oleh

Ini Persyaratan CPNS 2019 yang Harus Dipenuhi Pelamar

 
 

Info CPNS 2019, galuh.id – Kemenpan RB telah merilis pendaftaran CPNS 2019 akan dibuka 11 November secara online. Dalam situs resmi BKN telah dimuat terkait persyaratan CPNS 2019.

Menurut jadwal, mulai dari proses pendaftaran hingga penyeleksian akhir nanti akan berlangsung dari bulan November 2019 sampai April 2020.

Ada beberapa hal yang wajib diketahui para calon PNS untuk dipersiapkan saat pendaftaran, sekaligus untuk mencegah terjadinya penipuan dan berbagai hal lain yang tidak diinginkan.

Mohammad Ridwan, kepala biro Humas BKN, menyebutkan saat ini total formasi yang dibuka dalam pendaftaran ini berjumlah 197.111 formasi. Formasi tersebut terhitung 37.854 untuk pemerintah pusat dan 159.257 formasi untuk pemerintah daerah.

Tetapi kata Ridwan, angka tersebut masih baru tahap finalisasi, belum dipastikan sepenuhnya. Mengapa begitu?

Dia menjelaskan jika formasi kementerian dan/atau lembaga pemerintahan harus disesuaikan dengan skema kabinet yang baru setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden untuk periode 2019-2024.

Selain itu juga ada beberapa proses dalam perekrutan CPNS dengan rentang waktu tertentu yang telah ditetapkan dan tidak bisa dipersingkat.

Ridwan menjelaskan jika proses pengumuman saja memakan waktu setidaknya selama 15 hari kalender, belum lagi untuk pengiriman persyaratan CPNS 2019 secara online selama 10 hari kalender dan sebagainya.

Seluruh rangkaian proses itu telah disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

Proses rekrutmen CPNS tidak akan selesai di tahun ini. Hal ini terkait dengan pertanggung jawaban anggaran dana. Dari sisi anggaran perekrutan dan gaji CPNS 2019 pada beberapa Kementerian, Lembaga, dan Daerah, kemungkinan telah disalurkan untuk kegiatan lain yang lebih diprioritaskan.

Kegiatan tersebut harus selesai dipertanggung jawabkan pada pertengahan bulan Desember ini. Karena itu, kalau seleksi CPNS dipaksakan selesai dalam tahun ini, dikhawatirkan akan menimbulkan konsekuensi anggaran yang rumit.

Sebanyak 541 Kementerian, Lembaga dan Daerah yang membuka formasi CPNS baru tahun 2019 harus menjalani pelatihan dan pemasukan formasi pada sistem online yang baru.

Pelatihan ini penting karena dapat menghindari kesalahan fatal seperti salah input bagi peserta. Hal Ini pernah terjadi di beberapa daerah pada proses seleksi CPNS tahun lalu.

Selanjutnya jika Anda berencana untuk mendaftar CPNS, maka ada sejumlah persyaratan CPNS 2019 yang harus dipenuhi.

Syarat pendaftaran CPNS 2019 masih sama dengan yang ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada pendaftaran CPNS tahun lalu.

Di bawah ini adalah gambaran umum mengenai persyaratan mendaftar CPNS untuk semua formasi dan semua instansi.

Persyaratan Dasar

Menurut Ayat (1) Pasal 23 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 11 Tahun 2017, setiap warga negara Indonesia (WNI) memilik kesempatan yang sama untuk menjadi PNS. Berikut ini merupakan persyaratan dasar bagi CPNS:

  1. Usia harus berkisar antara 18-35 tahun saat mendaftar.
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan tidak hormat baik sebagai PNS, prajurit TNI, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, ataupun dipecat dengan tidak hormat sebagai karyawan swasta.
  4. Tidak berposisi sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, ataupun anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  5. Bukan bagian dari anggota atau pengurus partai atau terlibat dalam politik praktis.
  6. Mempunyai kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan jabatan yang dipilih.
  7. Sehat dalam jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan dari jabatan yang dilamar oleh peserta.
  8. Peserta bersedia ditempatkan di semua wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia ataupun negara lain yang telah dipilih oleh instansi pemerintah.
  9. Persyaratan lain atau persyaratan tambahan mengikuti sesuai kebutuhan jabatan yang ditentukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Persyaratan Tambahan

Persyaratan CPNS 2019 yang merupakan persyaratan tambahan masing-masing formasi mengikuti ketentuan yang telah ditentukan oleh PPK dari Kementerian, Lembaga, maupun Daerah.

Itulah persyaratan CPNS 2019. Jika Anda berminat dan telah memenuhi persyaratannya, segera bersiap-siaplah untuk mendaftar! (GaluhID1)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA