Kamis, 5 Agustus 2021
Kamis, 5 Agustus 2021
BJB

Gadis Berprestasi di Ciamis Lanjutkan Kuliah, Meski Ekonomi Terbatas

Berita Ciamis, galuh.id – Gadis berprestasi di Ciamis ini melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi pada salah satu perguruan tinggi negeri.

Meskipun keterbatasan ekonomi gadis ini terus melanjutkan tekadnya untuk melanjutkan sekolah pada jenjang yang lebih tinggi lagi.

Adalah Erin Siti Pazriah, gadis asal Desa Cimari Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis yang berhasil diterima di Universitas Negeri Siliwangi.

Alumni SMKS PGRI Cikoneng ini berasal dari keluarga yang memiliki keterbatasan ekonomi, sehingga awalnya tidak mendapat dukungan dari orang tua.

“Saya bertekad untuk terus kuliah, meskipun tidak mendapat dukungan dari orang tua karena keterbatasan ekonomi,” jelas Erin, Rabu (19/8/2020).

Hidup di keluarga yang memiliki keterbatasan ekonomi tidak menjadi penghalang Erin untuk berprestasi di sekolah sebagai bekal meyakinkan orang tua.

Putri pasangan dari Mumun dan Dawan dan memiliki 2 saudara ini memiliki berbagai prestasi baik akademik maupun non akademik.

Erin di sekolah termasuk siswi berprestasi dan masuk rangking 5 besar, begitu juga dengan prestasi non akademik berhasil di raihnya.

Gadis Berprestasi di Ciamis Ini Meyakinkan Orang Tua Dengan Halus

Gadis berprestasi ini tinggal di rumah panggung bersama Ibu dan kedua adiknya karena sang ayah bekerja di Tangerang.

Sang Ibu, Mumun sangat keberatan saat Erin menyampaikan niatnya untuk melanjutkan kuliah, dengan alasan keterbatasan ekonomi keluarganya.

“Saya dari mana atuh biayanya, bukan tidak ingin anak kuliah tapi kondisi ekonomi saya yang terbatas,” jelas Mumun.

Erin pun tidak membantah dirinya terus belajar dan memperlihatkan prestasi sekaligus meyakinkan orang tuanya jika dirinya siap untuk kuliah.

Gayung bersambut, karena ibu Erin merupakan penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), dan PKH Ciamis memiliki program Ayo Kuliah.

Keinginan Erin untuk kuliah diketahui oleh Pendamping PKH dan memasukan Erin pada Program Ayo Kuliah.

Menurut pendamping PKH Wita Rospianti, Erin anak berprestasi dan memiliki talenta sehingga dirinya memasukan Erin pada program Ayo Kuliah.

“Anaknya berprestasi dan juga memiliki banyak talenta, saya berikan motivasi dan dukungan agar terus melanjutkan niatnya kuliah,” jelas Wita.

Akhirnya Erin masuk program Ayo Kuliah PKH Ciamis, dan mendapatkan bimbingan belajar serta pembekalan lainnya.

Sehingga pada akhirnya Erin mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasi Komputer (UTBK) di Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Tekad Erin ingin mengangkat harkat derajat orang tua dan ingin membuktikan bisa berprestasi meskipun keterbatasan ekonomi membuahkan hasil.

Kini Erin diterima di Universitas Siliwangi Tasikmalaya jurusan Manajemen dan orang tuanya kini mendukung Erin untuk kuliah.

Erin yang juga pintar menyanyi dan kerap menjadi Master of Ceremony (MC) memberikan motivasi pada yang lain agar terus semangat.

“Jangan pernah peduli darimana kita berasal tapi tentukan ke mana kita akan melangkah,” pungkas gadis berprestasi di Ciamis ini. (GaluhID/Ardiansyah)

Artikel Lainnya

Loading...

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan