Rabu, 15 Juli 2020
Rabu, 15 Juli 2020
 
 

Hati-hati! 2 Tahun Kurungan Penjara untuk Pelaku Kampanye di Tempat Ibadah

Ciamis, galuh.id – Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso bersama Forkopimda, Bawaslu, KPU, FKUB dan Ketua DKM Masjid Agung Ciamis mendeklarasikan pernyataan sikap menolak kampanye di tempat ibadah. Bukan hanya kampanye, tetapi juga penolakan terhadap penyebaran isu hoaks, SARA dan radikalisme di tempat ibadah. Deklarasi ini dilakukan di halaman Pendopo Ciamis pada Selasa (15/01/2019) yang bertujuan agar penyelenggaraan Pemilu 2019 bisa berjalan dengan sejuk,aman, damai dan kondusif.

AKBP Bismo mengatakan bahwa pihaknya telah mencetak 300 spanduk yang akan disebar bukan hanya di masjid tetapi juga di gereja, kelenteng dan tempat ibadah lainnya. Bahkan akan dipasang pula di sarana-sarana pendidikan seperti sekolah dan fasilitas pemerintahan yang juga dilarang dijadikan sebagai tempat kampanye. Pemasangan spanduk akan dilakukan di seluruh kabupaten Ciamis, mulai dari tingkat desa dan kecamatan.

Bagi caleg ataupun tim sukses yang ngotot berkampanye di tempat ibadah, AKBP Bismo mengingatkan bahwa hukumannya tidak main-main, karena termasuk pelanggaran terhadap Undang-undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 280 Ayat 1, “mengingatkan masyarakat dan pelaksana kampanye agar tidak berkampanye di tempat ibadah karena bisa dihukum sesuai Undang-undang Pemilu, sanksinya 2 tahun kurungan penjara,” jelasnya.

Walau begitu, AKBP Bismo mengatakan jika belum ada indikasi kampanye yang dilakukan di tempat ibadah di Ciamis, tetapi pihaknya mengingatkan jika di tempat ibadah dilarang berkampanye, jika sudah diingatkan tetap melakukan pelanggaran maka terpaksa kepolisian akan bertindak sesuai aturan yang berlaku.

“Jadi supaya mengingatkan kita bersama, bahwa oh ini kampanye ini bukan, jadi sudah kita ingatkan lewat spanduk tersebut, bahwa jadi tidak boleh kampanye di tempat ibadah, di fasilitas pemerintah dan juga di sekolah sebagai tempat pendidikan,” pungkasnya.

(Arul/K. Putu Latief)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Untuk Disiplinkan Warga, Pemkab Ciamis Dukung Denda Tak Bermasker

Berita Ciamis, galuh.id - Untuk mendisiplinkan warga tentang protokol kesehatan terkait dengan pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Ciamis dukung denda tak bermasker.

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Temukan Kami

49,356FansSuka
185PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Gaji ke-13 PNS Tahun 2020 Tak Kunjung Cair, Ini Alasannya

Berita Nasional, galuh.id - Gaji ke-13 PNS tahun 2020 tak kunjung cair. Pemerintah hingga saat ini belum juga mencairkan tunjangan bagi para...

HP 1 Jutaan Untuk Pelajar, Belajar Dirumah Jadi Makin Nyaman

HP 1 Jutaan untuk Pelajar tentunya akan banyak dicari oleh para orang tua untuk anaknya. Mengingat sekolah masih belum bisa melakukan tatap...

PLN Salurkan Bantuan Pencegahan Covid-19 Senilai Rp 42,9 Milyar

Berita Nasional, galuh.id - PLN salurkan bantuan pencegahan Covid-19 senilai Rp. 42,9 Milyar, melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Untuk Disiplinkan Warga, Pemkab Ciamis Dukung Denda Tak Bermasker

Berita Ciamis, galuh.id - Untuk mendisiplinkan warga tentang protokol kesehatan terkait dengan pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Ciamis dukung denda tak bermasker.

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...