Senin, 13 Juli 2020
Senin, 13 Juli 2020
 
 

Ide Penghapusan Pelajaran Agama di Sekolah, HMPI: Pemerintah Harus Tolak

Berita Nasional, galuh.id– Pernyataan Setyono Djuandi Darmono, praktisi pendidikan tentang penghapusan pelajaran agama di sekolah mendapat kritikan dari Ketua Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI) Bidang Keagamaan, Fadhly Azhar. Fadhly Azhar berharap pemerintah menolak usulan tersebut. Lantaran usulan tersebut dinilai Fadhly tidak ramah untuk masyarakat awam yang kurang paham.

“Sesungguhnya Pendidikan Agama tersebut jangan dijadikan alasan terjadinya anti kohesi sosial dalam menguatnya radikalisasi-sektarian di ruang publik virtual, maupun kehidupan sehari-hari,” tegas Fadhly Azhar, yang juga dikenal sebagai Ketua Bidang Kajian Strategis GNKRI (Gerakan Nasionalis Kebangsaan Rakyat Indonesia), dalam acara Workshop Kompetensi Pendidik Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah di MG Setos Semarang, Jum’at (5/7/2019) lalu.

Sekretaris Yayasan Institut Parahikmah ini juga mengatakan hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam fenomena penguatan superioritas golongan adalah perangkat tenaga pendidik, standar isi dan struktur kurikulum yang dinilainya sangat radikalis-sektarian.

“Makanya, perlu ada standar kompetensi moderasi agama dalam penentuan perangkat tenaga pendidik, standar isi bahkan struktur kurikulumnya, agar menciptakan instrumentalisasi pendidikan agama yang tobat golongan alias moderat,” katanya.

Fadhly juga menegaskan Pendidikan Agama merupakan medium paling kuat dalam pembentukan Kearifan dan Hikmat Kebijaksanaan dalam proses berbangsa, bernegara dalam kehidupan kewarganegaraan. Karena itu, kata dia tak perlu ada penghapusan pelajaran agama di sekolah.

“Sementara bagi masyarakat yang tidak terlalu memahami agama, bukanlah suatu entitas yang  kacau bahkan justru solid sebagai medium internalisasi kebijaksanaan dan kearifan, karena itu tidak perlu menghakimi agama sebagai biang terhadap munculnya anti kohesi sosial,” tegasnya.

Fadhly memberi contoh fenomena di Iran, dimana Wilayatul Faqih justru menjadi spirit agama dalam pembentukan kebijaksanaan dan kearifan, hingga muncul Falsafatuna dan Iqtishaduna.

“Kalau Einstein mengatakan agama tanpa ilmu adalah lumpuh, sedangkan ilmu tanpa agama adalah buta, maka saya perlu menambahkan bahwa ilmu dan agama tanpa hikmah adalah sekedar ornament. Karena itu, setiap pendidikan agama harus memiliki spirit kebijaksanaan dalam penyusunan pembentukan perangkat dan penyusunan instrumentalisasinya,” pungkasnya. (galuh.id/Ndu)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Related Articles

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,367FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Kakek Terjatuh dari Jembatan di Bojong Ciamis, Meninggal di Tempat

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang Kakek terjatuh dari jembatan di Bojong Cijeungjing Ciamis hingga menghembuskan nafas terakhirnya dengan tragis, Senin (13/7/2020).

Jadwal MotoGP 2020: Kembali Mengaspal 19 Juli

Berita Olahraga, galuh.id - Jadwal MotoGP 2020 telah dirilis, jutaan fan bisa menyaksikan para rider dunia kembali mengaspal di seri pembuka pada...

Pernah Jadi Pacar Lee Min Ho, Simak 3 Sosok Wanita yang Bikin Iri

Lee Min Ho adalah aktor Korea yang membintangi drama The King: Eternal Monarch. Selain tampan dan pandai berakting, Lee Min Ho juga...

3 Film Korea Terbaik Gong Yoo

Ada 3 film korea terbaik Gong Yoo yang bisa kita tonton. Pada tanggal 10 Juli lalu, Gong Yoo berumur 41 tahun (42...