Rabu, 2 Desember 2020
Rabu, 2 Desember 2020
 
 

Ide Penghapusan Pelajaran Agama di Sekolah, HMPI: Pemerintah Harus Tolak

Hubungi Kami

Berita Nasional, galuh.id– Pernyataan Setyono Djuandi Darmono, praktisi pendidikan tentang penghapusan pelajaran agama di sekolah mendapat kritikan dari Ketua Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI) Bidang Keagamaan, Fadhly Azhar. Fadhly Azhar berharap pemerintah menolak usulan tersebut. Lantaran usulan tersebut dinilai Fadhly tidak ramah untuk masyarakat awam yang kurang paham.

“Sesungguhnya Pendidikan Agama tersebut jangan dijadikan alasan terjadinya anti kohesi sosial dalam menguatnya radikalisasi-sektarian di ruang publik virtual, maupun kehidupan sehari-hari,” tegas Fadhly Azhar, yang juga dikenal sebagai Ketua Bidang Kajian Strategis GNKRI (Gerakan Nasionalis Kebangsaan Rakyat Indonesia), dalam acara Workshop Kompetensi Pendidik Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah di MG Setos Semarang, Jum’at (5/7/2019) lalu.

Sekretaris Yayasan Institut Parahikmah ini juga mengatakan hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam fenomena penguatan superioritas golongan adalah perangkat tenaga pendidik, standar isi dan struktur kurikulum yang dinilainya sangat radikalis-sektarian.

“Makanya, perlu ada standar kompetensi moderasi agama dalam penentuan perangkat tenaga pendidik, standar isi bahkan struktur kurikulumnya, agar menciptakan instrumentalisasi pendidikan agama yang tobat golongan alias moderat,” katanya.

Fadhly juga menegaskan Pendidikan Agama merupakan medium paling kuat dalam pembentukan Kearifan dan Hikmat Kebijaksanaan dalam proses berbangsa, bernegara dalam kehidupan kewarganegaraan. Karena itu, kata dia tak perlu ada penghapusan pelajaran agama di sekolah.

“Sementara bagi masyarakat yang tidak terlalu memahami agama, bukanlah suatu entitas yang  kacau bahkan justru solid sebagai medium internalisasi kebijaksanaan dan kearifan, karena itu tidak perlu menghakimi agama sebagai biang terhadap munculnya anti kohesi sosial,” tegasnya.

Fadhly memberi contoh fenomena di Iran, dimana Wilayatul Faqih justru menjadi spirit agama dalam pembentukan kebijaksanaan dan kearifan, hingga muncul Falsafatuna dan Iqtishaduna.

“Kalau Einstein mengatakan agama tanpa ilmu adalah lumpuh, sedangkan ilmu tanpa agama adalah buta, maka saya perlu menambahkan bahwa ilmu dan agama tanpa hikmah adalah sekedar ornament. Karena itu, setiap pendidikan agama harus memiliki spirit kebijaksanaan dalam penyusunan pembentukan perangkat dan penyusunan instrumentalisasinya,” pungkasnya. (galuh.id/Ndu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Diguyur Hujan Deras, Jalan Penghubung Kecamatan di Ciamis Amblas

Berita Ciamis, galuh.id - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengakibatkan jalan penghubung antar kecamatan amblas dan nyaris putus.

KLHK Dorong Pemda Bangun Pengelolaan Limbah Medis, Ini Respon DPRKPLH Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI mendorong pemda membangun tempat pengelolaan limbah medis atau Bahan Berbahaya dan...

DPMPTSP Ciamis Sosialisasikan Perizinan Melalui Sistem OSS

Berita Ciamis, galuh.id - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ciamis menggalakkan sosialisasi pelayanan perizinan melalui sistem OSS.

Temukan Kami

48,648FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Voucher Listrik Gratis Desember 2020, Klaim Segera Melalui www.pln.co.id

Voucher listrik gratis Desember 2020 kini sudah bisa masyarakat dapatkan. Cara dapat voucher listrik gratis bisa mengakses www.pln.co.id dan aplikasi WhatsApp.

3 Daerah Pilkada di Jabar Zona Merah, Test Covid-19 Pemilih Jadi Pertimbangan

Berita Jabar, galuh.id – Pemprov Jabar mengawasi ketat 3 daerah di Jabar zona merah di Jawa Barat yang tak lama lagi akan...

Token Listrik Gratis Bulan Desember via www.pln.co.id atau Lewat Nomor WhatsApp PLN

Token listrik gratis bulan Desember dari PLN kembali terlaksana untuk bulan Desember. Masyarakat bisa segera klaim lewat situs PLN atau layanan WhatsApp...

Spesifikasi HP Oppo A11k Mumpuni, Harga Murah

Spesifikasi HP Oppo A11k cukup mumpuni. Harganya pun terbilang murah, yakni hanya Rp 1 jutaan. Meskipun harganya murah dan...

Kelebihan HP Oppo A11k, Harganya 1 Jutaan Saja!

Kelebihan HP Oppo A11k patut Anda pertimbangkan. Saat Anda berencana mengganti smartphone dengan spek mumpuni, namun budget terbatas, Oppo A11K bisa jadi...