur lain yang sama diantara keduanya yaitu adanya fitur Argumented Reality. Fitur ini salah satunya dapat digunakan untuk mengganti background.

Kekurangan video konferensi menggunakan facebook messenger

Bersamaan dengan diluncurkannya fitur screen sharing pada Rooms Facebook Messenger, tenyata tidak lepas dari kekurangan produk tersebut. Diketahui bahwa layanan Rooms pada Facebook Messenger ini belum terpasang teknologi end to end encryption.

Teknologi end to end encryption ini bertujuan untuk melindungi aktivitas daring anda agar aman dan tidak jatuh ke tangan yang salah. Meski demikian, pihak perusahaan mengatakan pada publik bahwa mereka tidak melakukan pemantantauan bagi pengguna yang melakukan fitur tersebut.

Kelebihan video konferensi menggunakan facebook messenger

Ketika partisipan telah bergabung dan mungkin dianggap mengganggu kenyamanan pertemuan daring, maka yang bertindak sebagai kreator Rooms pada Facebook Mesengger ini akan dapat mendepak partisipan pengganggu tersebut.

Fitur ini akan sangat berguna apabila di tengah pertemuan daring terdapat penyusup atau pengganggu yang tidak diharapkan kedatangannya.

Itulah ulasan mengenai rilisnya fitur screen sharing pada Rooms Facebook Messenger yang mungkin akan menjadi rival Zoom atau rival aplikasi video konferensi daring lainnya. Semoga bermanfaat (GaluhID/Dianti Rahayu)

Loading...

Artikel Terkait

Spesifikasi HP Realme Narzo 30A Mumpuni, Harga Terjangkau

Spesifikasi HP Realme Narzo 30A secara resmi telah tersebar luas di dunia maya sejak peluncurannya. Realme melakukan peluncuran produk HP terbarunya di Indonesia lewat...

Penyebab Snack Video Tidak Bisa Dibuka, Ini Alasannya

Banyak pengguna mempertanyakan penyebab Snack Video tidak bisa dibuka. Snack Video mirip dengan aplikasi berbagi video TikTok, yaitu aplikasi dari perusahaan bernama Kuashou Technology...

Diblokir Kominfo, Snack Video Tidak Bisa Dibuka

Snack Video tidak bisa dibuka dan tidak bisa lagi digunakan. Ketika pengguna akan mencoba untuk membuka aplikasi Snack Video, maka secara langsung akan mendapatkan...

Temukan Kami

47,915FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya