Waduh, Harga Cabe di Tasikmalaya Semakin Pedas

Berita Tasikmalaya, galuh.id – Harga cabe di Tasikmalaya mengalami kenaikan yang sangat signifikan di sejumlah pasar di Tasikmalaya.

Seperti di Pasar Induk Cikurubuk Kota Tasikmalaya, harga cabe merah besar yang biasa dijual dengan harga Rp 28.000 per kilogram saat ini dijual dengan harga Rp 70.000 per kilogram.

Begitu pula cabe merah kriting yang biasanya Rp 23.000 kini dijual Rp 58.750. Sementara cabe merah biasa yang biasanya Rp 25.000 per Kg, kini naik menjadi Rp 63.750 per kg. Kenaikan harga cabe ini sudah terjadi hampir satu pekan.

“Mungkin sudah terjadi selama satu minggu ini, harga cabe naik berkali lipat,” jelas Yeni, salah seorang pedagang sayuran di Blok B 1 Pasar Cikurubuk, Jumat (17/1/2020).

Selain cabe merah, harga cabe rawit (cengek) juga mengalami kenaikan. Dimana harga cabe rawit merah yang biasa Rp 20.000 per kg, kini naik cukup tinggi yaitu Rp 67.750 per kg. Cabe rawit domba Rp 47.150 dan cabe rawit hijau Rp 26.500 per Kg.

Ini Salah Satu Faktor Harga Cabe di Tasikmalaya Mahal

Dikatakan dia, tingginya harga komoditas sayur jenis cabe saat ini dipicu kurangnya pasokan dari petani lokal. Seperti pasokan dari Kecamatan Cisayong dan Taraju serta beberapa sentra pertanian di Kabupaten Tasikmalaya.

Pasokan dari petani Tasikmalaya menurun sehingga saat ini harus dipasok dari dari Pabuaran, Cirebon. Selain cabe merah, harga bawang putih kini harganya juga meningkat tajam.

Sebelumnya, kata Yeni, bawang putih dijual Rp 23.000 per kilogram, tapi saat ini dijual dengan harga Rp 33.000 per kilogram. Termasuk harga bawang daun dan buncis yang kini masing-masing dijual dengan harga Rp 14.000.

“Padahal saat normal harga bawang daun dijual dengan harga Rp 5.000 per kg dan buncis Rp 7.000 per kg,” ujar Iwin pedagang sayuran.

Kenaikan harga beberapa komoditas sayur di pasaran khususnya sayuran jenis cabe, diprediksi para pedagang.

Hal ini diakibatkan permintaan masyarakat yang cenderung meningkat seiring masih banyaknya masyarakat yang hajatan di Bulan Maulud.

“Pemintaan meningkat karena banyak masyarakat yang hajatan,” ujar H Tatang, pedang sembako lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Ketahanan Pangan Kota Tasikmalaya, Tedi Setiadi mengatakan, Kota Tasikmalaya memang bukan penghasil produk pertanian, termasuk cabe.

Sebab selama ini memang untuk pemenuhan kebutuhan komoditas sayuran bergantung dari pasokan daerah lain.

“Saat ini yang terpenting adalah menjaga pasokan komoditas yang dibutuhkan agar tetap tersedia bagi masyarakat,” jelas dia. (GaluhID/Arfan)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Klub Trail di Tasikmalaya Adakan Latihan Bersama Adventure

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Klub trail di Tasikmalaya menyelenggarakan Latihan Bersama (Latber) adventure dalam rangka menghadapi gelaran adventure resmi Oktober 2020 mendatang.

Pungli di Jalan, 39 Preman di Tasikmalaya Dibekuk Polisi

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Sebanyak 39 orang preman di Tasikmalaya dibekuk polisi karena dianggap meresahkan warga. Para preman ini diduga kerap meminta...

Cucu di Tasikmalaya Cekik Nenek Kandungnya Hingga Meninggal

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Seorang cucu di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, tega mencekik mati nenek kandungnya sendiri pada 21 September 2019 lalu.

Temukan Kami

49,380FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

PWI Peduli Ciamis Bersama TKSK dan Galura Beri Bansos kepada Warga Tak Mampu

Berita Ciamis, galuh.id - Forum Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Ciamis, bersama PWI Peduli Ciamis dan Yayasan Galura, bersinergi memberikan bantuan...

Dengan Berjualan Durian, Peserta PKH di Ciamis Mengundurkan Diri di Hadapan Bupati

Berita Ciamis, galuh.id - Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan...

Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Jabar Budayakan Urban Farming

Berita Jabar, galuh.id - Urban farming atau bercocok tanam di lingkungan rumah dan perkotaan jadi momentum tepat di saat pandemi Covid-19. Karena...

Ridwan Kamil Resmikan RSUD Pandega Pangandaran dari Jarak Jauh

Berita Pangandaran, galuh.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandega Pangandaran dari jarak jauh pada Hari...

Bali United Donasi Masker, Ketika Virus Corona Mengintai Pulau Dewata

Berita Olahraga, galuh.id - Bali United mengajak suporter untuk berkolaborasi dalam program kemanusiaan dalam melawan pandemi Corona. Wabah virus...