Senin, April 15, 2024

Ingatkan OPD, Herdiat: Susun Perencanaan Proyek Secara Efektif dan Efisien

Baca Juga
- Advertisement -

Berita Ciamis, galuh.di – Bupati Ciamis Jawa Barat Dr. H. Herdiat ingatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar menyusun perencanaan proyek dengan baik.

Terutama dalam pembangunan fisik seperti pembangunan jalan raya, pembangunan fasilitas umum, dan pembangunan saluran irigasi.

Hal tersebut ia sampaikan saat memberikan arahan pada Forum Perangkat Daerah Dinas PUPR Kabupaten Ciamis, Kamis (9/3/2023).

- Advertisement -

“Dari sisi perencanaan, harus benar-benar terukur dengan baik, awal perencanaan harus teliti, pengukuran lebar jalan misalkan, berapa, untuk panjangnya berapa,” ujar Herdiat.

Menurut Herdiat, jika sudah benar dari awal maka perhitungan rincian biaya atau RAB yang diperlukan untuk setiap pekerjaan dalam proyek konstruksi itu pun jadi efektif dan efisien.

“Jangan sampai, perencanaan pembangunan jalan yang awalnya 2 Kilometer tapi pas pengerjaannya hanya cukup untuk jalan sepanjang 1 kilometer,” beber Herdiat.

Menurutnya, membuat rencana anggaran atau RAB sebelum mengerjakan proyek merupakan hal yang penting, pasalnya RAB itu menjadi acuan dasar pelaksanaan proyek.

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Arus Lalu Lintas Cisaga Hingga Simpang Jembar Kota Banjar Macet

Berita Banjar, galuh.id - Arus lalu lintas dari simpang Cisaga Ciamis hingga simpang Jembar Kota Banjar, Jawa Barat, macet...

Artikel Terkait