oleh

Ini Manfaat Jambu Merah untuk Ibu Hamil

 
 

Kesehatan, galuh.id – Siapa yang tak suka dengan jambu merah biji? Ya, jambu merah biji ini memiliki aroma yang khas dan rasa manis nan segar. Selain itu, ternyata manfaat jambu merah ini amat beragam lho.

Jambu merah biji adalah salah satu buah yang kaya vitamin, mineral, zat besi, kalsium, fosfor, vitamin, kalium, magnesium dan masih banyak lagi.

Jambu merah juga baik dikonsumsi ibu hamil yang harus lebih memerhatikan asupan makanan sehari-harinya. Salah satunya mengonsumsi buah-buahan seperti jambu merah.

Ada banyak khasiat jus jambu merah yang sangat sesuai dengan kondisi ibu hamil dan nutrisinya sangat berperan penting untuk tumbuh kembang janin.

Selanjutnya, apa saja sih manfaat jambu merah untuk ibu hamil? Langsung simak yuk ulasan berikut ini:

  • Membantu pertumbuhan otak janin

Saat kehamilan tentunya membutuhkan makanan yang tinggi akan asam folat untuk perkembangan sang janin. Sementara mencukupi asupan asam folat yang cukup sangat dibutuhkan dalam perkembangan otak janin.

Apabila ibu hamil kekurangan asam folat, kemungkinan besar dapat menyebabkan gejala seperti bayi terlahir cacat atau kurangnya berat badan bayi.

Segelas guava juice atau jus jambu merah bisa menjadi salah satu cara yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena jambu merah biji kaya akan asam folat.

  • Meningkatkan imunitas pada tubuh

Ternyata jambu merah menyimpan sejuta manfaat, lho. Kandungan yang terdapat di dalam jambu merah dapat meningkatkan imunitas tubuh ibu hamil.

Jambu merah dikenal sebagai sumber vitamin C yang sangat baik dalam upaya memelihara kekebalan tubuh. Jika terserang penyakit ringan, Mama bisa konsumsi vitamin C untuk menyembuhkan dan mencegah infeksi.

Tahukah? Buah berbentuk bulat ini ternyata mengandung vitamin C lima kali lipat dibandingkan dengan jeruk. Selain itu juga delapan kali lebih banyak kadar vitamin C dibandingkan dengan lemon. Sehingga disarankan meminum jus jambu per hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

  • Menjaga tekanan darah

Sebagaimana kita ketahui bahwa hipertensi dianggap sebagai faktor risiko berbagai penyakit. Kondisi tersebut merupakan pemicu dari penyakit kardiovaskular. Nah, manfaat jambu merah yang ketiga adalah dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Sedangkan ibu hamil lebih rentan terhadap tekanan darah tinggi. Hal itu bisa memicu komplikasi selama kehamilan.

Kandungan serat di setiap segelas jus jambu merah biji terdapat potasium yang berfungsi menurunkan tekanan darah ke tingkat normal dan kandungan kaliumnya akan mengontrol tekanan darah. Jadi, ada baiknya selama kehamilan mengonsumsi buah jambu merah biji.

  • Menenangkan pikiran

Selama kehamilan sering merasa tertekan? Konsumsi buah jambu merah bisa menjadi salah satu solusinya, lho.

Tahukah? Hormon kortisol dalam tubuh dan kekurangan magnesium diduga dapat memicu mengalami depresi. Apabila sudah seperti itu, sebaiknya bagi ibu yang sedang mengandung buah hati mengonsumsi jambu merah.

Khasiat dari buah jambu merah akan mengurangi tekanan pada sel saraf, sehingga menenangkan pikiran. Pasalnya kandungan magnesium pada jambu merah sangat berperan dalam fungsi otak dalam mengatur suasana hati dan meringankan gejala stres.

  • Menjaga sistem pencernaan

Manfaat jambu merah yang kelima adalah menjaga sistem pencernaan. Sedangkan permasalahan umum saat hamil yaitu terjadinya sistem pencernaan yang begitu sensitif, salah satunya mengalami sembelit.

Kandungan serat alami di dalam satu gelas jus jambu dapat membantu pencernaan bekerja lebih baik, membantu mengatasi sembelit dan melindungi usus dengan mengikat racun.

Jika rajin mengonsumsi buah jambu merah, kandungan seratnya yang cukup tinggi dapat memenuhi sekitar 12% kebutuhan serat harian dan juga melancarkan proses buang air besar (BAB).

Dengan memakannya secara langsung atau meminum guava juice sebanyak 100 gram per hari, maka dapat melengkapi nutrisi serta gizi tubuh. (GaluhID/Maisyara)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA